Devia Rosa

Istri dari suami yang sholih dan ibu dari 4 kupu-kupu di surga...

Selengkapnya
Navigasi Web

Bimtek Asessment Nasional

Bimtek Asessment Nasional

Pelaksanaan Bimtek AKM dari Kementrian Pendidikan dilaksanakan secara daring. Pilihan waktu disesuaikan dengan waktu kesiapan guru.

Assessment Kompetensi Nasional dilakukan untuk memetakan mutu pendidikan di Indonesia. Bukan sebagai pengganti ujian nasional dan tidak menentukan kelulusan siswa.

Asessment Kompetensi nasional berupa asessment kompetensi minimal, survey karakter, dan survey lingkungan belajar. Pesertanya adalah seluruh satuan pendidikan. Siswa sebagai peserta AKM dipilih secara random oleh Pemerintah. Ditentukan hanya untuk siswa kelas 5, 8, dan 11 saja. Kepala sekolah dan guru sebagai peserta survey lingkungan belajar.

Asessment Kompetensi Minimum menguji kompetensi literasi membaca dan numerasi. Survey karakter untuk melihat profil pemuda pancasila pada siswa.

Hasil AN tidak memberikan skor pribadi siswa tetapi informasi untuk memperbaiki strategi pembelajaran di sekolah. Tidak diperlukan bantuan bimbingan belajar (bimbel) atau kiat khusus agar bisa menjawab soal AKM. Perlu dilakukan adalah AKM kelas. Mengubah paradigma belajar untuk nilai bagus menjadi belajar adalah kenikmatan. Kenikmatan instrinsik ketika bisa memahami suatu masalah dan menyelesaikannya serta mengaplikasikan dalam kehidupan

Semoga Asessment Nasional ini tidak membuat guru dan siswa menjadi stress. Semangat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Bersama kita bisa!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post