Desnamayasofa S. Pd (Eva Laundry)

Mengajar di MTsN 9 Agam,Lubuk Basung, Sumbar. Desnamayasofa. SPd, lahir 22 Pebruari 1973, di Lubuk Basung ,Kabupaten Agam, Sumatera Barat. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Manfaat Reunian harike30

Manfaat Reunian harike30

Manfaat REUNIAN

1.Pengertian Reunian

Pada dasarnya reuni adalah upaya mempertemukan kembali yang dulu pernah bersama, baik dalam suatu kampus, sekolah maupun tempat bekerja, upaya mencari eksistensi diri yang mulai pupus dari memori karena dimakan usia. Penulis sendiri pernah menghadiri suatu reuni dengan mantan teman-teman SMA, setelah 30 tahun lebih tidak pernah saling bertemu. Ketika bertemu sudah lupa dengan wajah dan nama, jadi banyak dialog lucu saat reuni, "Kamu itu siapa ?" Memang akhirnya pembicaraan menjadi cair setelah kita saling mengungkapkan kisah-kisah lugu ketika di sekolah dulu.

Perlunya membina hubungan baik dengan setiap orang agar keharmonisan dan keselarasan hidupnya terjaga, salah satu caranya adalah dengan silaturahmi.

Silaturahmi adalah menyambung tali kasih sayang, gemar bersilaturahim akan menimbulkan perasaan akrab, saling mengerti,dan saling memahami, sehingga terjalin hubungan komunikasi yang baik, dan bahkan sangat mungkin akan terjalin hubungan kerja sama.

Reuni sekolah adalah salah satu acara nostalgia yang paling diminati. Bertemu lagi setelah bertahun-tahun tidak bertemu pasti menimbulkan kesan tersendiri. Yang dulunya berantakan, sekarang rapi. Yang dulunya kucel dan tidak terurus, sekarang sudah wangi dan rapi. Pasti ada banyak sekali perubahan yang akan kamu dan semua temanmu alami. Dalam acara reuni itu juga, kalian bisa membahas banyak hal bersama, tertawa bersama bahkan mengenang masa sekolah bersama.

2. Manfaat Reunian

Jadikan reuni acara yang bisa mendatangkan banyak manfaat. Bukan hanya mengenang masa lalu, tapi juga merajut masa depan yang lebih cerah.

Masa-masa paling indah, masa-masa di sekolah.

Apakah Anda sepakat dengan cuplikan lagu “Kisah Kasih di Sekolah” yang pernah dipopulerkan oleh penyanyi almarhum Chrisye ini? Jika ya, mari bertualang ke masa lalu sejenak. Ada tawa ceria bersama teman se-geng. Ada pengalaman dipuji atau dihukum guru. Ada juga kisah cinta monyet yang terasa menggelikan bila diingat kembali. Jika merindu masa sekolah, mengapa tidak menggelar reuni?

Sayang, reuni terkadang dipandang negatif. Karena lewat ajang ini, cinta lama kerap bersemi kembali. Padahal masing-masing sudah memiliki pasangan. Atau reuni menjadi ajang untuk pamer kesuksesan. Kalau Anda memang benar-benar sudah sukses mungkin tak masalah. Yang merana ketika ada undangan reuni adalah yang jalan hidupnya setelah lulus kurang beruntung.

Ayuukk selalu berfikiran positif dalam hidup, hidup adalah pilihan saatnya kita memelih reunian untuk hal yang bermanfaat.

Inilah beberapa manfaat reunian menurutku:

2.1Mencegah penyakit Alzheimer

Reuni, selain untuk memutar memori lama di otak, juga untuk memperbaiki fungsi bagian otak yang mengurus kesenangan, memutar kembali memori adalah suatu upaya mencegah penyakit Alzheimer yang memang suatu saat kelak akan menghampiri manusia, hanya dapat terjadi dalam waktu cepat atau lambat.

Seorang psikolog mengungkapkan pandangannya soal manfaat reuni, sebagai kenangan yang merupakan sarana melihat kembali pada diri kita beberapa tahun ke belakang. Dengan melihat masa lalu, seseorang akan mengerti bahwa kehidupan yang dia jalani selama ini merupakan suatu hal yang sangat penting. Setiap orang melalui kenangannya pasti akan membuat momentum atau kenangan dirinya agar dapat selalu mengingat bahwa dia berkembang.

2.2 Self Eateem/Harga Diri

Melalui sebuah reuni, seseorang juga bisa mendapatkan self esteem. Saat reuni pasti bertemu dengan teman-teman lama yang tentunya mengetahui sifat kita yang dulu. Kita juga dapat mengetahui jalan hidup teman-teman lama. Reuni adalah salah satu jalan menyambung dan memelihara tali persaudaraan, persahabatan, silaturahmi yang sangat dianjurkan.

Perpisahan selama bertahun-tahun sejak lulus SMA atau lulus perguruan tinggi, atau meninggalkan perusahaan lama telah membentuk pribadi kita seperti sekarang ini. Banyak perubahan terjadi dalam hidup kita selama perpisahan itu baik secara fisik, sosial dan spiritual.

Perubahan fisik seperti bentuk tubuh, dulu gemuk sekarang langsing, dulu langsing sekarang subur, dulu cantik sekarang lebih cantik, dulu ganteng sekarang tambah ganteng, dulu kurang sehat sekarang fit dan lain sebagainya.

Perubahan status sosial, karena kariernya yang cemerlang, karena jabatan yang terus menjulang, karena bisnisnya yang berkembang pesat, seseorang bisa menjadi kaya dan terpandang atau sebaliknya masih prihatin karena bisnisnya kena krisis ekonomi, prihatin kena PHK dan aneka perubahan status sosial lainnya.

Perubahan spiritual, dulu nakal sekarang alim, dulu suka mencontek sekarang menjadi guru, dulu sopan sekarang lebih santun, dulu jarang sholat sekarang taat, dulu melihat gereja saja malas sekarang setiap hari melakukan pelayanan rohani.

Terlepas dari perubahan-perubahan yang terjadi, reuni juga sangat didominasi oleh penyelenggara atau yang sering disebut sebagai Panitia Reuni. Acara yang disusun juga sebaiknya tidak bersinggungan dengan penonjolan penyandang dana atau sponsor acara Reuni ini, karena dapat menyakitkan hati peserta reuni yang kebetulan kurang berhasil dalam kehidupannya.

2.3 Ajang Bersosialisasi

Reuni memiliki sisi positif untuk kesehatan dan keharmonisan hubungan pertemanan. Reuni bisa dijadikan ajang bersosialisasi guna merekatkan kembali tali persahabatan. Reuni juga bermanfaat untuk mengembalikan peranan seseorang yang mungkin sudah terkikis waktu. Bersosialisasi dengan teman membuat kita banyak belajar untuk sabar dan ikhlas menjalani organisasi. Kenapa tidak begitu banyak teman dan masing-masing punya karakter masing-masing. Dengan reunian kita bisa lebih memahami karakter teman. Menerima semua kelebihan dan kukurangan teman. Selalu berkata baik dan berbuat baik. Walau kadang ada juga yang bicara ngak enak dibelakang kita. Kita pahami itu sebagai sifat dasar yang susah utk berubah.

2.4. Memperpanjang umur

Sebuah penelitian juga pernah mengungkap, ternyata kegiatan santai ini juga bisa membuat orang berumur panjang. Sebuah penelitian bahkan pernah menemukan bahwa seseorang yang banyak dikelilingi teman dan saudara kemungkinannya meninggal lebih cepat berkurang 50 persen dibandingkan mereka yang tidak memiliki kehidupan sosial

2.5. Memperbaharui citra diri

Selain menjadi ajang bersosialisasi guna merekatkan kembali tali persahabatan. Salah satu tujuan reuni adalah untuk memperbarui citra diri seseorang guna tampil prima, mereka perlu merasa nyaman dan percaya diri baik dari segi fisik maupun emosional.

2.6. Hidup lebih sehat.

Orang-orang yang memiliki kehidupan sosial yang cukup aktif rata-rata hidup 3,7 tahun lebih lama. Para peneliti juga mengungkap efek dari memiliki teman dibandingkan dengan berhenti merokok. Merasa sendirian dengan sedikit dukungan sosial meningkatkan risiko kematian, seperti kecanduan alkohol atau obesitas.

Penelitian yang dilakukan tim dari Brigham Young University dan University of North Carolina (UCLA) juga menunjukkan ada hubungan antara kematian dan kesepian baik pada wanita maupun pria di segala usia. Mereka menganalisis data dari 148 penelitian selama tiga dekade yang melibatkan 300.000 orang.

“Teman dan orang-orang yang mendukung dapat membuat hidup menjadi lebih terasa mudah. Mereka bisa meminjamkan uang, membantu mengurus bayi atau memberikan perhatian kecil yang membuat Anda merasa diperhatikan,” kata Bert Uchino, salah satu peneliti dari Brigham Young University, Amerika Serikat, seperti dikutip dari Daily Mail.

Ia menambahkan, dukungan emosi yang didapatkan dari teman dan orang tercinta dapat membantu mengurangi beban masalah. Hal ini sangat penting agar tidak memicu stres atau depresi berat yang bisa menjadi penyakit dan memicu kematian lebih cepat.

“Seseorang yang mendapat dukungan dan hubungan sosial yang positif, tekanan darah, gula darah, metabolisme, dan stres hormonnya lebih stabil,” kata Teresa Ellen Seeman, profesor medis

2.7 Saling tukar informasi untuk ajang usaha dan relasi kerja.

Menjalin kembali tali silaturahim dan bertukar Informasi. Seperti pada umumnya, dengan mengikuti reuni dengan teman yang sudah lama ga saling bertemu, atau lost kontak, so dengan reuni dapat kembali merekatkan tali silaturahim dan persahabatan dengan manteman lama yang mungkin akan sulit banget kalau sengaja kita temui kalau bukan di ajang reuni ini. Selain itu juga bisa saling bertukar informasi penting dan menjadi ajang yang tepat untuk mengembangkan usaha dan relasi.

2.8 Memandang Masa Depan Lebih Baik

Manusia berubah, namun persahabatan tetap sama. Bertemu kembali dengan manteman yang sudah lama ga ketemu tentunya aku melihat banyak sekali perubahan fisik dan wajah. Semuanya mengalami perubahan, namun tidak dengan rasa persahabatan, yang kadang tetep sama akrab membuly, tertawa ngakak seperti baru bertemu kemaren padahal lama banget ga ketemuan.

Masa lalu baik, tapi masa depan itu lebih baik lagi. Mempunyai masa-masa yang indah dengan manteman di masa lalu tentunya baik, tapi setelah reunian akan sadar kalau masa depan ternyata akan lebih baik lagi, dengan semakin dewasa perubahan dalam gaya hidup pun membuktikan kalau manusia itu bisa berkembang menjadi lebih baik.

Posisi sekarang adalah tempat yang layak diperuntukan buatmu. Disaat kembali bertemu dengan orang-orang di masa lalu, pastinya akan menyadari dimana posisiku sekarang berada. Tentunya sangat menyadari, ini lah aku yang yang memang diperuntukkan untukku, merasa bangga dengan yang ada sekarang, entah itu hal pekerjaan, menjadi pasangan siapa,dan kondisi saat sekarang tetap harus dinikmati karena memang sudah seharusnya terjadi seperti itu.

Dalam hidup ini tak ada yang abadi. Saat reunian kenyataannya bahwa ada beberapa teman yang sudah ga ada lagi di dunia ini, semua punya masanya sendiri-sendiri, begitu pun dengan reuni yang euforianya dirasakan sesaat saja, ada yang datang dan yang pergi, ada suka dan duka. Aku sangat menyadari itu, dan lebih memaknai hari-hari menjadi lebih baik untuk mengisi kehidupan ini yang Cuma sekali saja.

2.9 Silaturahim.

Dalam reuni, kita akan bertemu kembali dengan teman-teman lama semasa sekolah. Hubungan dengan teman akrab semasa sekolah mungkin sempat terputus karena hilang komunikasi atau tenggelam dalam kesibukan masing-masing. Reuni ini adalah wadah untuk merekatkan kembali relasi di sekolah. Kerenggangan hubungan pertemanan akan berkurang dan Anda bisa mendapatkan teman yang lama “menghilang”.

2.10 Mengenang cerita.

Reuni juga bisa menjadi ajang bertukar cerita dengan teman-teman lama. Tentu tidak hanya soal kabar terbaru teman-teman tetapi juga mengingat kembali masa-masa yang telah berlalu. Misalnya, membicarakan tentang kabar guru-guru di sekolah lama atau kondisi sekolah saat ini. Cerita-cerita sederhana ini terdengar ringan. Namun, justru cerita-cerita ringan ini yang membuat ajang pertemuan bernama reuni menjadi menarik

Hidup adalah pilihan, kita manusia bisa memilih apa yang baik menurut kita. Begitulah aku memilih untuk hidup selalu bersilaturahmi dengan sahabat masa remajaku. Waktu itu tigapuluh dua tahun yang lalu. Aku duduk dibangku smp di kampungku. Begitu banyak cerita yang kulalui termasuk cerita cinta dan persahabat. Tapi kali ini aku bercerita hanya tentang sahabatku sahabat masa remaja.

Dulu zaman putih dongker, aku hanya wanita sederhana, yang suka foto-foto apabila ada klise yg berlebih dr acara apupun dirumahku atau sengaja dibeli untuk foto-foto dengan teman sekolahku. Hobyku foto-foto sampai saat ini masih berlanjut. Dengan bermodalkan fotoku yang lama itulah aku menemukan sahabat-sahabatku yang sdh lama tidak bertemu.

Lewat sosial media aku bisa menemukan sahabat-sahabatku kembali. Ani sahabatku waktu zaman putih dongker aku temukan di dunia maya yaitu fb. Betapa senangnya aku bisa kembali bertemu dengannya. Anaknya sudah tiga,semuanya laki-laki. Bersuamikan orang Palembang. Kami waktu remaja tidak banyak memiliki waktu bersama. Tapi saat sekarang kami bisa bertemu setiap hari dan setiap waktu di dunia fb, wa,telponan. Begitulah indahnya persahabat zaman sekarang walau jauh bisa berkomunikasi setiap hari. Kadang kala kami bisa berjam-jam telponan bercerita tentang hidup dan bercerita tentang sahabat kami yg lain. Cerita kami hanya untuk kami saja ngak pernah ada yang lain tau. Kadang kami bercerita tentang sahabat kami yang suka sirik dan dengki. Itu bahan cerita utk kami berdua sj, sekedar memahami sifat dan pribadi teman kami. Kami bisa menerima kelebihan dan kekuranga teman hanya dengan berlapang dada krn setiap manusia itu diciptakan berbeda.

Moni wataknya suka mempergunjingkan teman, dan tidak senang melihat temannya tampil lebih darinya. Kami mencoba memahaminya mungkin dulu latar belakangnya yang membuat dia begitu. Sebagai sahabat kami tetap baik dan peduli kepadanya. Meski kami tidak baik dimatanya. Kami berusaha memahami sifat dan karakternya. Kami terima semua kekurangannya sebagai sahabat.

Kami sedikit dituakan selangkah untuk mengurus alumni. Jadi kami berusaha memahami karakter teman kami semua.

Veno adalah seorang sahabat kami yang diangkat teman-temanku sebagai ketua. Dia adalah temanku semenjang putihdongker dan putih abu-abu sampai kuliah. Aku masih ingat waktu itu masih zaman abu-abu datanglah dia padaku "Va ada yang titip surat"katanya. Lalu aku bertanya "dari siapa" itu kakak kelas kita yang bernama Miko. Entah kenapa aku langsung sj mengambil surat itu. Dan besoknya aku berikan balasanya kepada veno lagi. Begitulah setiap hari balas-membalas surat dengan si dia dan veno adalah pak posnya. Masa yang indah saat itu.

Sampai aku kuliah kami tetap selalu dipertemukan oleh Allah sebagai sahabat. Sampai veno juga dekat dengan teman satu kos ku. Masih ingat waktu itu kami satu kos pergi jalan-jalan ke tepian mandi. Dan veno ikut bersama kami. Dua kali kami jalan-jalan dua kali juga veno ikut dengan kami. Begitu indah nya saat itu. Persahabatan kami tak cukup sampai disini, sampai sekarangpun aku masih mendampinginya sebagi sek di alumni kami. Aku banga,aku bahagia, aku senang bisa menyatakukan kembali sahabat-sahabatku yg sudah lama terpisah.

Begitu juga dengan Azno, azno teman yg paling dekat denganku selain veno. Waktu putih dongker tak banyak kisah kami. Tapi setelah zaman abu-abu begitu banyak kisah yang kami lalui bersama.

2.11 Perluasan jaringan.

Kesibukan kerja bisa membuat Anda “lupa” bergaul. Bertemu dengan teman-teman lama tidak hanya memperkuat jaringan yang melonggar, tetapi siapa tahu teman lama Anda memiliki relasi dengan orang-orang lain yang dapat mendukung usaha, bisnis, karier, atau pertemanan Anda. Kesepakatan bisnis bisa jadi bermula dari ajang reuni.

2.12. Membangun jaringan antar kampus.

Anda juga bisa bertukar informasi seputar pekerjaan atau bisnis dengan teman-teman lama. Atau dapatkan pengalaman dan pengetahuan baru dari teman-teman lama Anda. Anda pun bisa lebih mengembangkan diri berkat reuni. Selain berkumpul dan bersilaturahim antar-alumni, ajang reuni ini juga bertujuan untuk membangun jaringan antara kampus dengan para almamaternya.

Jaringan antara kampus dengan para alumni atau sesama almamater ini penting. Salah satunya, kampus akan membutuhkan informasi lowongan kerja dari para alumni untuk mahasiswa yang baru lulus. Para alumni pun akan lebih mudah mendapatkan calon karyawan yang merupakan adik-adik kelasnya.

Contoh lainnya, ketika kampus akan menggelar sejumlah acara, misalnya seminar, jaringan alumni ini bisa dimanfaatkan. Para alumni bisa menjadi narasumber dalam acara yang digelar kampus atau mendukung penyelenggaraan acara di kampus.

3. Kesimpulan Cari Yang Positifnya.

Reuni memang banyak manfaatnya. Tinggal kita sendiri yang harus memilih, apakah sisi positif reuni akan diambil atau sisi lain yang bikin hidup lebih rumit?

Jadikan reuni acara yang bisa mendatangkan banyak manfaat. Bukan hanya mengenang masa lalu, tapi juga merajut masa depan yang lebih cerah.

Masa-masa paling indah, masa-masa di sekolah. Masa lalu adalah masa yang baik.

Masa depan adalah masa yang lebih baik

4.Saran-saran

πŸ˜ͺ *Ketika ada kesempatan, PergiLah... dan BerkumpuLah bersama teman teman Lama. BerkumpuL - kumpuL, bukan sekadar makan, minum dan bersenang semata.., tetapi ingat, waktu hidup kita semakin singkat. Maka dari itu, bangunkanLah Persaudaraan...*

πŸ˜ͺ *Mungkin Lain waktu kita Tidak akan bertemu Lagi.**

πŸ˜ͺ *Mungkin Lain waktu kita sudah semakin Susah untuk berjaLan.**

πŸ˜ͺ *Menghabiskan sebagian waktu dengan Teman atau Sahabat akan membuat Hidup Lebih Sehat secara MentaL' dan Fisik.*

πŸ˜ͺ *Umur itu Seperti es batu, Dipakai atau tidak akan tetap mencair dan berakhir....*

πŸ˜ͺ *Begitu juga dengan umur kita. Digunakan atau Tidak Digunakan, umur kita akan tetap berkurang, dan Akhirnya kembali ke hadirat ILLAHI... Namun jika kita seLaLu bergerak dan beraktifitas.. maka Bathin kita akan terisi dan kita akan merasa kaya daLam hidup ini karena banyak menjumpai Sahabat dan Kawan-kawan...*

πŸ˜ͺ *Tersenyumlah dan berfikir positif. Air yang MengaLir tidak dapat berbaLik arah. Kita tidak mungkin dapat berbaLik menjadi muda Lagi.**

πŸ˜ͺ *Secara... Kita akan berangsur menjadi tua, juga Kesehatan yang muLai tergerus, dan kemudian meninggaL.. Untuk itu.. Jalani hidup ini dengan Ceria.., Sabar dan Santai... Agar hidup kita Lebih berarti bagi orang Lain juga bagi diri sendiri...*

πŸ˜ͺ *Jangan ingin mau menang sendiri, sementara orang Lain seLaLu saLah.*

πŸ˜ͺ *terimaLah Persaudaraan. Jangan suka berkeLuh kesah tentang orang Lain atau Membenci...*

πŸ˜ͺ *Hidup ini TerLaLu singkat untuk seLaLu merasa benar sendiri (Pentingkan diri sendiri)*

πŸ˜ͺ *Jangan buang Sahabat hanya karena Tidak sepakat.*

πŸ˜ͺ *Satu keburukan dari Sahabat, bukan berarti menghiLangkan SembiLan kebaikannya.*

πŸ˜ͺ *PerbanyakLah waktu untuk berkumpuL dengan Sahabat-sahabat teman-teman dan Saudara-saudara kita.*

πŸ˜ͺ *Siapa tahu mereka nanti akan menjadi penoLong kita di Akhirat keLak. BuangLah jauh jauh sifat egois dan iri hati..*

πŸ˜ͺ *TerimaLah Kekurangan dan KeLebihan dari sahabat.*

πŸ˜ͺ *BertemanLah dengan Apa ADANYA, bukan karena ADA Apanya...*

πŸ˜ͺ *Nikmati semua waktu, sendagurau dan tawa. Hargai semua Perbedaan. Percayakan atas kemampuan teman, saudara kita.*

πŸ˜ͺ *Jaga perasaannya.., tutupi Aibnya... Bantu ketika dia jatuh.., Sediakan bahu ketika dia menangis.*

πŸ˜ͺ *Tepuk tangan dan Turut gembira ketika dia sukses. Sebut Namanya daLam DOA kita.*

πŸ˜ͺ *_BertemanLah_ dengan Hati yang baik dan TuLus... Ketika Hatimu Baik dan TuLus, percayalah..., Tuhan juga akan seLaLu Bersamamu. Teruskan bersahabat sampai Tuhan menentukan kata... 'waktunya puLang...'*. πŸ™πŸ™πŸΌπŸ™πŸΌ

28022020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantab...lengkap sekali..sampai ke saran juga. waah..ada kalimat,yg dulu nyontek skrg jd guru..kayaknya ada tuh..ha.ha..sayangnya,sy gk pernah datang ke reuni..ha.ha..salam ya..ditunggu crita lainnya..

28 Feb
Balas



search

New Post