Dewi Fitrianti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Membentuk Budaya Positif melalui Kesepakatan Kelas

Membentuk Budaya Positif melalui Kesepakatan Kelas

Dewi Fitrianti, S. Pd. Si - CGP Angkatan 3, Kabupaten Karawang, SMPN 4 Klari

Salah satu penerapan budaya positif adalah mengubah peraturan di sekolah menjadi keyakinan kelas. Dan sebelum menyusun keyakinan kelas yang bersifat universal, perlu disusun kesepakatan kelas dengan rumusan kalimat positif. Untuk setiap kelas memiliki kesepakatan kelas dan keyakinan kelas berbeda-beda. Berikut ini adalah poster kesepakatan kelas untuk kelas mata pelajaran yang saya ampu.

Proses pembentukan budaya positif melalui kesepakatan kelas meliputi:

1. merupakan hasil diskusi dengan murid-murid di kelas

2. murid-murid menuliskan ide kesepakaran kelas pada kertas post it, lalu ditempel di papan tulis/ atau di dinding kelas dengan tujuan agar mudah terbaca oleh semua murid

3. Setelah itu, semua ide dikonfirmasi ulang kepada murid-murid agar murid mengalami proses dihargai pendapatnya oleh guru dan teman-temannya.

4. Setelah disepakati menjadi sebuah komitmen, maka tulisan di post it itu dikonversi ke dalam bentuk poster sederhana. Berikut ini beberapa revisi poster yang telah dilaksanakan, untuk pembaharuan setelah satu bulan berjalan dengan kesepakatan belajar di awal bulan saat CGP mulai mempelajari Budaya Positif

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Baik. Terima kasih. Izin follow bank ya

30 Nov
Balas

Luar biasa. Sangat menginspirasi. Izin meniru ide kesepakatan kelas membentuk budaya positif.

27 Nov
Balas

Terima Kasih

30 Nov

Terima Kasih

30 Nov

Mantap betul bunda. Sangat menginspirasi. Salam suskes buat bunda dewi. Ijin follow dan follow balik ya bun.

27 Nov
Balas

Terima kasih Ibu. Izin follow back ya..

30 Nov

Siap. Trimakasih

30 Nov



search

New Post