Desi Oktoriana

Menyukai tulis-menulis sejak di bangku SD. Namun, baru beberapa tahun terakhir dikembangkan lebih jauh. Saat ini menetap di Bandung berprofesi sebagai gu...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menjadi Pengajar Praktik yang Seperti Apa? Seri Pembekalan CPP
Pembekalan CPP 10A-G1

Menjadi Pengajar Praktik yang Seperti Apa? Seri Pembekalan CPP

Anda ingin menjadi Pengajar Praktik yang seperti apa?Ternyata menjadi Pengajar Praktik bukan soal menginspirasi. Ini kesalahan pandangan saya ternyata menjadi pengajar praktik bukan masalah bagaimana mengubah pandangan menjadi lebih baik akan tetapi justru bagaimana menjembatani peserta hingga sampai pada tujuannya dengan meningkatkan kemampuan-kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang fasilitator yaitu menyimak, mendengarkan, menggerakkan partisipasif, mengkonfirmasi, dst. Anda ingin mendampingi CGP agar mereka menjadi GP yang seperti apa? Saya ingin para GP tumbuh memiliki resiliensi yang tinggi yang memiliki keluasan jiwa untuk menebarkan apa yang dibagikan dalam Pendidikan Guru Penggerak. Menjalani pendidikan yang memerdekakan dengan merdeka. Mampu melihat hambatan sebagai tantangan dan memberikan tauladan terbaik dari seorang guru yang terus tergerak memperbaiki diri serta bergerak dan menggerakkan orang lain menuju tansformasi pendidikan yang diharapkan. Apakah Anda memiliki pengalaman mendampingi/mengembangkan seseorang secara individual di mana orang yang didampingi/ dikembangkan tersebut dinilai berhasil? Betul, ada sebuah pengalaman di mana saya bersama beberapa orang guru yang memiliki potensi yang awalnya ragu untuk tumbuh. Sebuah contoh bagian PPID tadinya dipegang oleh saya akan tetapi keterbatasan ruang dan waktu membuat saya butuh guru-guru lain untuk mengembangkan diri. Awalnya pengumuman dibuatkan terlebih dahulu kata-katanya. Lambat laun setelah berbagai proses yang banyak tantangan dijalani akhirnya Bu Sri berhasil membuat penguman sendiri bahkan lebih cepat dengan model-model di Canva yang lebih baik lagi. Kepercayaan dirinya meningkat dan saya pun berhasil mendapatkan aset berharga yaitu guru yang berdaya. Apa saja yang membuat itu menjadi berhasil? Yang membuat berhasil adalah keyakinan diri kita bahwa potensi tiap orang bisa tumbuh dan berkembang dengan memotivasi serta membersamai perjalanannya dengan baik maka tujuan yang ingin dicapai pun akhirnya terbuka.
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post