DEWI WAHYUNINGSIH, S.Pd

Perempuan berusia 36 tahun ini seorang guru geografi SMA. Mempunyai pengalaman mengajar kurang lebih 13 tahun. Sekarang memulai untuk menulis dan membagikan cer...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ujian Lisan

Ujian Lisan

Ujian Lisan

#TantanganGurusiana

# Tantangan hari ke-28

Mengajar pagi ini saya mulai dengan ujian atau evaluasi lisan. Tentunya beberapa hari sebelumnya sudah saya informasikan ke seluruh siswa di kelas. Materi ujian lisan hari ini tentang kependudukan. Salah satu materi dari geografi sosial yang menganalisis keadaan penduduk di Indonesia beserta permasalahannya.

Tujuan saya memberikan evaluasi lisan agar siswa bisa tampil penuh percaya diri, bertanggungjawab, berpenampilan rapi, berbicara yang baik, dan tidak mencontek. Terkadang rasa gugup lebih dulu hadir. Siswa sudah berusaha menghapal materi dengan baik, ketika maju langsung hilang semuanya. Saya tetap memberikan kesempatan siswa untuk mengulang kembali setelah siap mental untuk maju.

Berbicara di depan kelas, dilihat seluruh penghuni kelas termasuk gurunya mempunyai tingkat grogi yang tinggi. Penampilan siswa bahkan cara bicara mereka dilihat oleh teman lain. Mereka yang biasanya dapat berbicara dengan lancar tiba-tiba gugup. Perlu pembiasaan untuk tampil penuh percaya diri di depan kelas. Ini merupakan pembelajaran yang sederhana tapi memiliki tujuan besar. Membiasakan siswa berbicara dengan penuh percaya diri di depan kelas. Semoga suatu hari nanti, mereka bisa berbicara di depan umum. Bahkan mereka bisa tampil sebagai pemimpin bangsa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Barokalloh Bu

20 Apr
Balas



search

New Post