Dewi Erawati Pomalingo

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Lomba Menulis Gurusiana Media Guru Juni 2022

Lomba Menulis Gurusiana Media Guru Juni 2022

LOMBA MENULIS GURU SIANA PERIODE JUNI

(REFRESHING UNTUK HEALING)

STRES? KE DANAU TAMBING SOLUSINYA

Sebagai manusia kita selalu beraktivitas. Rutinitas yang dilakukan sehari-hari sangat beragam. Kegiatan yang dilakukan seperti bekerja di rumah, sekolah, pasar,kebun, sawah, laut, dan lain-lain sangat menguras tenaga dan pikiran. Hal itu menyebabkan kita mengalami kelelahan, kejenuhan, bosan, penat bahkan stress. Bila hal itu terjadi pada diri kita seharusnya melakukan refreshing untuk healing.

Refreshing adalah hiburan yang dibutuhkan untuk melepaskan kepenatan hidup. Refreshing merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyegarkan tubuh dan pikiran.

Kita selalu belajar atau bekerja secara terus-menerus tanpa memikirkan bahwa otak dan organ-organ tubuh butuh istirahat dan penyegaran.Terus menerus mengerjakan tugas atau mengerjakan suatu hal tanpa istirahat akan membuat kesehatan kita terganggu. Seharusnya pikiran dan tubuh perlu kita jaga dan pelihara agar bisa awet dan berfungsi dengan baik sesuai yang kita harapkan. Pikiran dan tubuh kita akan cepat aus karena kita paksa terus menerus tanpa henti untuk bekerja. Dengan melakukan refreshing dapat menurunkan risiko terkena penyakit.

Orang yang melakukan refreshing dapat merangsang kreatifitas, dapat berinspirasi atau menggali ide-ide cemerlang yang dapat dikembangkan menjadi sebuah karya. Yang paling utama, dengan refreshing akan lebih berumur panjang dan semakin sehat.

Refreshing sebenarnya untuk healing. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti healing adalah menyembuhkan. Jadi healing berarti suatu proses menyembuhkan diri sendiri akibat luka batin. Proses untuk healing hanya dapat dilakukan oleh diri kita sendiri agar kita bisa memulihkan diri untuk bangkit dari penderitaan, kelelahan, kejenuhan atau stres yang dialami.

Cara menerapkan healing adalah berdamai dengan diri sendiri atau tidak menyalahkan diri sendiri atas keadaan yang terjadi dengan melakukan sesuatu yang kita sukai sehingga dapat memperoleh perasaan bahagia, kita berhenti sejenak dalam rutinitas sehari-hari. Kita boleh memilih pergi menghabiskan waktu untuk menghibur diri.

Sekarang, pertanyaannya adalah, “Kemana kita bagus melakukan refresing untuk healing? Kemana kita bisa menghibur diri agar stres kita hilang?” Jawabannya sangatlah simple. Tentu mengunjungi tempat wisata yang menurut kita baik, sejuk, asri, dan nyaman. Di manakah pilihan terbaik?Ke Danau Tambing itulah jawabannya.

Danau Tambing merupakan destinasi wisata menarik yang terletak di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Poso, Kecamatan Lore Utara, Desa Sedoa. Danau Tambing cukup unik. Mengapa dikatakan unik? Sebab danau itu berada di ketinggian 1.700 meter dari atas permukaan laut dengan suhu dingin, terutama di malam hari. Saat siang hari udaranya sangatlah sejuk.

Objek wisata Danau Tambing ini dikelola oleh Balai Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL). Dari Palu, ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah, objek wisata tersebut dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat selama tiga jam. Jalan menuju objek ke Danau Tambing terbilang sudah memadai karena sudah beraspal.

Kegiatan wisata yang biasa dilakukan para pengunjung di Danau Tambing ,seperti outbond, trakking, memancing, berkemah, mendaki gunung, dan menikmati dinginnya malam tanpa menggunakan kipas angin atau AC, sejuknya udara di pagi atau sore hari sambil mendengarkan suara berbagai jenis burung yang beterbangan dari satu pohon ke pohon lainnya. Kita juga dapat melihat kupu-kupu yang berwarna-warni nan elok, berbagai anggrek yang juga nampak indah membuat mata pengunjung semakin berbinar.

Fasilitas yang tersedia di Danau Tambing adalah MCK, areal berkemping sekaligus dengan tendanya, alat pengamat satwa khususnya burung, penerangan listrik, air bersih, sarana ibadah, pos pengawasan, tower sebagai sarana komunikasi yang bekerja sama dengan telkomsel, sehingga sekalipun berada di tengah hutan lindung tetap bisa menikmati jaringan internet atau dapat berkomunikasi dengan sanak saudara atau teman-teman, dapat melakukan siaran langsung dari kegiatan yang dilakukan. Dapat langsung mengeshare atau memosting kegiatan di tengah indahnya alam.

Dengan melakukan refreshing untuk healing di tempat wisata seperti ini tentu kita bisa menikmati sejuknya udara tanpa polusi, tanpa kebisingan, indahnya pemandangan alam, leyeh-leyeh di dalam tenda sambil memutar vidio dari kegiatan-kegiatan yang terekam. Kita bisa melupakan semua rasa ketidaknyamanan menjadi hal yang mengasyikkan seakan hidup ini terasa lebih bermakna. Kita dapat menulis puisi, cerpen. Cerber, dsb.

Wow, bisa dibayangkan, bagaimana kita bisa mengobati luka batin kita yang berhari-hari atau setiap saat melakukan rutinitas yang padat, yang menguras otak dan pikiran kita jika berada di tempat itu? Seketika rasa jenuh, bosan, penat, bahkan stress akan hilang. Kita akan merasakan fres atau segar kembali dan kita dapat melakukan kegiatan yang harus kita hadapi di hari-hari selanjutnya.

Agar tidak penasaran berkunjunglah ke Danau Tambing, di sana kita akan merasa tenang, stress akan hilang berganti dengan kebahagiaan dan kenyamanan. Di sana kita akan semakin meningkatkan rasa syukur kita pada Allah SWT, karena telah menciptakan alam seindah Danau Tambing..

PROFIL PENULIS

Dewi Erawati Pomalingo adalah seorang guru SMP Negeri 1 Lore Utara, Kabupaten Poso yang lahir pada tanggal 27 Oktober 1971. Memiliki Putra 2 orang. Menyelesaikan study di Universitas Tadulako, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia pada Tahun 1996.

Dapat diikuti jejaknya di media sosial dengan nama FB dan IG Dewipomalingo dan email [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post