Deswati

Pagi itu saya dan teman-teman sudah bersiap menuju lokasi demo. Saya dan teman-teman hari itu akan menghadiri demo di kota ini, untuk yang ket...

Selengkapnya
Navigasi Web
Desain Projek Prototipe

Desain Projek Prototipe

#Tagur 24. #

Desain Projek Prototipe

Penulis : Deswati, M.Pd

Dua puluh sampai tiga puluh persen pembelajaran berbasis projek. Setiap mapel diminta untuk melakukan projek. Agar pelajar tidak repot "kasihan pelajarnya" maka guru mapel berkolaborasi untuk projek ini.

Karakter merupakan ciri yang baik. Untuk memastikannya dengan proses pembiasaan dalam hati, pembiasaan dalam tindakan. Sampai ke metakognitif. Membangun kesadaran tentang yang baik dan yang tidak baik. Dengan kesadaran akan mendapat itikad baik. Itikad baik dengan adanya perbuatan.

Melakukan kebaikan dengan projek pelajar pancasila, menjadi arena learning by doing.

Tidak lagi Konsep penguasaan yang diterapkan di proses projek pelajar Pancasila.Konsep sudah dipelajari dalam intrakurikuler.

Desain Projek Profil Pelajar Pancasila unit yang terintegrasi. Persiapan penerapan Penguatan pelajar Pancasila.

Persiapan guru, melakukan pengelolaan jampel dan kolaborasi guru. Dipastikan akan ada mapel /jampel guru yang berkurang. Oleh karena itu perlu pengelolaan waktu dan kegiatan. Menyiapkan asesmen dengan perencanaan. Bisa sistem pendokumentasi, Portofolio.

Kemdikbud menentukan tema untuk projek pelajar pancasila . Pemerintah daerah dan satuan pendidikan merancang mulok projek berdasarkan tema. Boleh satuan pendidikan mengembangkan menjadi topik lebih spesifik.

Tema setiap tahun boleh berubah. Di antara tema perubahan iklim global. Kearifan lokal. Bhineka tunggal Ika. Suara demokrasi. Rekayasa dan berteknologi dan kewirausahaan.

Dalam satu tahun 2 / 3 tema diselesaikan.

Tahapan projek tema ditentukan di awal. tahun pelajaran, di tahun awal opsi tema boleh sama untuk semua kelas. Sedangkan penentuan topik sekolah menentukan tema dan topik projek.

Untuk tahap berkembang untuk opsi tema sama untuk 1 -. 2 kelas.

Pekanbaru, 24 Januari 2022

Bedah Kurikulum Prototipe

Belajar, dan belajar. Cermati dan jangan bertanya, apalagi untuk membanding - bandingkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post