DENNY SOFIASTUTI,M.Pd

Denny Sofiastuti,M.Pd. Lahir di Solo,12 Desember 1965. Pendidikan S-2 Bahasa Indonesia di Universitas Islam Malang. Mengajar di SMAN 21 Su...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Menyenangkan Bersama RRI

Belajar Menyenangkan Bersama RRI

Wabah Covid-19 menuntut semua manusia di dunia untuk dapat menerima kondisi merebaknya virus penyakit yang mematikan ini tak terkecuali di Indonesia. Menerima kondisi di sini bukan berarti pasrah begitu saja, berbagai upaya dilakukan baik oleh pemerintah pusat sampai keluarga. Setidaknya kita para insan pendidikan harus putar otak agar proses pembelajaran antara guru dan peserta didik dapat tetap berlangsung meskipun melalui sistim daring. Berbagai aplikasi bermunculan ditawarkan oleh hampir operator seluler dan di jaringan internet.

Penawaran semacam itu tidak ada salahnya, justru program dan aplikasi tersebut sangat membantu upaya pemerintah dalam hal ini Menteri Pendidikan yang menghendaki peserta didik kita saat ini harus menikmati merdeka belajar artinya peserta didik ketika belajar harus menyenangkan. Namun para guru harus cerdas dalam memilih aplikasi di media internet yang tidak memberatkan siswa. Sebagaimana kita ketahui bahwa kondisi wabah Covid-19 kali ini sangat memporak porandakan segala lini kehidupan manusia. Kondisi ekonomi masyarakat hampir semuanya terpuruk, oleh karena itulah guru dituntut untuk lebih kreatif bagaimana caranya agar proses belajar mengajar dapat tetap berlangsung tanpa membebani peserta didik dan orang tuanya.

Salah satu media informasi yang dapat dimanfaatkan guru untuk pembelajaran dengan sistim daring di tengah mewabahnya Covid-19 kali ini adalah RRI. Melalui media ini guru dapat menyampaikan materi pelajaran sekaligus dapat berinteraksi langsung dengan siswa bertanya jawab seputar materi yang dibahas. Dalam kesempatan itu proses pembelajaran disajikan sangat menyenangkan karena di tengah-tengah penjelasan materi diberi jeda dengan memperdengarkan sebuah lagu.

Lebih menyenangkan lagi , pembelajaran tersebut tidak hanya diikuti oleh peserta didik dari sekolah kita namun dapat diikuti oleh peserta didik dari luar kota. Semoga RRI bersedia memfasilitasi pembelajaran sistim daring semacam ini dapat dilaksanakan pada waktu-waktu mendatang meskipun wabah corona ini sudah berakhir. Hal ini dapat memasyarakatkan kembali RRI di telinga generasi milenial yang tidak pernah mendengarkan radio karena jari jemari mereka sibuk melanglang buana di media sosial.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post