Dian Fauziah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

Oleh : Dian Fauziah

CGP angkatan 7

SDN Pulogading 02 Kab.Brebes

Assalamualaikum wr wb

FACT (Peristiwa)

Pada modul PSE ini diawali dengan mulai dari diri, saya merefleksikan pengalaman diri saat menghadapi krisis pribadi dan pengaruh krisis tersebut terhadap diri saya sebagai pendidik.

Dalam eksplorasi konsep saya belajar tentang mengeksplorasi konsep pembelajaran sosial dan emosional berdasarka kerangka kerja CASEL ( Collaborative for academic, sosial and emotion learning.

Yang bertujuan mengembangkan 5 kSE: kesadaran diri, amnajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan sosial, keterampilan berelasi dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

Mengeksplorasi pentingnya pembelajaran sosial dan emosional (PSE) utnuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman agar seluruh individu di sekolah dapat meningkatkan kompetensi akademik dan kesejahteraan psikolog (will bein) secara optimal.

Dalam forum diskusi kami, CGP menganalisis 5 KSE yang berbasis kesadaran penuh dalam 5 kasus KSE. sedangkan pada ruang kolaborasi kami mendiskusikan dan menyusun inisiatif program penguatan kompetensi sosial emosional bagi murid dan rekan sejawat di sekolah.

Dalam demontrasi kontekstual, saya mendemontrasikan pemahamn tentang implementasi pembelajaran sosial dan emosional (PSE) dalam rencana pelaksanaan pembalajaran RPP. Dalam penerapan setiap CGP membuat RPP dan menentukan KSE berbasis kesadaran penuh yang akan diintegrasikan pada RPP tersebut

Fellings (Perasaan)

Saya merasa bersemangat dan senang untuk terus belajar karena mendapat pencerahan tentang bagaimana mengelola emosi yang baik, saya juga senang karena mendapat materi dari fasilitator dan instruktur terutama materi STOP.

Findings ( Pembelajaran)

Pembelajaran yang saya dapatkan dari materi ini adalah tentang PSE, saya dapat mengenali perasaan, mengelola diri, memahami orang lain, membangun komunikasi dan mengambil keputusan yang lebih baik. melalui kSE saya yakin murid mampu menghadapi masalah, menemukan solusi dari masalah yangd ihadapi dan menjadi murid yang berkarakter pelajar pancasila.

FUTURE ( Penerapan)

melakukan penguatan kompetensi sosial emosional. saya akan berkolaborasi dengan rekan sejawat yaitu memberikan pemahaman tentang perlunya pembelajaran sosial dan emosional melalui diskusi di sekolah.

Mengimplementasikan pembelajaran sosial dan emosional pada murid dalam bentuk pengajaran eksplisit/integrasi praktik mengajar dan kurikulum akademik, penciptaan iklim kelas dan budaya sekolah.

Demikian jurnal refleksi dwi mingguan ini dibuat

wassalamualaikum wr wb

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post