Dewi Erawati Pomalingo

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

LOMBA MENULIS SEPTEMBER

LOMBA MENULIS GURUSIANA SEPTEMBER

                             MENGEMBANGKAN LITERASI UNTUK BERKARYA

            Saya pernah beranggapan bahwa guru mata pelajaran cukup membaca dan menulis materi yang akan diajarkan saja, agar mampu mentransfer ilmu pengetahuan pada siswa sesuai bidang studi yang diampu. Ternyata anggapan itu keliru. Guru  harus mampu menjadi contoh bagi siswanya dalam pengembangan literasi, dan mampu berkarya.

            Motivasi belajar melalui literasi memang harus ditingkatkan agar dapat menghadapi tantangan dunia sosial modern. Pengaruh literasi juga menjadi salah satu hal yang dapat memengaruhi kemandirian dalam meraih prestasi. Salah satu contoh, Indah, anak loper koran yang lulus cum laude dari UGM, sejak kecil sering membaca berita, cerpen, novel yang dijajakan ayahnya. Ia kini viral dibahas di media sosial. Ia adalah seorang wanita yang berprestasi karena literasinya.

Siapa sih yang tak ingin berprestasi? Tentu jawabannya semua ingin berprestasi. Baik sebagai siswa, guru dan masyarakat pada umumnya.

            Menyadari hal itu, saya berusaha mencari informasi di media sosial tentang kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan literasi. Pada bulan April 2022, dari WAG diperoleh informasi bahwa ada pelatihan secara daring melalui zoom oleh Media Guru Indonesia (MGI). Berkesempatan bergabung dan mendulang ilmu dalam kegiatan itu sungguh luar biasa. Setelah tiga kali pertemuan, kami dibimbing oleh pemateri yang handal selama satu bulan.

            Memiliki buku karya sendiri adalah impianku. Berkat kemauan dan usaha, pada bulan Juni 2022 bisa melahirkan buku fiksi ( Novel berjudul Cakrawala Baru).  Termotivasi dengan hasil karya tersebut, saya merasa ketagihan untuk terus menulis. Saya yakin bahwa menulis akan membawa takdir baik.

Membaca buku untuk menambah wawasan dan pengetahuan, mencari inspirasi dari karya orang-orang hebat terus kulakukan. Tak ada jajan selain buku, buku, dan buku. Tidak memperhitungkan berapa harus merogoh kantong untuk mendapatkannya.

            Seiring berjalannya waktu, saya memberanikan diri untuk mengikuti lomba menulis yang diadakan oleh Media Guru Indonesia setiap bulannya. Hasilnya tidak pernah mengecewakan. Menjadi salah satu pemenang menjadi energi baru bagi diriku untuk terus menuliskan ide-ide yang lebih bernutrisi. 

            Berkomitmen untuk terus menulis dan mengembangkan literasi adalah tekadku. Mengasah kemampuan untuk menulis baik dalam bentuk fiksi maupun nonfiksi.  Kegiatan literasiku kian berkembang, walaupun belum sepesat teman-teman yang telah bergabung di MGI lebih awal.

Mengirim tulisan di Program Menulis Bareng Pemred, No Baper “Cinta Tanpa Tapi” pada bulan Agustus, saya diberi kesempatan lagi untuk bergabung di WAG. Buat saya itu merupakan suatu kehormatan. Menjadi momentum berharga untuk mengasah diri untuk mengembangkan literasi di bidang cerpen. Di WAG tersebut kita dapat melakukan sharing, berbagi cerita dan pengalaman serta dapat membaca, mengulas cerpen orang-orang terpilih.

Menulis bahan ajar khusus fiksi pun mulai kulakukan. Selama ini  menggunakan karya orang lain untuk menentukan unsur intrinsiknya, kini sudah menggunakan hasil goresan atau karya sendiri. Bangga rasanya, ketika karya kita yang dibahas oleh siswa yang  diajar. Dengan demikian siswa pun nampak termotivasi untuk mengembangkan literasinya agar berprestasi.

 

Banyak hal lagi yang akan saya tulis. Kisah tentang perjalanan hidup, dan masalah pendidikan di daerah tertinggal, serta hal-hal lain yang dapat diambil hikmahnya. Tekad untuk menjadi penulis hebat terus menggelora dalam diriku. Mengasah diri, berjuang menelorkan tulisan yang bermanfaat buat diri sendiri, siswa, dan khalayak. Semoga hal itu akan segera terealisasi. Mari mengembangkan literasi untuk mencapai prestasi.

 

 

 

PROFIL PENULIS

Dewi Erawati Pomalingo adalah seorang guru SMP Negeri 1 Lore Utara, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, yang lahir pada tanggal 27 Oktober 1971. Memiliki Putra 2 orang. Menyelesaikan study di Universitas Tadulako, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia pada Tahun 1996. Diangkat menjadi PNS pada tahun 1997.

Dapat diikuti jejaknya di media sosial dengan nama FB dan IG Dewipomalingo, WA 0822 3736 6658 dan email [email protected]

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ulasannya Bunda Dewi, semoga berhasil lolos yah

14 Sep
Balas

Mantap. Semoga lolos lomba bulan September ya. Saya sepertinya tak ikut kali ini.

11 Sep
Balas

Aamiin ya Allah.Trima kasih bu Nanik

12 Sep
Balas

Pasti hasil karya ibu akan merubah keadaan cepat atau lambat.

12 Oct
Balas



search

New Post