Desy Indriyani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Cintai Literasi Wujudkan Generasi Literat

Cintai Literasi Wujudkan Generasi Literat

Literasi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan kegiatan sehari-hari. Literasi dibutuhkan dalam setiap situasi dan kondisi. Setiap orang harus mampu memaknai literasi dengan kegiatan yang dilakukannya. Begitupun dengan murid. Murid diharapkan menyertakan kegiatan literasi dalam setiap tindakan yang dilakukan karena literasi menjadi pondasi untuk menguasai kecakapan hidup

Sekolah merupakan rumah kedua bagi seluruh murid. Sekolah mempunyai peranan yang penting dalam membekali murid untuk membentuk karakter yang baik. Sekolah menjadi sarana dalam mewadahi bakat dan minat setiap murid. Sekolah berupaya menanamkan pembiasaan-pembiasaan dalam membentuk karakter yang baik murid. Begitupun dengan SMP Negeri 06 Batu melakukan berbagai cara dalam membumikan kegiatan literasi di sekolah guna mewujudkan pembiasaan dalam hal berliterasi. Adapun program-program literasi yang ada di SMP Negeri 06 Batu, seperti terangkum di bawah ini:

Yang pertama yaitu kegiatan Selasa Membaca. Kegiatan ini dilakukan setiap hari Selasa pada jam ke-0 yaitu mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 07.40 WIB. Pada kegiatan ini seluruh murid membaca buku bacaan di kelas masing-masing dengan didampingi oleh guru. Buku yang dibaca adalah novel yang dibawa dari rumah masing-masing dan juga bisa membaca buku bacaan yang ada di sudut baca kelas. Satu kelas secara bergiliran sesuai jadwal dapat membaca di perpustakaan. Semua murid dan guru membaca secara khusuk. Setelah membaca semua murid menulis rangkuman apa yang telah mereka baca pada buku kendali baca yang diparaf oleh guru.

Semua warga sekolah juga dapat membaca melalui perpustakaan digital dSNEBA (Digital SMP Negeri 06 Batu). Hal ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Perpustakaan digital dSNEBA ini merupakan upaya sekolah dalam mendekatkan perpustakaan kepada semua warga sekolah dan juga upaya membumikan literasi. Tak lupa pula sekolah memberikan reward kepada murid yang rajin membaca dan berkunjung ke perpustakaan yaitu dengan mengadakan pemilihan Sahabat Perpus SNEBA. Untuk yang membaca ebook pada aplikasi perpustakaan digital dSNEBA juga diberikan reward melalui pemilihan Best Reader dSNEBA. Reward dan penghargaan ini dilakukan setiap tahunnya pada acara Dies Natalis sekolah.

Untuk mendukung kegiatan membaca di lingkungan sekolah, juga diprogramkan wajib kunjung perpustakaan bagi setiap kelas secara bergiliran. Semua murid yang ada di kelas akan berkunjung ke perpustakaan untuk membaca dan dilakukan sesuai jadwal secara bergiliran. Banyak manfaat dari hal sederhana ini, dengan memperkenalkan perpustakaan kepada murid mempunyai dampak yang positif yaitu dapat memberikan motivasi, memberikan semangat dan dukungan kepada murid untuk mulai mencintai kegiatan literasi. Hal ini juga membiasakan murid untuk menggunakan fasilitas perpustakaan dalam mendukung pembelajaran.

Selain kegiatan Selasa Membaca, terdapat juga kegiatan Rabu Menulis. Kegiatan ini dilaksanakan pada setiap hari rabu jam ke-0 yaitu jam 07.00 sampai 07.40 WIB dengan pendampingan oleh bapak/ibu guru di kelas masing-masing. Setiap murid menulis topik yang telah ditentukan oleh Tim Literasi Sekolah pada satu lembar kertas HVS berwarna. Hasil kegiatan Rabu Menulis ini dikumpulkan di perpustakaan dan ditempatkan pada sebuah map masing-masing kelasnya. Secara berkala hasil dari kegiatan ini dianalisis oleh murid yang mengikuti ekstrakurikuler jurnalistik beserta Tim Jurnalistik sekolah. Karya tulisan murid yang layak baca akan ditampilkan pada mading literasi yang ada di lingkungan sekolah dan juga akan dimuat di majalah sekolah “SNEBA News Bermata Hati”. Semua guru juga diminta menulis dalam majalah sekolah. Hal ini akan memberikan teladan bagi semua murid. Banyak manfaat dari kegiatan ini yaitu membiasakan murid untuk berpikir kritis dan menuangkannya dalam bentuk tulisan. Dengan pembiasaan seperti ini murid diarahkan untuk dapat terbiasa menuliskan semua ide yang ada dalam pikiran mereka tanpa rasa takut untuk salah atau rasa minder.

Pembiasaan-pembiasaan baik terus dilakukan oleh SMP Negeri 06 Batu dalam membangun karakter yang baik bagi semua warga sekolah. Kolaborasi dan kerjasama dilakukan oleh semua pihak, baik dari warga sekolah, orang tua/wali murid, masyarakat, para pemangku kepentingan, dan pihak-pihak terkait lainnya sangatlah dibutuhkan dalam mewujudkan ekosistem yang baik untuk kemajuan pendidikan. Semoga kami dapat terus semangat dalam membumikan literasi demi mewujudkan generasi literat untuk Indonesia maju.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post