DHITA SALSABILLA WINAYU

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Bela negara

NAMA : DHITA SALSABILLA WINAYU

NIM : 222180098

KELAS : PGSD 3C

BELA NEGARA

Bela Negara merupakan sikap dan perilaku warga Negara yang di jiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan republik Indonesia yang berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar dalam menjamin Kelangsungan hidup dan bernegara, Seluruh masyarakat Indonesia wajib dan berhak ikut serta dalam pembelaan negara bertujuan untuk untuk membekali setiap warga negaraIndonesia dengan nilai-nilai bela negara dalam rangka membentuk karakterbangsa yang ulet tangguh, berwawasan kebangsaan dan memiliki kesadaran untuk menjiwai negara, sikap dan tindakan warga negara yang teratur dan menyeluruh, dan terpadu secara sendiri-sendiri maupun berkelompok sebagai bagian dari rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara , keyakinan terhadap pancasiladan kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara. Secara fisik, hal ini dapat diartikan sebagai usaha pertahanan menghadapi serangan fisik atau agresi dari pihak yang mengancam keberadaan negara tersebut, sedangkan secara non- fisik konsep ini diartikan sebagai upaya untuk serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara, baik melalui pendidikan, moral, sosial maupun peningkatan kesejahteraan orang-orang yang menyusun bangsa tersebut. Landasan konsep bela negara adalah adanya wajib militer. Subyek dari konsep ini adalah tentara atau perangkat pertahanan negara lainnya, baik sebagai pekerjaan yang dipilih atau sebagai akibat dari rancangan tanpa sadar (wajib militer).

Peran penting Bela Negara dapat dikuak secara lebih jernih dan mendalam melalui perspektif pertahanan. Keutuhan wilayah Indonesia, beserta seluruh sumber daya, kedaulatan dan kemerdekaannya, selalu terancam oleh agresi asing dari luar dan pergolakan bersenjata dari dalam. Kalau ancaman ini menjadi nyata dan Indonesia tidak siap, semuanya bisa kembali ke titik nol.

Antisipasi para pendiri bangsa tercantum dalam salah satu poin tujuan nasional yaitu “Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia”.Bela Negara merupakan karya nyata ikut membangun negeri sesuai profesi masing-masing ikut menciptakan suasana damai dan tenteram di lingkungannya,unsur- unsur bela negara:

1. Cinta Tanah Air

2. Kesadaran Berbangsa & bernegara

3. Yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara

4. Rela berkorban untuk bangsa & negara

5. Memiliki kemampuan awal bela negara

Penting-nya belanegara bagi masyarakat adalah untuk Kemampuan berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara merupakan kemampuan yang harus semua orang miliki. Pembahasan ini memiliki kedudukan yang amat penting dalam upaya memberikan pengetahuan, pemahaman, dan menanamkan kesadaran untuk berpartisipasi dalam usaha membela negara di lingkungan masing-masing, Secara otonomi Pemerintah Kabupaten dan Kota mempunyai hak, wewenang, dan kewajiban untuk mengatur dan mengurus urusan nya sendiri dalam penyelenggaraan pemerintahan dan kepentingan masyarakat, mempunyai kewajiban melindungi masyarakat, menjaga persatuan, kesatuan dan kerukunan nasional Negara Republik Indonesia sesuai dengan Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Contoh perilaku yang mencerminkan Bela Negara:

1. Mengikuti upacara bendera

2. Menghindari konflik

3. Membayar tepat waktu

4. Bakti social

5. Memebangun kerukunan dalam masyarakat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post