DESMARITA,S.Pd

Desmarita,S.Pd. Lahir di Payakumbuh, 1 Desember 1976. Terlahir sebagai anak ke 2 dari orangtua yang bekerja sebagai Guru. Memiliki 2 saudara perempuan ju...

Selengkapnya
Navigasi Web
Suka dan Duka Belajar Daring

Suka dan Duka Belajar Daring

Tantangan hari ke-60

#TantanganGurusiana.

Suka Duka Belajar Online

 

Pada era digital sekarang, internet bukanlah hal yang langka. Banyak yang serba online. Mulai dari belanja, pesan tiket, makanan, belajar, semuanya bisa online.

 

Belajar online disebut juga daring (dalam jaringan).Adalah pembelajaran yang dilakukan tidak bertatap muka  secara langsung dengan guru, melainkan melalui perangkat seperti komputer yang mempunyai jaringan internet.

Setiap kegiatan pastilah ada kelebihan dan kekurangannya. Begitu pula belajar online.

Berikut ini suka dan duka belajar online:

 

Keuntungan belajar online:

1. Bisa dilaksanakan kapan saja, dimana saja yang kita inginkan, asalkan tersedia jaringan internet yang cukup serta paket data. Sehingga kita bisa mengatur waktu untuk belajar semau kita. Saya biasanya belajar setelah semua pekerjaan selesai.Frekuensinya lebih sering waktu malam karena lebih tenang.

 

2. Hemat biaya dan waktu. Kalau pertemuan tatap muka, kita berkumpul di suatu tempat. Hal ini tentunya memerlukan biaya untuk akomodasi, transportasi ke lokasi.Apalagi kalau tempat belajarnya jauh,dan waktunya lama pastilah ada biaya sewa hotel atau penginapan.

 Kalau belajar online, bisa dilaksanakan di rumah, sambil istirahat atau mengawasi anak-anak. "Hemat ongkos dan hemat waktu bukan?"

 

3. Memiliki waktu yang cukup untuk belajar. Kita memiliki banyak waktu untuk memahami materi dan menyelesaikan tugas, asalkan sesuai jadwal (deadline) yang telah ditentukan.

 

Dukanya belajar online adalah:

1.Ketika  tidak memahami materi, kita sulit untuk bertanya, karena kita belajar sendiri dan memahami sendiri. Beda kalau belajar tatap muka, setiap materi yang kita tanyakan langsung direspons oleh guru /tutor.

 

2 Kesulitan mengerjakan tugas (praktik) yang tidak dipahami. Praktik yang berkaitan dengan ICT, biasanya lebih mudah dikerjakan apabila diajarkan secara tatap muka. Petunjuk belajar yang diberikan tutor, langsung dipraktikkan.Jika ada masalah, tutor langsung membantu. Tetapi kalau pelatihan daring, jika ada kendala terpaksa cari solusi sendiri deh, repot jadinya. Biasanya tanya pada teman (call a friend) atau cari di google. Bisa jadi tugas tidak selesai kalau kita tidak bisa mencari solusinya.

 

Itulah beberapa suka dan duka belajar online yang saya alami. Namun untuk pelajaran yang sifatnya praktik, lebih baik  diajarkan secara tatap muka. Atau cari  solusi sendiri apabila ada materi yang diragukan. misalnya dengan bertanya kepada orang yang lebih paham.

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Thank you zi..

16 Mar
Balas

Oce

16 Mar
Balas



search

New Post