DEWI ISTIQAMAH

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Ketika Harus Memilih

Ketika Harus Memilih

Tagur Hari ke-97

Ketika Harus Memilih

Bagi seorang anak yang akan melanjutkan sekolah ketingkat yang lebih tinggi, sebaiknya terlebih dahulu berkonsultasi dengan orang tuanya dirumah tentang kelanjutan studinya. Namun hal ini seringkali diabaikan oleh orang tua. Bagi mereka, kalau anak mereka sudah diterima disebuah sekolah negeri, itu sudah melegakan orang tua.

Akibatnya, anak/siswa memilih sekolah berdasarkan apa yang mereka sukai, bahkan karena mengikuti sekolah yang dituju oleh teman dekatnya. Disinilah sebemarnya orang tua mengambil perànan penting. Orang tua harusnya sudah memiliki pemahaman tentang macam-macam sekolah lanjutan.

Umpamanya sekolah lanjutan bagi tamatan SMP/MTs adalah SMA/MA dan SMK. Siswa yang melanjutkan ke SMA/MA, setelah menamatkan sekolahnya, mereka sebaiknya melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Tamatan SMA/MA belum memiliki keahlian dasar dari suatu keterampilan. Ilmu yang diperoleh baru bersifat umum. Untuk menguasai suatu bidang ilmu atau keterampulan, maka mereka harus melanjutkan ke pergurian tinggi sesuai dengan jurusannya.

Sebaliknya, bagi siswa tamatan SMK, mereka mempunyai ketarampilan dasar dari suatu cabang ilmu. Misalnya teknologi komputer, jasa boga, tata busana dan lain sebagainya. Tamatan SMK sebenarnya sudah disiapkan untuk mengisi lapangan kerja. Seandainya mereka mau kuliah juga boleh, sebaiknya juga sesuai dengan jurusan.

Kalau hal umum diatas sudah dipahami oleh orang tua dan siswa, tentunya kita tak lagi akan mendengar penyesalan dari anak/siswa yang mengatakan mereka salah masuk sekolah, salah masuk jurusan Sehingga orang tuapun tidak merasa bersalah, Karena tidak memfasilitasi anaknya untuk kuliah lagi.

Jadi ketika harus memilih sekolah lanjutan bagi anaknya, orang tua sudah harus memahami karakter sekolah yang akan dituju. Kelebihan dan kekurangannya , serta produk lulusan dari sekolah tersebut.

Padang, 05 Oktober 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post