Dian Fauziah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Koneksi antar materi modul 1.3

Koneksi antar materi modul 1.3

Tujuan Pembelajaran

CGP dapat mengaitkan materi-materi yang telah dipelajari dan materi lain yang relevan ke dalam rencana manajemen perubahan yang menerapkan paradigma dan model inkuiri apresiatif.

Refleksi

Kita sebagai CGP diharapkan mampu merefleksikan pemahaman materi pembelajaran dari modul 1.1 dan 1.2 untuk melakukan elaborasi pemahaman dengan beberapa pertanyaan dari petunjuk kerja modul 1.3.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.3.

Pertanyaan Pemantik

apa yang bapak/ibu pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi Ki hadjar dewantara dan profil pelajar pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma Inkuiri Apresiatif (IA) di sekolah bapak/ibu? Revisi dan rumuskan dengan penuh keyakinan, visi yang telah bapak/ibu buat berdasarkan pertanyaan diatas, kedalam sebuah visi yang membuat bapak/ibu bersemangat ketika membacanya dan menggerakkan hati setiap orang yang membacanya.

pembahasan

pada modul 1.1 filosofi Ki Hadjar dewantara, tentang konsep mendidik yang menuntun segala kodrat anak untuk mencapai kebahagiaan dan keselamatan setinggi-tingginya baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat. pada modul 1.2 nilai -nilai dan peran guru penggerak. ada 5 nilai -nilai guru penggerak yaitu berpihak pada murid, mandiri, inovatif, kolaboratif dan reflektif. sedangkan peran guru penggerak adalah pemimpin pembelajaran, menjadi coach untuk guru, mendorong kolaborasi, mendorong kepemimpinan murid dan menggerakkan komunitas praktisi. pada modul 1.3 visi guru penggerak. visi menjadi titik akhir sebagai awal untuk memandang kedepan. visi sangatlah penting bagi seorang guru karena akan berpengaruh terhadap output pendidikan yang akan dihasilkan. salah satu metode perencanaan yang cukup baru yaitu Inkuiri Apresiatif (IA). Inkuiri Apresiatif adalah sebuah menejemen perubahan dalam dunia pendidikan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan dengan mengedepankan potensi inovatif dan kreativitas dalam suatu organisasi bekerja secara bersama-sama dalam satu kekuatan yang paling tinggi memiliki kekuatan positif untuk mendorong kekutan/energi positif dalam melaksanakan visi. Maka dalam IA dimulai dari mengali kekuatan kekuatan positf yang selanjutnya untuk menyusun suatu rencana-rencana perubahan. Dalam praktiknya kita disekolah dapat menerapkan hal ini dengan cara, mengali/mengidentifikasikan kekuatan kekuatan positif yang dimiliki oleh sekolah untuk mengali dan mencari segala keuatan yang mampu membawa ke perubahan yang lebih baik. Sehingga segala kekurangan ataupun kelemahan yang ada disekolah dapat bicari solusinya dengan cara menyelaraskan semua kekuatan yang ada pada sekolah untuk mewujudkan visi dan misi setiap warga sekolah. ada dua tahapan dalam metode IA yaitu membuat ATAP dan BAGJA. ATAP merupakan akronim dari empat tahapan yaitu A (aset), T (tantangan), A (aksi), P (Pelajaran). sedangkan BAGJA merupakan akronim dari lima tahapan yaitu B (buat pertanyaan), A (ambil pelajaran), G (gali mimpi), J (jabarkan rencana) dan A (atur eksekusi) Dari penjabaran diatas maka dapat disimpulkan bahwa koneksi antar materi 1.1, 1.2 dan 1.3 adalah dalam mewujudkan nilai, peran dan kompetensi guru penggerak yang berorientasi untuk menuntuk siswa mencapai kebahagiaan dan keselamatan sehingga membutuhkan kemampuan membuat sebuah visi dan mejabarkannya pada prakarsa perubahan.

visi

mewujudkan generasi yang beriman, berintelektual dan berkepribadian sesuai dengan profil pelajar pancasila.
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post