Devi Sulastri

MAN I KOTA PAYAKUMBUH...

Selengkapnya
Navigasi Web
PUPUK ORGANIK  CAIR (POC) (Tantangan Gurusiana Hari ke 146)

PUPUK ORGANIK CAIR (POC) (Tantangan Gurusiana Hari ke 146)

Siang tadi dapat kiriman vidio dari seorang kenalan, Ustadz Satria dari Specta Indonesia. Dalam vidio yang berdurasi kurang lebih 11 menit tersebut ustadz Satria berbagi ilmu cara membuat pupuk organik cair yang diramu dari tanaman-tanaman yang berada di lingkungan sekitar kita.

Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah :

1. Tanaman Tithonia diversifolia atau kipait, yaitu tanaman yang berbentuk seperti bunga matahari yang kelopaknya berwarna kuning dan inti bunga berwarna jingga. Tanaman ini banyak ditemukan tumbuh liar di sekitar kita.

2. Gula aren (enau) yang berfungsi untuk mengaktifkan organisme yang ada pada EM4

3. EM4, yang mengandung sumber hara

4. Air cucian beras

Daun Tithonia diversifolia dicincang halus, dimasukan kedalam ember yang berisi air yang sudah dicampur dengan air cucian beras, gula aren dan EM4, diaduk, ditutup dan dibiarkan beberapa hari atau sekitar satu minggu, untuk proses fermentasi. Sehingga microorganisme yang bermanfaat bagi tumbuhan dapat berkembang dengan baik. Setelah satu minggu pupuk siap untuk digunakan.

Pupuk cair ini bisa kita gunakan untuk tanaman jenis palawija yang kita tanam di pekarangan rumah, ataupun di kebun. Bagi teman-teman yang ingin menonton vidionya, silahkan di buka link berikut ini : https://youtu.be/ozX75K1-Fx0 .

Terima kasih Ustadz Satria, sudah berbagi ilmunya, semoga juga bermanfaat bagi teman-teman semua.

#Payakumbuh,06072020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih infonya Buk Devi

07 Jul
Balas

Ass buk kep pupuk untuk rambuik lai bisa tu mantul

07 Jul
Balas



search

New Post