Diah Fakhmawati

an English teacher in a boarding school at Jogjakarta...

Selengkapnya
Navigasi Web

Berkenalan dengan siswa baru pada pertemuan pertama KBM secara daring

Berkenalan dengan siswa baru pada pertemuan pertama KBM secara daring.

PPDB sudah selesai, tahun ajaran baru sudah mulai berarti guru dan siswa akan segera memulai KBM untuk semester I ini. Di masa pandemik ini pemerintah masih memperpanjang proses pembelajaran daring. Guru dan siswa menjalani KBM dari rumah seperti semester kemarin. Mereka sudah mulai familiar dengan kegiatan belajar daring. Akan tetapi tentu saja ada sedikit perbedaan untuk siswa baru di sekolah lanjutan yang lebih tinggi dari sekolah sebelumnya. Mereka belum familiar dengan situasi pembelajaran daring di sekolah yang baru. Bisa jadi lebih simple atau lebih kompleks sistemnya. Awal masuk sekolah dengan pembelajaran daring akan menjadi pengalaman pertama yang bisa menjadi kesan dan pembelajaran baru bagi mereka dalam menjalani KBM dari berikutnya. KBM pertama akan menjadi setidaknya acuan bagi mereka tentang sistemnya seperti apa dan platformnya pakai apa. Sementara pertemuan pertama biasanya berupa perkenalan siswa dengan guru dan program belajar yang akan mereka jalani ke depan. Perkenalan ini berupa perkenalan pribadi sang guru, pengenalan mata pelajaran, dan bagaimana proses belajar mengajar akan berlangsung termasuk kontrak belajar.

Sudah banyak artikel tentang tips dan cara berkenalan di kelas baru yang tersebar di internet. Di blog ini saya ingin berbagi ide tentang berkenalan dengan siswa baru pada pertemuan pertama secara daring. Apa saja yang dilakukan, metode apa yang dipakai, media apa saja yang dipakai.

Seperti tersebut sebelumnya bahwa situasi pendemik ini memaksa guru dan siswa baru bertemu untuk pertama kalinya secara daring. Tidak bisa beratap muka dan berbincang langsung seperti dahulu. Oleh karenanya harus ada strategi tertentu supaya perkenalan itu tetap berkesan dan siswa juga mengingat apa-apa yang harus dia ketahui nantinya Ketika sekolah sudah normal dan mereka tidak perlu lagi mengulang proses pengenalan tersebut termasuk berkenalan dengan teman sekelas mereka. Strategi yang saya pakai setidaknya  meliputi satu atau lebih kegiatan yang memenuhi kebutuhan Pendidikan abad 21 yang menuntut adanya kegiatan komunikasi, berpikir kritis, kreatif dan kolaborasi.

Ide yang saya bagi ini saya pakai untuk perkenalan dengan siswa kelas 7 tingkat SMP dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Sistem KBM di sekolah saya siswa belajar secara daring seminggu sekali utnuk setiap mata pelajaran dan sehari tiga mata pelajaran yang bisa dikases selama sepekan saja kecuali utnuk penugasan yang ada penyesuaian waktu. Saya menggunakan platform system manajemen pembelajaran atau biasa disebut LMS dari Canvas Instructure. Di LMS ini saya menaruh semua media dan laman aktivitas pemebelajaran seperti membaca, menyimak, berlatih, mengerjakan tugas dan evaluasi di satu laman saja. Siswa tidak perlu ‘loncat’ ke laman lain untuk menyelesaikannya, sehingga proses pembelajaran bisa fokus dan tidak ‘lari’ keman-mana.

Strategi apa yang saya lakukan?

Secara urut akan saya jelaskan berdasar skema yang terlihat berikut ini:

·      Laman awal memperkenalan kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam canvas tersebut.

 

Pertama kali siswa masuk ke canvas mereka akan langsung diarahkan ke HOME dimana mereka akan menemui modul belajar yang berisikan lembar aktivitas belajar.

Ditampilkan serangkaian kegiatan yang harus siswa ikuti sesuai urutan yang sudah ternavigasi otomatis oleh Canvas. Siswa tinggal klik dari set pertama Let’s Learn kemudian nantinya mereka tinggal meneruskan kegiatan melalui tombol NEXT di setiap laman yang tersedia. Akan tetapi jika siswa belum menyelesaikan di satu waktu mereka bisa meneruskan nantinya dengan mengkilik tautan yang ada di halaman ini.

Berikutnya, di laman Let’s Learn, siswa mempelajarai aktivitas belajar  belajar apa saja di Canvas dan media komunikasi  yang bsia dipakai untuk berkonsultasi kalua ada kesulitan dalam kegiatan belajar daring.

 

Selanjutnya, siswa masuk di modul Let’s Introduce ourselves ada tiga aktivitas yang perlu siswa lakukan. Yang pertama adalah kegiatan berjudul hello this is me. Di sini  siswa menyimak video perkenalan dari guru yang memberikan informasi pribadi yang boleh diketahui siswa. Yang kedua siswa harus menjawab kuis who is your teacher yang berisi tentang informasi pribadi guru yang tadi disimak dari video.

Kegiatan ini bertujuan siswa akan benar-benar mengenal guru dan akan mengingatnya Kembali Ketika saling bertemu letika masuk sekolah nanti. Video dan Kuis ini dibuat sedemikian rupa sehingga siswa harus berpikir kritis untuk bisa menjawab soal dengan tepat karena dibuat dengan mengacu proses berpikir tinggi.

Kemudian ada forum diskusi introduce yourself yang tak lain adalah forum untuk saling berkenalan antar siswa dengan menyebutkan nama, asal dan media sosial yang dipunyai. Lewat wadah percakapan ini diharapkan siswa bisa berkenalan lebih lanjut dan berteman lebih akrab dengan saling berteman di media soial yang kereka punya.

Selanjutnya, lewat video siswa menyimak silabus dan materi yang akan mereka pelajari selam dua semester ke depan. Selain video juga dilampirkan gambar dan dokumen tertulisnya yang bisa diunduh siswa di tautan yang tersedi di laman ini.

Setelah mempelajari silabusnya siswa diajak guru untuk mempelajari dan menyepakati aturan atau ketentuan yang harus, boleh atau tidak boleh dilakukan selama berlangsungnya KBM dalam kegiatan yang disebut Learning Contract.aktivitas ini menggunakan survey dengan bantuan Google Form. Hasil dari pernyataan dan usulan mereka yang terangkum dalam survey tersebut akan dibahas di kegiatan diskusi segemn berikutnya.

Di forum diskusi what are you going to do ini, guru memantapkan hasil survey sebelumnya dan Bersama siswa menyepakati usulan-usulan terkait hal apa saja yang ingin siswa lakukan di KBM Bahasa Inggris seperti yang telah ditawarkan guru pada poin terakhir survey tersebut.

Setelah menyelesaikan segmen diskusi ini maka selesailah sudah kegitan perkenalan pertama di awal KBM.

Untuk lebih jelasnya bisa menyimak video recap dari aktivitas-aktivitas teresebut

https://youtu.be/IFo8q7ivdcE

Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua.

Selanjutnya siswa masuk ke halaman berikutnya untuk mempelajari silabus materi Bahasa Inggris dan aktivitas balajar apa yang akan dilakukan dalam untuk menguasai materi tersebut.

Setelah menyimak hal terakhir dalam video tentang silabus yang menjelaskan tentang aktivitas belajar apa saja yang akan dilakukab di kelas Beahasa Inggris, para siswa diajak untuk mengetahui dan membuat  kontrak belajar. Di sini siswa mengisi form persetujuan aktivitas apa saja yang boleh dan tidak boleh, yang harus dilakukan dan apa yang ingin mereka lakukan selama kegiatan belajar berlangsung. Siswa diberi pilhan dan usulan yang antinya akan disepakati Bersama pada aktivitas diskusi di segmen berikutnya.

Setelah memahmi kontrak belajarmaka siswa berakhir di aktivitas diskusi yang membahas kesimpulan dari kontrak belajar. Bersama guru menyepakati aturan-aturan yang berlaku selama KBM berlangsung.

Demikian rangkaian aktivitas perkenalan antara guru dengan siswa baru di pertemuan pertama di awal tahun ajaran baru secara daring

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post