Dewi Rochmana

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Maksimalkan Teknologi Untuk Belajar
Tantangan Gurusiana

Maksimalkan Teknologi Untuk Belajar

Maksimalkan Teknologi Untuk Belajar

Oleh: Dewi Rochmana

*Ingatan kembali pada pertengahan bulan Maret tahun 2023. Pembelajaran berubah dengan memanfaatkan teknologi secara mendadak dan serempak. Saat itu penulis yang sedang mengajarpun menjadi panik karena siswa harus segera dipulangkan agar terhindar dari virus Corona. Yang terpikirkan saat itu adalah waktunya akan sampai kapan dan bagaimana mengajarnya.

Pembelajaran yang sebelumnya aman-aman saja, termasuk dengan tidak banyak menggunakan alat teknologi, mendadak berubah harus menggunakannya demi lancarnya pembelajaran. Penggunaan LCD proyektor selama ini sudah dilakukan namun penggunasn HP sangat dilarang karena anak-anak masih sering menyalah gunakan alat tersebut. Sebagai sekolah yang terletak di pinggiran, tepatnya lereng gunung Kelud, tidak terbayang bagaimana pembelajaran secara online, namun pembelajaran mesti cepat disampaikan kepada siswa.

Diawal pembelajaran masih bingung bagaimana cara pembelajarannya, dengan kebiasaan mengajar di kelas secara langsung, mengingat tidak semua siswa juga memiliki HP. Dengan terpaksa, kami harus minta kepada siswa untuk segera membuat group kelas, walaupun banyak yang belum memiliki HP, diantara siswa tetap ada yang punya dan faham dengan HP, mereka tentunya saling membantu temannya agar segera membuat group agar pembelajaran tidak berhenti. Dan nyatanya pembelajaran tidak berhenti dengan segala keterbatasan.

Setelah sekian lama pembelajaran daring, tiba saatnya kembali ke sekolah, namun ternyata masih belum boleh seratus persen. Ketika masuk, pembelajaran tetap menggunakan HP, karena tidak boleh menyentuh kertas yang berarti akan ada lebih dari satu tangan yang menyentuh kertas tersebut. Jadilah pembelajaran masih menggunakan alat teknologi walaupun sudah di kelas.

Dengan terbiasanya menggunakan HP, kenyamanan dalam menggunakan alat teknologi menjadi terasa, ternyata lebih enak karena banyak membantu dalam pembelajaran, karena akan lebih cepat dalam proses pembelajaran. Penggunaan LCD proyektor mempermudah dalam mengajar yang lebih jelas dalam penyampaian materi. HP dapat dengan cepat membantu mendapatkan tambahan informasi untuk materi pembelajaran, dan untuk mendapatkan informasi lainnya. Informasi sangat penting, dengan teknologi, guru dapat dengan cepat mendapatkan informasi untuk para siswa dan guru sendiri

Untuk menggapai keberhasilan kedepan, kita mesti terus berusaha dengan fasilitas yang ada, dibarengi dengan syukur yang menggelora, maka pembelajaran akan semakin bermakna. Berinovasi dalam pembelajaran dengan teknologi yang semakin tersaji untuk itu jangan patah semangat dengan keterbatasan. Sekolah penulis yang berada dipinggiran dan berlokasi di lereng gunung terus berusaha mengajak para siswa untuk berteknologi agar pembelajaran semakin berisi. Untuk menggapai keberhasilan perlu kiranya di bantu dengan berteknologi. Untuk itu upaya yang dapat dilakukan diantaranya, mengajak siswa untuk senantiasa optimis, tidak minder dengan tempat-tempat yang memiliki cukup fasilitas, memberi memotivasi kepada siswa agar tidak pesimis dan menyerah begitu saja, serta mengajak memanfaatkan fasilitas teknologi yang ada disekolah secara optimal. Dengan demikian mereka akan mengenal teknologi yang akan dapat menjadi bekal mereka di kemudian hari.

Dengan teknologi kita dapat memperoleh ilmu pengetahuan dengan cepat. Manfaat teknologi yang sangat terasa, yang hal ini belum banyak terjadi pada pembelajaran tempo dulu. Saat ini, walaupun dengan keterbatasan fasilitas teknologi, minimal masih ada beberapa siswa yang memiliki HP. Mereka dapat browshing untuk mendapatkan ilmu dan informasi secara bersama. Bahkan untuk dapat terjangkaunya kuota terbeli, banyak penjual di desa menjual kuota dengan ukuran kecil agar harga terjangkau oleh masyarakat, termasuk ada yang membuka jasa rental internet per jam. Semoga dengan teknologi pembelajaran semakin berisi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih admin

20 Mar
Balas

Terima kasih gurusianer

20 Mar
Balas



search

New Post