Dewi Pujiati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
MEMBACA MENJADI HOBIKU

MEMBACA MENJADI HOBIKU

MEMBACA MENJADI HOBIKU

OLEH : NAILA NIKITA JEHAN ANGGARA

Awalnya aku tidak suka membaca buku,tetapi semmenjak aku duduk di kelas 4 semester 2 Sekolah Dasar aku diberitahukan ada gerakan leterasi atau bisa disebut esktrakulikuler PRC (Prinsipal Leader Reading Challengge`s) CLRC (Cirebon Leader Reading ChalLenge`s) WJLRC (West Java Leader Reading Challenge`s) yaitu yang berarti tantangan membaca dari kepala sekoalah,Wali Kota,dan Gubernur Jawa Barat.

Mereka menyuruhku dan teman teman lainnya yang tidak mengikuti tantangan ini untuk mengikutinya. ,tapi aku bingung akukan tidak suka membaca buku? Bagaimana ini? Aku sangat bimbang.

Gerakan literasi ini di bimbing oleh Bu Dewi Pujiati dan Pak Agus Wartono. Dan aku mencoba untuk mengikuti gerakan literasi ini.Pertama aku mengikuti gerakan literasi ini sungguhlah sangat sulit,tapi karna adanya dukungan dari orang tuaku,guru - guruku,dan juga teman - temanku,aku pun mulai semangat. Dan begitu juga aku mulai cinta membaca buku, aku mulai meminjam buku di perpustakaan, dan teman-temanku dan juga aku membeli buku fiksi maupun non fiksi.

Allhamdulillah reviewku lumayan banyak ,Oh ya.. review ini bermacam macam lho.. tahap pertama ada Fshbone, AIH,Y-Chart.Disini aku mash belajar membuat fishbone Bu Dewi yang mengajarkan nya ,dia terus sabar mengajarkanku dan menerangkan tentang fishbone itu.Akhirnya beberapa hari kemudian aku sudah mulai memahami fishbone aku mulai banayak mereview fishbone.

Sekarang aku duduk di kelas 5,aku juga masih ikut literasi ini,aku masih semanagat membaca dan mereview buku-buku begitu juga teman-temanku. Termasuk aku. Disekolahku ada pohon GEULIS dengan motto “KALIJAGA CERDAS”yaitu gambar pohon dengan potongan kertas berbentuk daun dimana yang ditulis adalah tentang judul buku,jumlah halaman,penerbit,penulis dan nama kami.

Sudah ku pelajari AIH dan Y-Chart,itu juga sama seperti fishbone aku masih sulit untuk menguasai AIH dan y-chart tetapi aku terus menerus mempelajarinya.Namun Bu Dewi sabar membimbingku,

AIH akhirnya sudah aku selesaikan,sekarang tinggal y-chart aku baru setengah mengerjakannya, hari berlalu akhirnya y-chart juga sudah selesai aku kerjakan

Sebulan kemudian ada parade di CSB Mall Sekolahku yaitu SDN Kalijaga Permai mendapat giliran untuk presentasi tentang satu buku,aku memilih buku yang pertama aku baca yaitu “Kupa Si Lurus Hati” walaupun agak lupa dan gugup aku terus percaya diri. ,waktu tantangan gerakan literasipun sudah habis dipelajari dan dengan begitu aku sudah mulai suka membaca banyak buku.

Saat itu ada pembagian medali anak anak CLRC di Keraton Kacirebonan, tepatnya pada hari Jum`at 20 Mei 2017,pagi itu kami berangkat bersama dengan menaiki angkutan kota,kami sangat bangga begitu juga orangtuaku dan guru-guruku karna kami sudah menyelesaikan tantangan ini sayangnya yang lain gugur yang tersisa hanyalah 40 siswa dari kelasku dan kelas yang lain.

Sesampainya disana kami menunggu giliran,saat giliranku aku sangat senang karena yang mengalungkan medaliku adalah Sulan dari Keraton Kacirbonan tersebut,ada juga yang dikalungkan oleh Bapak Wali Kota.

Kami pulang dengan bangga karena telah membawa pulang penghargaan.Guru-guru kami sangat bangga kepada kami begitu juga orang tua teman-temanku dan orangtuaku Hari – hari aku masih suka membaca buku dan teman-teman lain pun sama aku masih suka meminjam buku di perpustakaan.

Di hari Senin yang indah sedang dilaksanakan upacara tiba tiba saja ada pengumuman tentang anak anak yang lulus dan menyelesaikan tantangan literasi ini,nama teman – temanku di panggil dan juga namaku semua yang di panggil maju kedepan,aku sangat senang ternyata aku dapat medali lagi dari kepala sekolah karena aku dan teman-temanku sudah menyelesaikan tantangan membaca dan mereview dari kepala sekolah. Satu persatu anak dikalungkan oleh guru – guru.

Aku jadi sangat senang membaca karena bukan hanya dapat penghargaan medali atau pun mendapat sertifikat tetapi membaca akan membuat seseorang berwawasan luas dan membuat orang pandai, dan membuatku mempunyai banyak pengalaman.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tantangan itu tentu sesuatu ya

22 Dec
Balas

Betul Ibu Sri. Semoga bermanfaat.

05 Jan
Balas

Wah sangat inspirasi dan memotivasi

22 Dec
Balas

Alhamdulillah. Terimakasih Pak

05 Jan



search

New Post