Desi Fatma

Penilik Pendidikan Anak Usia Dini pada Dinas Pendidikan Kota Solok Sumatera Barat. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tadabur Alqur'an Surat Al Baqarah Ayat 264 (67)

Ramadhan hari ke-3

Bismillahirrahmaanirrahim

"Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu merusak sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), seperti orang yang menginfakkan hartanya karena Riya (pamer) kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari Akhir. Perumpamaannya (orang itu) seperti batu yang licin yang diatasnya ada debu, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, maka tinggallah batu itu licin lagi. Mereka tidak memperoleh sesuatu apa pun dari apa yang mereka kerjakan. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang kafir." (Al Baqarah :264)

Saat tangan kanan memberi maka tangan kiri tidak perlu mengetahuinya. Seperti ayat diatas, saat kita bersedekah atau membentu orang lain, maka tidak perlu dibeberkan kepada yang lain apalagi sampai mngungkit-ungkit pemberian tersebut. Dan bahkan Ada yang sampai menghina orang yang disedekahi. Maka amalan sedekah tersebut batal sebagaimana orang yang bersedekah dengan niat riya karena orang lain.

Orang yang riya bersedekah karena ingin disebut seorang yang dermawan, bukan karena mencari ridha Allah, maka amalannya sia-sia belaka.

Makanya Allah mengingatkan kita semua melalui ayat di atas, dan memberikan perumpamaan bagi orang yang berdekah karena riya, orang yang memgungkit-ungkit sedekahnya, atau menghina orang yang disedekahi ibarat batu licin yang halus, diatasnya ada tanah. Tiba-tiba turun hujan lebat, tanah itu pun tersapu bersih kembali menjadi halus dan licin.

Demikianlah amalan orang yang tidak ikhlas karena Allah, hilang sia-sia tanpa berbekas dan tidak akan mendapatkan apa-apa kelak di sisi Allah.

"Abu Zar Ra, berkata bahwa Rasulullah Saw, bersabda," Ada tiga golongan orang yang tidak akan diajak bicara oleh Allah di hari kiamat, bahkan Allah tidak akan melihat dengan rahmat-Nya pada mereka, mereka tidak dibersihkan dan mereka mendapatkan siksa yang sangat pedih, yakni orang yang selalu memgungkit-ungkit pemberiannya, orang yang menurunkan kain di bawah mata kaki, dan orang-orang yang menjual dagangannya dengan sumpah palsu." (HR. Muslim)

Semoga bisa menjadi pengingat kita semua.

Sumber; Mushaf Alqur'an

Rumahku, 4 April 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Barakallah.. sehat dan sukses sllu bunda

05 Apr
Balas



search

New Post