Dewi Nurmalasari

Saya seorang guru SMA di Surabaya 😊 Alumni IKIP Negeri Malang angkatan 1991, Menyelesaikan study Magister di UNS Surakarta tahun 2009. Beberapa artikel dan ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Belajar Mengajar

Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Belajar Mengajar

Surabaya,23 Maret 2018 selepas sholat jumat , SMAN 15 Surabaya mengadakan pelatihan E- Learning yang ke sekian kalinya. Usaha sekolah untuk memberikan layanan terbaik untuk siswanya. Perkembangan zaman begitu cepat dan informasi yang berlimpah memaksa kita untuk berubah menyesuaikan diri dengan kondisi baru tersebut. Jika kita tidak melakukan perubahan maka akan tergilas sistem dan ketinggalan zaman.

Bapak ibu guru, baik yang senior maupun yang yunior sangat antosias mengikuti pelatihan. Tampak yang muda serius dan memburu ingin menguras habis materi pelatihan. Di sisi lain ada teman kami yang menjelang pensiun tapi semangat belajarnya luar biasa. Rasa ingin tahu nya sangat tinggi, meskipun butuh waktu sedikit lama tapi mereka bisa. Hhhmmm… saya angkat dua jempol untuk beliau.

Pelatihan yang dilakukan di sekolah kami semacam tutor sebaya. Pelatihnya berasal dari guru SMAN 15 Surabaya sendiri, bolo dhewe bahasa jawanya. Masih muda cantik dan sangat telaten mengajari bapak ibu guru yang notabene tidak secepat mengajari siswa.

Sebenarnya apa sich E- learning itu? E-learning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Orang banyak menyebut zaman now sebagai zaman digital. Hampir semua lapisan masyarakat memiliki media elektronik, yang tidak asing lagi yaitu hand phone /Hp, tak terkecuali siswa-siswa.

Tidak dapat dibendung derasnya informasi yang dapat di acces oleh siswa melalui genggaman tangannya yaitu Hp. Semua informasi dapat diperoleh dengan mudah melalui internet. Semua tahu bahwa internet merupakan sumber informasi tanpa batas, informasi yang ada di dalamnya bercampur antara yang baik dan yang buruk. Kita sebagai guru tidak bisa melarang siswa untuk tidak menjelajahi internet. E- Learning adalah cara terbaik untuk mengendalikan informasi yang boleh dijelajahi oleh siswa.

Manfaat E-Learning selain untuk mengendalikan siswa, juga memberikan kemudahan bagi siswa, karena waktu belajar mereka bebas menentukan waktunya, mendorong siswa belajar mandiri. Siswa tetap dapat bermain-main dengan Hp nya, tabletnya atau laptopnya, namun kegiatan belajar tetap bisa berlangsung. E-Learning merupakan cara ampuh untuk membuat pelajaran lebih menyenangkan. Langkah yang sangat tepat yang dilakukan sekolah untuk memberi layanan terbaik untuk kemajuan sekolah.

***dew

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

bagus dan bermanfaat

10 Feb
Balas

Terimakasih pak Bahrudin..., itu tulisan awal2 belajar nulis.., masih perlu banyak belajar..

10 Feb
Balas



search

New Post