DESMARITA,S.Pd

Desmarita,S.Pd. Lahir di Payakumbuh, 1 Desember 1976. Terlahir sebagai anak ke 2 dari orangtua yang bekerja sebagai Guru. Memiliki 2 saudara perempuan ju...

Selengkapnya
Navigasi Web

Liburan yang Membahagiakan

Tantangan menulis hari ke-59

#TantanganGurusiana.

Liburan yang Membahagiakan.

Setiap Ahad sekolah diliburkan. Walaupun demikian, bagi saya semua hari terasa sama. Libur tugas mengajar, diganti dengan tugas di rumah.

Seperti biasanya, pagi- pagi saya sudah bangun.Pekerjaan rumah sudah menunggu. Memasak, mencuci pakaian, beres-beres rumah, membersihkan kebun, dan lain-lainnya. Benar-benar jadwal yang padat. Ditambah lagi tugas-tugas sekolah dan menulis. Bagaimana mungkin mengerjakannya seorang diri?

Saya membagi tugas tersebut kepada anak-anak. Masing-masing anak mendapat tugas dan harus bertanggung jawab menyelesaikannya. Dari sekian banyak pekerjaan, anak memilih satu tugas.

Tugas saya membimbing dan mengontrol mereka. Si Sulung, anak laki-laki tertua memilih membersihkan kebun dan memupuk tanaman. Tanaman cabe yang ada di pekarangan, sudah lama belum dipupuk. Saya mengajarkannya cara memupuk yang benar kemudian si sulung menyelesaikannya dengan baik.

Si Kakak memilih membersihkan rumah, menyapu halaman dan membantu memasak di dapur. Yang membuat saya kagum adalah Si Adik, yang baru berusia 5 tahun. Walaupun laki-laki, tapi ia memilih untuk membantu nyupir alias nyuci piring.

Saya turuti keinginan adik untuk mencuci piring. Saya ajarkan cara menyabun dan membersihkan piring kotor. Ia mengerjakan tugasnya dengan baik sambil bersenandung. Selain itu, ia belajar berhitung. "Ma, piringnya ada 7, adik cuci 4, tinggal 3 lagi Ma," ucapnya senang. "Adik hebat, bisa cuci piring dan berhitung," kata saya memujinya.

Ia tersenyum senang, saya bangga mempunyai anak- anak hebat yang tahu dengan kesulitan orang tuanya, dan mau membantu. Sungguh saya terharu dan sangat bersyukur pada Allah.

Sore hari, semua pekerjaan selesai. Saya melanjutkan agenda membuat tulisan Tantangan Gurusiana. Pelajaran yang bisa saya petik dari kegiatan kami adalah:

1.Dengan bekerjasama pekerjaan cepat selesai

2. Mengajar anak mempunyai keterampilan di waktu kecil, akan berguna untuk kehidupan mereka ketika besar, karena cara mencuci pakaian, mencuci piring, berkebun, dan lain-lain, tidak diajarkan di sekolah, padahal hal ini perlu dalam keseharian mereka.Untuk itu tugas orang tua membimbingnya.

3 Terjalin kedekatan, kasih sayang antara orang tua dan anak.

4 Sambil mengajar anak berhitung, dan konsep keliling benda.

hmm, hari yang menyenangkan buat saya bersama keluarga.Alhamdulillah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post