Dewi Erawati Pomalingo

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

LOMBA MENULIS GURUSIANA MEDIAGURU OKTOBER 2022

INOVASI DALAM MENGEMBANGKAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Oleh : Dewi Erawati Pomalingo, S. Pd.

Instansi : SMP Negeri 1 Lore Utara Kabupaten Poso

Perpustakaan sekolah merupakan jantungnya sekolah. Perpustakaan sekolah juga menjadi barometer dari maju atau mundurnya sebuah sekolah. Kondisi perpustakaan yang dimiliki sekolah menentukan sekolah itu baik atau tidak. Sebab perpustakaan berperan penting dalam peradaban sekolah itu sendiri. Artinya perpustakaan berkontribusi besar dalam membangun peradaban.

Sangat disayangkan jika ruang perpustakaan sekolah tidak memadai dan pengelolaannya tidak maksimal. Kondisi dan pengelolaan perpustakaan sekolah yang amburadul sudah pasti menyebabkan gairah literasi sekolah akan macet atau tidak berjalan dengan baik. Sebaliknya, jika perpustakaan sekolah kondisinya baik serta dikelola secara maksimal akan berpengaruh besar terhadap minat baca warga sekolah dan fungsi perpustakaan sekolah tepat sasaran.

Di daerah tempat tugas penulis, perpustakaan sekolah rata-rata belum memadai, baik dari sisi bangunan maupun bahan bacaan. Ruang perpustakaannya sangat kecil. Buku-buku yang tersedia sangatlah terbatas. Bahan bacaan, jenis fiksi maupun nonfiksi sangatlah minim bahkan tidak ada. Ketersediaan buku di perpustakaan sekolah kebanyakan berupa buku paket setiap mata pelajaran, sedangkan buku yang diminati siswa adalah buku fiksi, seperti novel, cerpen, cerber, roman, komik, dan sebagainya. Karena tidakadanya buku yang mereka sukai di perpustakaan sekolah, mereka enggan untuk masuk membaca buku di perpustakaan.

Siswa ke perpustakaan hanya menanyakan majalah, koran atau cerita-cerita rakyat setempat. Namun sayang, koleksi seperti itu tidak tersedia di perpustakaan sekolah kami, sehingga siswa kurang berminat untuk masuk di perpustakaan, kecualli guru mata pelajaran memberikan tugas dan harus mencari bahan ajarnya diperpustakaan.

Memerhatikan kondisi tersebut, penulis sebagai guru dan kepala sekolah berupaya semaksimal mungkin mengembangkan perpustakaan agar dapat berfungsi dengan baik. Memberikan pemahaman dan edukasi yang baik kepada warga sekolah tentang pentingnya mengedepankan literasi, karena literasi sebagai pondasi menuju peradaban bangsa. Menggaungkan slogan-slogan tentang gemar membaca juga dilakukan.

Upaya-upaya lain yang dilakukan sebagai berikut:

a. Menyampaikan kepada dinas terkait untuk membangun atau merenovasi ruang perpustakaan agar memadai.

b. Menambah koleksi bahan pustaka, baik jenis fiksi maupun nonfiksi dengan menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS);

c. Membenahi perpustakaan agar pengunjung merasa nyaman dan betah berada di perpustakaan;

d. Mengumpulkan/meminta majalah bekas, koran dari para orang tua siswa maupun masyarakat umum;

e. Bekerjasama dengan stake holder untuk memperoleh buku atau bahan pustaka dari sisi varian bahan naskah nusantara khususnya yang berhubungan dengan sejarah dari wilayah setempat atau cerita-cerita rakyatnya;

f. Memotivasi dan mengapresiasi siswa untuk rajin berkunjung ke perpustakaan.

Kehadiran mereka dinilai berdasarkan daftar pengunjung dan daftar peminjaman buku Ttiga bulan satu kali kepala sekolah meminta data dari pengelola perpustakaan. Siswa yang prosentasenya paling tinggi diberi apresiasi pada saat upacara bendera. Dengan demikian, siswa termotivasi untuk mengunjungi perpustakaan pada jam istrahat atau jam di mana guru mata pelajaran tidak hadir karena berhalangan;

g. Memajang hasil karya siswa, seperti puisi, gambar, untuk memotivasi siswa lain agar berkarya sehingga karya mereka juga bisa dipajang di perpustakaan dan bisa dinikmati pengunjung atau siswa lainnya;

h. Membuat jadwal kunjung setiap kelas setiap dua minggu sekali di luar jam istirahat atau hari-hari tertentu;

i. Meminta keikhlasan kepada para alumni yang baru dinyatakan lulus untuk menyumbangkan sebuah buku jenis apa saja dan dimasukkan menjadi bahan pustaka di perpustakaan sekolah.

Satu hal yang paling penulis syukuri, setelah memiliki buku solo dan buku antologi, penulis berusaha mengajak siswa dan dewan guru untuk menulis. Buku tersebut diletakkan di perpustakaan dan diperpinjamkan kepada warga sekolah. Ternyata buku karya gurunya yang paling mereka gandrungi. Sayang sekali, buku tersebut hanya satu buah setiap judulnya. Hal ini sudah membuktikan adanya peningkatan gairah literasi sekolah tersebut mulai positif dan pengunjung semakin meningkat dan menghasilkan sesuatu yang memberikan kebermanfaatan.

Demikian hal yang dilakukan sebagai inovasi untuk memotivasi dalam membangun peradaban melalui pengembangan perpustakaan sekolah. Semoga siswa dan dewan guru lebih intensif memanfaatkan perpustakaan untuk berliterasi.

PROFIL PENULIS

Dewi Erawati Pomalingo adalah seorang guru SMP Negeri 1 Lore Utara, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, yang lahir pada tanggal 27 Oktober 1971. Memiliki Putra 2 orang. Menyelesaikan study di Universitas Tadulako, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia pada Tahun 1996.

Dapat diikuti jejaknya di media sosial dengan nama FB dan IG Dewipomalingo. email [email protected] WA 0822 3736 6658.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren banget, sukses selalu. Untuk Ibu

29 Dec
Balas

Keren ulasannya bun

21 Oct
Balas

Mantap semoga nominasi lomba ya

09 Oct
Balas

Keren bu Erawati ulasannya salam kenal ijin follow dan follow back ya terima kasih

16 Oct
Balas

Mantap ulasannya. Semoga lolos lomba bulan ini ya Bun.

11 Oct
Balas

Aamiin. Terima kasih ibu Andi Alnillah

09 Oct
Balas

Mantap, Bu. Ibu guru yang luar biasa. Semoga perpustakaannya di sekolah semakin maju.

12 Oct
Balas

Mantap, Bu. Ibu guru yang luar biasa. Semoga perpustakaannya di sekolah semakin maju.

12 Oct
Balas



search

New Post