Desi Oktoriana

Menyukai tulis-menulis sejak di bangku SD. Namun, baru beberapa tahun terakhir dikembangkan lebih jauh. Saat ini menetap di Bandung berprofesi sebagai gu...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jurnal Refleksi Minggu Pertama Calon Guru Penggerak (Six Thinking Hats)
Perjalanan panjang Guru Penggerak

Jurnal Refleksi Minggu Pertama Calon Guru Penggerak (Six Thinking Hats)

Jurnal Refleksi Minggu 1 Guru Penggerak

Pada jurnal yang dituliskan minggu ini model Six thinking Hats dari de Bono parallel thinking akan saya gali agar dapat memberi kontribusi pada pemahaman saya selanjutnya di program guru penggerak:

Kali ini Topi Putih akan mendapat porsi yang paling besar sebagai cara saya menyimpan informasi-informasi penting selama menjadi CGP di Minggu ke-1

Topi Putih

Topi putih yang menggambarkan informasi berupa fakta-fakta yang ada akan menjadi acuan bagi saya memfokuskan diri pada perjalanan pertama hingga mencapai satu pekan menjadi seorang guru penggerak. Sabtu, 9 Oktober 202106.00-16.00 WIB

Bertempat Hotel Grand Pasundan Saat pertama kali berkesempatan mengikuti lokakarya perdana dan bertemu dengan para pengajar praktik (PP) dan CGP lain serta para KS baru saya bisa menyadari bahwa harus selalu ada upaya dari atas (stake holder) untuk ikut campur (top down) dalam membenahi krisis pendidikan di Indonesia. Ada harapan besar yagn diletakkan ditangan para Fasilitator, Pengajar Praktik, Calon Guru Penggerak dan Para Kepala Sekolah untuk menemukan cara membenahi benang kusut dan karut-marut pendidikan kita.

Rabu, 13 Oktober 202108.00 s.d. Selesai

Secara daring melaksanakan Bimbingan Teknis dan Sosialisasi LMS pada Program PGP Angkatan 4.Pada awalnya menggunakan Gmeet yang akhirnya diubah menggunakan Zoom meet karena kurangnya kapasitas saat menampung CGP khusus Jawa Barat. Sempat terjadi delay cukup lama karena permasalahannya agak terlambat ditangani. sebagai bentuk antisipasi ada baiknya pertemuan-pertemua yang menghadirkan jumlah orang digunakan kapasitas yang lebih besar.

Kamis, 14 Oktober 202111.00 s.d. 12.00 WIBPembukaan PPGP oleh Mendikbud

13.00 s.d. 16.00 WIBOrientasi Pelaksanaan PGP angkatan 4- P4TK PLB

Test awal

Modul 1.1.

https://lms20-gp.simpkb.id/course/view.php?id=538&sectionid=35313#sectionid-35314

Sampai tahap pertemuan dengan fasilitator pertama dengan Bu Evy Sumiati yang berasal dari Bengkulu secara daring (Vicon) Jum'at, 22 Oktober 2021

Menghasilkan powerpoint hasil kolaborasi dengan para CGP selama 2 hari dalam mengeksplorasi Profil Pelajar Pancasila dan kaitannya dengan Pemikiran KHD Merdeka Belajar. Dipilih bagian Bernalar Kritis dan dikaitkan dengan pebelajaran yang akan diambil di sekolah dengan budaya lokal permainan congklak.

Sabtu, 23 Oktober 202123.00 WIB

Saat ini refleksi Minggu pertama dibuat hingga larut malam karena baru saja menuntaskan rangkaian Uji PPG untuk sertifikasi guru yang cukup panjang waktunya. Semoga semuanya bisa tuntas sesuai dengan harapan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

20 Dec
Balas

Terima kasih atas kunjungannya Pak Dede Saroni.

20 Dec



search

New Post