DESMARITA,S.Pd

Desmarita,S.Pd. Lahir di Payakumbuh, 1 Desember 1976. Terlahir sebagai anak ke 2 dari orangtua yang bekerja sebagai Guru. Memiliki 2 saudara perempuan ju...

Selengkapnya
Navigasi Web
Permainan Tradisional

Permainan Tradisional

Tantangan hari ke-49

#TantanganGurusiana

Permainan Tradisional

Masa kanak-kanak adalah masa paling bahagia. Pada masa ini, anak-anak bergembira tanpa beban. Mereka belajar sambil bermain.Bermacam-macam permainan anak-anak, mulai dari permainan tradisional, hingga modern. Kabarnya, aktivitas anak-anak bermain di waktu kecil, berpengaruh terhadap kreativitasnya ketika dewasa.

Tahun 80-an, permainan tradisional sangat diminati. Karena pada masa itu, belum banyak pengaruh teknologi seperti zaman sekarang. Belum ada gawai, video game, bahkan ada desa yang belum dialiri listrik.

Pada zaman itu, ketika jam istirahat, siswa SD banyak bermain petak umpet, congklak, kelereng, lompat tali, dan lain-lain. Ada pula permainan meloncat- loncat di dalam kotak bergaris yang dibuat menggunakan kapur tulis. Nama permainannya berbeda di tiap daerah. Ada yang menyebutnya dore, selayah, dan pisik.

Selayah/ Pisik, adalah batu tipis berukuran kecil yang dilemparkan ke dalam kotak bergaris. Kotak yang berisi selayah tidak boleh diinjak, sehingga mereka harus meloncat ke kotak yang kosong.

Saya memperhatikan siswa belajar bermain selayah/pisik, di halaman sekolah. Mereka senang dan meloncat-loncat dengan gembira. Manfaatnya adalah:

1. Siswa beraktivitas/ olah raga sambil bermain.

2. Siswa bergembira, membuat mereka semangat belajar.

3 Melatih siswa untuk taat aturan. (tidak boleh menginjak garis)

4 Belajar antri dan melatih kesabaran, ( ketika seorang siswa bermain, siswa yang lain mengamati, dan menunggu giliran bermain dengan sabar)

5.Mengajarkan siswa bersosialisasi dengan teman-teman sebaya. Berbeda dengan internet dan gawai, pemainnya sibuk sendiri.

Karena banyak manfaatnya, alangkah baiknya jika permainan tradisional ini dilestarikan. Jangan sampai punah tergerus perkembangan zaman dan teknologi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Betul sekali bu,..bernostalgia masa kecil..trm kasih hadirnya bu.

05 Mar
Balas

Masa kecil yg membahagiakan ya buu...Permainan yg sdh langka utk di mainkan .

05 Mar
Balas



search

New Post