DEWI WAHYUNINGSIH, S.Pd

Perempuan berusia 36 tahun ini seorang guru geografi SMA. Mempunyai pengalaman mengajar kurang lebih 13 tahun. Sekarang memulai untuk menulis dan membagikan cer...

Selengkapnya
Navigasi Web
Barter Zaman Now

Barter Zaman Now

BarterZaman Now

#TantanganGurusiana

#Tantangan hari ke-17

Barter adalah tukar menukar barang. Barang ditukar dengan barang. Ini merupakan alat pembayaran yang sah ketika zaman dahulu. Ketika masyarakat belum mengenal uang sebagai alat pembayaran. Barang yang ditukar biasanya berupa barang kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan.

Zaman sekarang juga sering kita melakukan barter tanpa disadari. Saling tukar-menukar kue atau kado. Dengan tujuan sebagai hiburan saja. Barter juga sering saya lakukan. Hal ini dengan sadar saya lakukan. Bukan karena saya tidak mempunyai uang, tetapi saya merasa ini cukup unik.

Barter yang saya lakukan adalah barter buku karya mandiri. Saya sengaja mencari teman yang juga mempunyai buku. Kemudian saya mengajak untuk saling bertukar buku. Alhamdulillah sejauh ini, banyak teman yang menyambut dengan senang hati ajakan barter saya. Terkadang ada beberapa teman yang kurang percaya diri untuk menjual buku karya mereka, dengan barter, semangat mereka kembali bangkit. Rasa percaya diri bahwa karya mereka diminati. Ini cara saya untuk menghargai karya orang lain. Saya juga menyadari, karya saya jauh dari sempurna, oleh sebab itu saya mengajak barter.

Ketika barter buku, kami juga melakukan foto bersama. Sambil memegang buku yang sudah saling tukar. Ada rasa bahagia di dalam hati. Hal ini juga menambah erat silaturahmi. Rasa percaya diri saya naik dua kali lipat. Berarti buku saya akan dibaca orang lain. Tak lupa ada pesan khusus, jangan lupa posting testimoni di beranda Facebook saya ya. Betapa indahnya barter di zaman now. Buku pun bisa jadi barang barter yang menarik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post