Desy Indriyani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Mendulang Prestasi dengan Menulis

Mendulang Prestasi dengan Menulis

Menulis adalah hal yang baru bagi saya. Saya tidak pernah menyangka akan menerbitkan sebuah buku solo pertama saya. Jauh dari angan-angan saya sebelumnya. Rasanya tidak mungkin saya dapat menulis sebuah buku karya saya sendiri. Tetapi hal itu berubah menjadi nyata sejak saya mengikuti Pelatihan Menulis SAGUSABU BATU di tahun 2019 lalu. Pemateri dari pelatihan tersebut adalah tim MediaGuru Surabaya.

Sejak mengikuti pelatihan menulis tersebut saya mulai senang dengan dunia tulis menulis. Pematerinya sungguh luar biasa dapat meyakinkan saya untuk dapat menulis sebuah buku. Alhamdulillah di Bulan Desember 2019 saya dapat menyelesaikan naskah buku pertama saya. Saya sangat bersyukur dan hal ini di luar dugaan saya, sungguh sangat luar biasa. Sejak saat itu, saya rutin untuk mengikuti lomba menulis setiap bulannya yang diadakan oleh MediaGuru melalui blog Gurusiana. Untuk pertama kalinya saya ikut lomba menulis dan alhamdulillah saya menjadi salah satu pemenang lomba tersebut. Tahap demi tahap saya lalui dan saya terus mencoba untuk menulis dan mengikuti lomba. Niat yang mendasari saya ikut lomba tersebut yaitu saya ingin berbagi praktik baik atas program-program yang telah dilaksanakan di sekolah saya. Alhamdulillah dengan mengikuti lomba menulis tersebut dan menjadi salah satu pemenang lomba memberikan manfaat yang sangat luar biasa, tidak hanya kepada saya secara personal tetapi juga kepada instansi saya.

Manfaat yang pertama yaitu ketika saya diberi tugas tambahan menjadi kepala perpustakaan dan harus mengambil sebuah keputusan penting untuk mengikuti akreditasi perpustakaan di tahun 2021. Ada satu poin penting di dalam borang akreditasi perpustakaaan tersebut yaitu pada komponen penguat. Di dalam komponen tersebut saya melampirkan prestasi siswa dalam berbagai lomba dan juga prestasi saya sebagai kepala perpustakaan. Saya melampirkan sertifikat pemenang lomba menulis yang diadakan MediaGuru melalui blog Gurusiana. Hal ini sungguh sangat luar biasa dan memberi dampak yang sangat signifikan kepada nilai perpustakaan sekolah. Ada nilai tambahan poin untuk komponen penguat ini atas prestasi menulis. Dia akhir penilaian, alhamdulillah hasil akreditasi perpustakaan sekolah kami mendapatkan nilai akreditasi A.

Manfaat yang tidak kalah pentingnya lagi ketika saya mendaftar menjadi calon guru penggerak. Di tahap administrasi saya menuliskan pengalaman saya yang berhubungan dengan literasi. Saya memaparkan tentang pengalaman saya menulis buku solo dan juga menjadi salah satu pemenang lomba menulis di MediaGuru. Alhamdulilah saat itu saya lolos untuk tahap selanjutnya yaitu simulasi mengajar dan menuju tahap akhir yaitu wawancara. Di tahap wawancara, saya menceritakan pengalaman saya kepada asesor tentang menulis buku dan alhamdulillh di akhir pengumuman, saya lolos menjadi peserta pendidikan calon guru penggerak. Sungguh luar biasa manfaat dari menulis ini.

Manfaat ketiga yaitu saya mendapat penghargaan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu pada bulan Agustus lalu. Saya menerima penghargaan karena saya dengan tertib menyerahkan hasil cetak buku saya kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu dan juga telah ikut berperan aktif untuk memenuhi kewajiban dalam melaksanakan UU No. 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam (SSKCKR). Ada satu hal surprise dari kegiatan menulis yang saya lakukan yaitu saat acara workshop sekolah, guru Bahasa Inggris senior saya memberikan hadiah kepada saya sebuah kamus Collin Cobuild Advanced Dictionary of English. Beliau berpesan kepada saya untuk terus mengembangkan kemampuan dan meminta bimbingan kepada Allah SWT. Saya sangat terharu dan bismillah semoga saya mampu melaksanakannya. Aamin.

Manfaat yang sangat luar biasa lainnya yaitu ketika sekolah saya menerima kunjungan visitasi akreditasi sekolah secara daring di akhir Bulan Agustus lalu. Ada sesi wawancara khusus untuk kepala perpustakaan sekolah. Saat itu hal yang pertama kali saya paparkan adalah hasil nilai akreditasi perpustakaan sekolah yaitu A. Selanjutnya, saya memaparkan prestasi yang dicapai oleh perpustakaan sekolah yaitu salah satunya saya menunjukkan sertifikat hasil lomba menulis yang saya dapat sejak tahun 2019 lalu. Saya menjelaskan satu per satu sertifikat hasil lomba tersebut beserta tema yang ditulis dan juga tentang majalah sekolah. Di tahap terakhir saya juga memaparkan keunikan perpustakaan sekolah. Alhamdulillah asesor sangat surprise dan kagum atas pemaparan saya. Saya merasa sangat bahagia karena dapat membantu pihak sekolah dalam visitasi akreditasi daring ini. Semua bapak ibu guru dan teman sejawat tertegun melihat hal yang saya paparkan kepada asesor dan di akhir sesi wawancara, semua merasa bahagia dan memberikan tepuk tangan. Sungguh hal ini di luar prediksi saya atas tanggapan asesor dan rekan guru lainnya terhadap semua pemaparan saya tersebut.

Alhamdulillah, menulis sangat memberikan manfaat yang sangat luar biasa kepada saya dan sekolah saya. Terima kasih MediaGuru telah mengenalkan saya kepada serunya dunia literasi ini. Semoga saya mampu untuk terus konsisten menulis dan berbagi praktik baik kepada masyakat pada umumnya. Aaamin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sukses selalu, Bunda. Salam literasi

07 Sep
Balas

Luar biasa terus semangat berprestasi

07 Sep
Balas



search

New Post