Dewi Nurmalasari

Saya seorang guru SMA di Surabaya 😊 Alumni IKIP Negeri Malang angkatan 1991, Menyelesaikan study Magister di UNS Surakarta tahun 2009. Beberapa artikel dan ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Cintai Budaya Negeri Sendiri

Cintai Budaya Negeri Sendiri

Surabaya, 20 Maret 2018, di SMAN 15 Surabaya kedatangan tamu dari SMK Sri Muar Johor Malaysia. Mereka study banding ke sekolah kami, Kedatangan mereka kita sambut dengan hangat, anak – anak menunjukkan kebolehan dengan menabuh gamelan, terdengar sayup-sayup sangat menentramkan hati.

Tamu- tamu dari Malaysia tiba di lokasi masih pagi, sekitar jam 9.00 WIB. Setelah penyambutan di persilahkan memasuki ruang aula untuk berkenalan. dengan kepala sekolah dan beberapa guru yang tidak ada jam mengajar pada jam tersebut.

Beberapa guru memaparkan apa yang ingin diketahui para tamu. Tentang kurikulum, pelaksanaan pembelajaran, ektrakurikuler, E learning dll. Anak-anak menampilkan beberapa atraksi yang memukau. Setelah itu menikmati jamuan kemudian dipersilahkan ke pendopo untuk menikmati penampilan anak-anak memainkan kulintang dan gamelan secara bergantian. Mereka sangat senang , saya juga ikut senang.

Saya bukan guru seni tapi sangat senang menikmati berbagai seni yang menjadi unggulan sekolah kami. Paduan suara yang bisa berkiprah hingga taraf internasional. Kulintang sering memenagkan kejuaraan, tari saman yang kompak dan sangat indah, termasuk ekskul karawitan dll

Ekstrakurikuler karawitan ini termasuk daftar ekskul baru di sekolah kami. Baru 1 bulan mereka latihan, tapi mereka sudah terlihat terampil .

Saya sangat senang karena banyak siswa siswi yang tertarik pada karawitan. Salah satu usaha untuk mempertahankan dan melestarikan budaya bangsa.

Hati terasa sedih manakala saya membuka youtube…, melihat bule-bule sangat lihai memainkan gamelan, dan sindennya menyanyikan gending jawa dengan suara yang sangat merdu.

Addduuuuh sediiih… sakitnya tuch disini!! Karena saya takut budaya yang begitu indah diakui oleh bangsa lain sebagai budaya mereka. Bukannya saya sok perduli tapi rasanya tidak rela.

Di sisi lain ada Anak-anak zaman sekarang tidak menyadari bahwa budaya bangsa kita sangat luhur. Bangsa lain lhoo sangat mengagumi budaya kita, kenapa justru kita mengesampingkannya? Ayo kita cintai budaya kita sendiri agar bangsa Indonesia tetap jaya

***dew

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Saya juga suka sekali dengan karawitan dan main gamelan... Semangat bu, kita lestarikan budaya bangsa

20 Mar
Balas

Iya bun... saya juga belajar ikut2 nabuh gamelan.. aasyik... ternyata.

20 Mar



search

New Post