Dewi Erawati Pomalingo

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

LOMBA MENULIS JANUARI 2023

RESOLUSI 2023

Oleh: Dewi Erawati Pomalingo

Tahun 2022 baru saja berlalu. Ada suka ada duka, ada kisah sedih dan ada pula kisah yang menggembirakan. Itulah warna-warni hidup ini. Begitu pula di dunia pekerjaan. Sebagai seorang pendidik yang sudah mengabdikan diri kepada nusa dan bangsa, tentunya memiliki target dalam menjalankan tugas. Dari sekian yang telah ditargetkan, ada yang sudah tercapai dan ada pula yang sama sekali belum terealisasi.

Beberapa hal yang sudah dicapai dari yang sudah ditargetkan tidak lagi menjadi beban pikiran, tinggal konsisten untuk mempertahankan dan meningkatkannya. Nah, bagaimana dengan target yang belum terealisasi? Tentu kita harus menetapkan resolusi dan berjuang untuk mewujudkannya.

Menurut KBBI, kata resolusi berarti suatu putusan atau kebulatan tekad pendapat yang berupa permintaan ataupun tuntutan. Resolusi juga bisa diartikan sebagai pernyataan tertulis yang berisi tuntutan tentang suatu hal. Resolusi menjadi acuan atau pedoman dalam memperbaiki kualitas diri, Resolusi menjadi pintu gerbang untuk memulai lembaran baru dalam hidup kita.

Jika ditanya apakah resolusi di tahun 2023? Tentu jawabannya adalah ‘lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya di semua segi’. Manusiawilah, tidak mungkin hanya berjalan di tempat saja apalagi berjalan mundur. Semua orang pasti ingin lebih maju dan lebih berkarya.

Di tahun 2022, saya mulai bergabung dengan Media Guru Indonesia. Saat itu diawali dengan mengikuti webinar tentang menulis daring. Kegiatan tersebut hanya melalui zoom meeting selama tiga kali, dan didampingi secara online satu bulan. Dalam kegiatan tersebut , jika ada tugas saya memilih jenis fiksi, dan beberapa orang peserta memilih jenis nonfiksi. Alhasil, saya mampu menulis dua buah buku fiksi solo, lima buah buku antologi romansa, dan selama enam bulan menang dalam lomba menulis, dan bisa mengikutsertakan satu orang siswa dalam lomba menulis(menjadi pemenang dua kali). Berdasar hasil yang dicapai, saya tidak berhenti sampai di situ, tetapi saya terus belajar belajar dan belajar. Kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan menulis pun diikuti secara daring.

Refleksi diri secara keseluruhan di akhir tahun 2022 adalah mengevaluasi sejauh mana target yang tercapai dan yang belum. Tahun 2022 menjadi spirit buat saya untuk lebih berkarya di tahun 2023. Oleh sebab itu, resolusi di tahun 2023 ini adalah sebagai berikut:

1. Lebih Dekat pada Allah swt

Mendekatkan diri kepada Allah swt adalah wajib. Jika tahun kemarin ada kalanya masih meninggalkan perintah-Nya, sebutlah; salat wajibnya masih ada yang bolong atau cenderung melaksanaknya tetapi tidak tepat waktu karena berpikir waktunya masih panjang. Satu niat di tahun ini adalah lebih dekat pada Allah dengan melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Bukan hanya sekadar salat, tetapi sedekah dan kewajiban-kewajiban lain yang menjadi kewajiban s sebagai hamba Allah, dan tentunya lebih bermanfaat bagi sesama.

2. Lebih Mengutamakan dan Memerhatikan Keluarga

Tahun-tahun sebelumnya saya kurang mengutamakan dan memerhatikan keluarga. Bersua dengan keluarga yang berpisah jauh tempat domisili hanya saat liburan saja. Intens untuk bertemu mereka sangatlah kurang. Saling menghubungi lewat telepon pun susah karena jaringan di tempat tugas kurang bersahabat. Maklumlah tempat tugasnya di daerah pedesaan. Usaha yang akan dilakukan adalah mengatur waktu untuk bisa menjenguk mereka.

3. Sukses dalam Melaksanakan Tugas

Sebagai seorang guru, tentu mengemban tugas untuk mengajar, mendidik dan melatih siswa. Di tahun 2023 ini saya akan berusaha untuk lebih berinovasi dan memberikan aksi nyata. Mendidik ke arah yang lebih baik dan mampu mengarahkan siswa untuk berkarakter atau berbudi pekerti luhur. Hal ini perlu terlebih dahulu diberikan teladan kepada mereka. Inovasi-inovasi yang dikembangkan pembelajaran harus lebih bermakna dengan menerapkan merdeka belajar. Pastinya harus lebih meningkatkat kemampuan kerja sesuai tugas pokok dan fungsi.

4. Menulis Empat buah Buku Solo dan Buku Antologi serta Mengikuti Lomba-Lomba Menulis

Bertekad untuk terus menulis, menulis dan menulis, terus berkarya, berkarya dan berkarya. Mampu menghasilkan karya buku fiksi atau nonfiksi sebanyak empat buah(satu triwulan satu buah), buku antologi lebih banyak, mampu menularkan virus literasi pada siswa sehingga mereka mampu menulis sesuai dengan minat dan bakat mereka. Mengikuti dan mengajak dan membimbing siswa untuk mengikuti lomba menulis di event-even lomba yang sering diadakan oleh Media Guru Indonesia atau lainnya. Virus literasi ini pun akan ditularkan kepada para pendidik yang ada di sekitar.

Demikianlah resolusi di tahun 2023. Terus berkarya sesuai bidang yang digeluti. Ingin lebih bermanfaat bagi orang lain, lebih percaya diri dalam berkarya.

Palu, 08 Januari 2023

PROFIL PENULIS

Dewi Erawati Pomalingo adalah seorang guru SMP Negeri 1 Lore Utara, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, yang lahir pada tanggal 27 Oktober 1971. Memiliki Putra 2 orang. Menyelesaikan study di Universitas Tadulako, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia pada Tahun 1996.

Dapat diikuti jejaknya di media sosial dengan nama FB dan IG Dewipomalingo. email [email protected] WA 0822 3736 6658.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow...baru setahun sudah berbuku solo, gak cuma satu pula, huwebat sekali, Bu. Sukses selalu, Bu. Inspiratif

12 Jan
Balas

Mantap Bunda. Salut dengan semangatnya.Teruslah menulis dan teruslah berkarya. Semoga lolos menjad pemenang. Salam kenal dari Jakarta. Salam literasi.

12 Jan
Balas



search

New Post