Dian Afmiza

Seorang guru di Kota Batusangkar, Sumatera Barat. Dulu pengajar Bahasa Inggris, sekarang guru kelas di SD....

Selengkapnya
Navigasi Web
Pengalaman Siswa Kelas 3 SD Menjadi Pelaksana Upacara Bendera Rutin

Pengalaman Siswa Kelas 3 SD Menjadi Pelaksana Upacara Bendera Rutin

Tantangan Hari ke-34

#TantanganGurusiana

Kebiasaan rutin yang telah dilakukan sejak lama di sekolah kami adalah pelaksana Upacara Bendera rutin setiap Senin diambil dari siswa kelas 5 dan kelas 6. Mereka biasanya bergantian bertugas setiap Senin, jika Senin ini siswa kelas 5 sebagai petugas pelaksana upacara maka Senin berikutnya siswa kelas 6-lah petugasnya. Malah kadang kala ada saatnya siswa kelas 5 dan siswa kelas 6 digabung sebagai pelaksana Upacara Bendera pada satu masa.

Kesepakatan baru di sekolah kami saat ini adalah petugas pelaksana Upacara Bendera rutin setiap Senin dilakukan per kelas dan dimulai dari siswa kelas 3 SD. Tentu saja sebagai guru kelas 3 saya merasa tertantang untuk melatih siswa saya yang rata-rata masih berumur 9 tahun ini.

Sehari setelah peraturan disosialisasikan kepada seluruh warga sekolah, saya langsung memilih siswa yang kompeten dengan tugas pelaksana upacara tersebut. Saya yakin, sesi latihannya tidak bisa hanya dilakukan satu atau dua kali saja untuk siswa yang benar-benar baru bertugas sebagai pelaksana upacara ini. Saya berencana akan melatih siswa didalam kelas dan juga di luar kelas untuk praktik latihan Pasukan Baris Berbaris (PBB)-nya. Para siswa nampak antusias untuk ikut serta menjadi pelaksana, namun sudah hukum alam, kalau banyak peminat maka seleksi harus dilakukan.

Maka jadilah satu hari saya menyeleksi siswa yang tepat untuk tugas yang tepat. Seleksi dilakukan satu hari saja. Di hari selanjutnya, di dalam kelas, saya mulai melatih siswa sedikit gerakan (PBB), cara mengucapkan laporan serta cara membaca teks yang menjadi tanggung jawab pelaksana. Setelah dua hari latihan di dalam kelas (alasannya karena di luar kelas cuaca panas) siswa saya bawa ke lapangan untuk praktek nyatanya. Latihan PBB memang agak sulit bagi siswa kelas 3 SD ini namun setelah dua hari berlalu, mereka bisa menerapkannya.

Tiba saat hari pelaksanaan upacara, siswa pelaksana tampak cukup tenang saat melakukan tugasnya, mereka percaya diri dengan latihan yang telah mereka lakukan beberapa hari ini. Dan sebagai guru saya melihat mereka sukses melaksakannya. Bahkan guru olahraga memuji PBB siswa kelas 3 ini, mereka dinilaisangat baik dan bisa mengalahkan kemampuan PBB kakak-kakak kelasnya. Ada juga guru lain yang memuji bacaan siswa saat membaca teks mereka dengan lantan dan tersusun rapi. Sebagai keluarga besar pelaksana, kami sangat puas dengan tugas yang baru saja dilakukan ini. Para siswa berharap mereka mendapat giliran lagi untuk jadi pelaksana upacara selanjutnya.

Batusangkar, 24 Februari 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Persiapan yg matang membuahkan kepuasan. Penat terasa terobati. Bangga dengan muridmurid ini tentunya ya bu Dian? Semoga sehat dan sukses selalu..

25 Feb
Balas

Ya bu enggra... Practice make perfect kata org ya bu... Iya bu, jd hilang capeknya lihat siswa kita tampil dg baik... Terimakasih bu enggra.. Aamiin, barokallahu fiik bu...

25 Feb

Persiapan y matang, guru inspiratif n motipator.sukses sll bu

25 Feb
Balas

Terimakasi bu, sudah hadir disini... Barokalkahu fiik

25 Feb



search

New Post