Devi Setriani

GURU BIOLOGI DI SMAN 19 BUNGO, PROVINSI JAMBI...

Selengkapnya
Navigasi Web
 LK 3.1 MENYUSUN BEST PRACTICE
EKOSISTEM

LK 3.1 MENYUSUN BEST PRACTICE

Lokasi

SMAN 19 Bungo, Provinsi Jambi

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Atas, Kelas X MIPA

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi ekosistem sub materi Interaksi antar komponen ekosistem

Penulis

Devi Setriani, S.Pd

Tanggal

12 Januari 2023

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:

v  Siswa tidak aktif dalam pembelajaran Biologi, dikarenakan :

·         Pembelajaran masih berpusat pada guru/ masih menggunakan model ceramah sehingga interaksi antara guru dengan siswa kurang.

·         Guru tidak terbiasa menggunakan atau memanfaatkan TPACK di dalam pembelajaran

·         Media pembelajaran yang digunakan guru tidak menarik

Praktik pembelajaran ini sangat penting untuk dibagikan karena:

a.    Praktik pembelajaran ini memotivasi saya untuk menerapkan desain pembelajaran inovatif di setiap kegiatan pembelajaran agar siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran

b.    Agar semua pendidik diharapkan termotivasi untuk menerapkan atau menggunakan model pembelajaran inovatif sesuai dengan tuntutan zaman.

Adapun peran saya sebagai guru dalam praktik pembelajaran ini adalah mengidentifikasi permasalahan yang terjadi pada saat proses pembelajaran dan bertanggung jawab menemukan solusi dari permasalahan tersebut sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

Tantangan yang dihadapi guru untuk mencapai tujuan pembelajaran antara lain:

a.    Pemilihan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan materi ajar dan  dapat meningkatkan keaktifan siswa.

b.    Pemilihan metode pembelajaran yang bervariasi agar pembelajaran tidak membosankan dan siswa antusias dalam pembelajaran

c.    Pemilihan media pembelajaran yang inovatif yang mampu menarik minat siswa dalam proses pembelajaran.

d.   Memaksimalkan penggunaan smarthpone siswa dalam proses pembelajaran

e.    Membangun interaksi secara aktif antara siswa dengan guru agar pembelajaran menyenangkan

Subjek yang terlibat dalam pembelajaran adalah:

a.    Siswa sebagai sentral dalam proses pembelajaran

b.    Guru sebagai fasilitator

c.    Rekan TU sebagai Juru kamera

d.   Dosen pembimbing dan guru pamong sebagai pembimbing dalam kegiatan PPL

e.    Kepala sekolah, Wakil kurikulum dan teman sejawat yang membantu terlaksananya kegiatan ini.

 

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

Langkah – langkah yang dilakukan dalam aksi praktik baik ini adalah :

1.      PERSIAPAN,

a.       Memilih model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran yaitu model pembelajaran Problem Based Learning. 

b.      Memilih metode diskusi, tanya jawab,dan presentasi

c.       Menentukan media pembelajaran yang variatif yaitu gambar dan PPT

d.      Menyusun perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL. Perangkat pembelajaran yang harus disiapkan adalah : RPP,bahan ajar,media pembelajaran,LKPD,Kisi – kisi soal dan soal (HOTS),Instrumen penilaian Sikap dan Psikomotorik

2.      PELAKSANAAN,

Melaksanakan langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan perangkat pembelajaran yang telah disusun, yaitu :

KEGIATAN PENDAHULUAN    

Guru mengucapkan salam,berdoa bersama siswa,bertanya keadaan siswa dan mengabsen siswa.Guru melakukan kegitan appersepsi dan motivasi tentang materi pembelajaran serta mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada proses pembelajaran menggunakan PPT.

KEGIATAN INTI

1.      Orientasi siswa terhadap masalah

Guru memberikan beberapa gambar untuk membuat siswa fokus kepada pembelajaran dan meminta siswa menganalisis tentang apa yang mereka fikirkan terhadap gambar yang ditampilkan.

2.      Mengorganisasikan siswa

Guru mengorganisasikan siswa ke dalam 4 kelompok belajar secara heterogen (4 orang siswa setiap kelompok) dan setiap kelompok memilih masalah yang akan mereka cari solusinya berdasarkan masalah yang sudah dijabarkan sebelumnya. Setiap kelompok mengemukakan solusi  permasalahan yang mereka dapatkan melalui LKS yang diberikan guru.

3.      Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

Guru membimbing siswa dalam memecahkan masalah sesuai dengan solusi alternatif yang mereka temukan dan menuangkan di dalam LKS dengan runtut. Guru meminta siswa mencari kajian literatur yang sesuai dengan solusi permasalahan yang mereka pilih bisa melalui google ataupun buku pelajaran biologi.

4.      Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Guru meminta perwakilan kelompok untuk  mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan mempersilahkan kelompok lain untuk bertanya kepada kelompok yang sedang melakukan presentasi.

5.      Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Guru membantu siswa melakukan refleksi terhadap hasil pemecahan masalah dari rumusan masalah yang telah dibuat dengan memberi masukan kepada kelompok untuk memperbaiki kekurangan dari laporannya.

KEGIATAN PENUTUP

Guru meminta siswa untuk mengerjakan kuis di google form menggunakan link yang telah di kirim pada grup kelas.

Guru meminta siswa mengakses mentimeter untuk mengetahui bagaimana perasaan mereka setelah mempelajari materi.

Guru mengingatkan siswa untuk mempelajari materi selanjutnya di rumah dan kegiatan pembelajaran di tutup dengan salam.

Sumber Daya / Materi Yang Diperlukan Dalam Kegiatan ini :

Buku pelajaran

Laptop

Proyektor

Smartphone

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang telah dilakukan adalah :  

Model pembelajaran PBL merupakan hal yang sangat baru bagi siswa di tempat saya mengajar karena selam ini saya selaku guru sangat jarang menggunkan model pembelajaran yang inovatif dengan Penerapan model pembelajaran PBL ini membuat pembelajaran berpusat pada siswa sehingga meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Siswa juga dituntut menganalisis dan berfikir kritis  untuk mencari solusi dari permasalahan yang ditemukan. Dampak posistif lainnya yang saya temukan siswa sudah mulai terbiasa tampil melakukan presentasi kelompok dan juga berpengaruh kepada hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dibuktikan melalui hasil evaluasi pembelajaran yang dilakukan pada Gform.

Respon siswa dalam pembelajaran sangat baik. Siswa sangat antusias dalam pembelajaran, sebab semua anggota kelompok berpartisipasi dalam mencari solusi pemecahan masalah. Pada saat melakukan refleksi pembelajaran melalui aplikasi menti meter 90% siswa mengerti materi yang telah dipelajari.

Faktor keberhasilan pembelajaran sangat ditentukan oleh kompetens guru baik pada saat proses pembelajaran maupun penyusunan perangkat pembelajaran yang harus  tepat pemilihan model pembelajaran,metode pembelajaran dan media pembelajaran yang akan diterapkan sehingga proses pembelajaran menyenangkan bagi siswa.

Dari beberapa uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inovatif dapat tercipta apabila model,metode dan media pembelajaran yang ditentukan tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post