Desri Lova

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
'Sambal Pengap Kucai'
PengapKucai

'Sambal Pengap Kucai'

Tantangan Menulis Hari ke-25

#TantanganGuruaiana

Siapa yang tak kenal dengan kucai? Adapun nama ilmiah dari kucai ini adalah Allium Schoenoprasum. Pasti semua tahu dengan jenis sayur yang satu ini. Secara umum, sayur ini disebut dengan lokio, tapi masyarakat Batak menyebutnya dengan bawang Batak. Memang, kucai merupakan kerabat dari daun bawang, bawang merah atau bawang putih.

Di daerah Kabupaten Kerinci Jambi, kucai biasanya dimasak cabe, tak lupa ikan teri juga dimasukkan untuk menambah cita rasa dari sambal pengap kucai. Tak banyak bahan yang dibutuhkan untuk membuat masakan pengap kucai. Walaupun sangat sederhana, masakan ini enak sekali. Rugi bagi yang tidak menyukai sayur kucai. Selain enak, kucai ternyata juga memiliki manfaat yang begitu banyak yakni dapat menjaga kesehatan jantung karena mengandung kalium, dapat menyehatkan kulit, menghilangkan jerawat karena kucai juga mengandung vitamin C dan E, dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut. Tidak hanya mengandung vitamin C dan E kucai juga mengandung vitamin A, makanya kucai juga dapat meningkatkan kesehatan mata. Kucai juga dapat menghilangkan racun dari tubuh, mencegah kanker, menyehatkan tulang, menyehatkan pencernaan, mencegah cacat lahir, meningkatkan kualitas tidur dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Jadi, sangat banyak sekali manfaat dari kucai. Bagi yang belum mencoba memasak kucai, ayok segera ke pasar untuk beli kucai dan memasaknya. Berikut resep sederhana memasak pengap kucai;

Bahan:

- Sayur kucai yang sudah dipotong-potong sesuai dengan yang diinginkan. Selain sayur kucai, biasanya saya juga menambahkan terong, atau kacang buncis.

- Cabe (1 ons) yang sudah diblender sebelumnya dengan bawang merah.

- Tomat 1 buah, diiris.

- Bawang Merah yang sudah diiris tipis.

- Teri Medan secukupnya.

Cara Membuat:

- Tumis bawang merah yang sudah diiris tipis

- Apabila sudah agak menguning, masukkan tomat yang sudah diiris. Aduk.

- kalau tomat sudah agak layu, masukkan teri Medan yang sudah dicuci sebelumnya. Aduk, masak sebentar.

- Setelah itu masukkan cabe yang sudah diblender sebelumnya dengan bawang merah. Masak dengan api kecil.

- Terakhir, masukkan kucai dan bahan sayur yang lainnya, jangan lupa tambahkan air untuk mematangkan bahan yang sudah dimasukkan. Tutup masakan tersebut dengan tutup panci, agar masakannya lebih cepat matang. Tunggu sampai matang. Lalu angkat, sajikan dengan nasi hangat.

Gampang kan cara membuatnya? Tunggu apa lagi, yuk segera berburu kucai ke pasar. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Salam literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih resep nya Baarakallah

06 Mar
Balas

Sama-sama Bu...semoga bermanfaat Bu...dicoba ya Bu resepnya, enak banget bu.salam kenal buat ibu

06 Mar

Membayangkannya sudah enak buk

06 Mar
Balas

Hehe jangan dibayangkan pak... insyaallah kapan2 dibuat, dicoba ya pak

06 Mar

Enaaak nian. Samo selero kito orang bangko

06 Mar
Balas

Iyo Bu,enak nian..Yo Bu, tempat kami kan dak begitu jauh dari Bangko..salam kenal ya bu

06 Mar



search

New Post