Dian Fauziah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Mulai Dari Diri modul 3.2

Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan ibu bertugas. Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuag ekosistem?

Bagian bagian yang ada di ekosistem sekolah antara lain kepala sekolah, guru, siswa, tenaga kependidikan, wali murid, masyarakat, ruang kelas, perpustakaan, ruang guru dan lapangan

Apa saja yang bisa anda sebut sebagai sumber daya yang dimilik atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah? perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan.

sumber daya yang dimiliki sekolah antara lain sumber daya manusia, sumber daya sarana prasarana dan sumber daya keuangan.

Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut. Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?

saya memiliki pemimpin yang mengayomi, bagi beliau kepala sekolah dan guru merupakan satu tim untuk mewujudkan visi dan misi sekolah. Sebuah tim harus solid supaya sukses dan kesolidan itu terwujud dengan adanya rasa kekeluargaan. Rasa kekeluargaan saat terasa, segala keputusan yang akan diambil didiskusikan terlebih dahulu secara bersama-sama. Jika ada salah satu dari kami mengalami kesulitan atau musibah maka rekan yang lain akan memberikan motivasi serta bantuan baik moril maupun materiil.

Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumber daya yang ada di dalam dan sekitar sekolah?

menurut saya pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang bijaksana, cerdas, bertanggung jawab, mengayomi, memiliki inisiatif, jujur, peka terhadap kejadian di sekitarnya dan memiliki keteladanan yang dapat di contoh oleh rekan lainnya.

Silahkan refleksikan, posisi diri Bapak dan ibu dalam ekosistem sekolah. Sejauh mana bapak ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah?

peran seorang guru dalam ekosistem sekolah bukan hanya sebatas mengajar atau mentransfer ilmu kepada murid tetapi guru juga berperan mendidik, membimbing dan menuntun murid murid untuk dapat mengembangkan potensi sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Guru juga berperan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan sesama rekan guru, wali murid serta masyarakat.

Apa saja harapan pada diri Bapak dan ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin dan pada murid setelah mempelajari modul ini? Diri sendiri Murid Sekolah

Diri sendiri = mampu menganalisis dan mengolah sumber daya yang dimiliki sekolah.

murid = Adanya perubahan sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh murid

sekolah = mampu mengelola sumber daya yang ada di sekolah serta memaksimalkan potensi yang dimiliki sekolah untuk memajukan sekolah.

Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang bapak dan ibu harapkan ada dalam modul ini?

setelah mempelajari modul 3.2, saya berharap dapat menambah pengetahuan saya tentang menjadi pemimpin yang mampu mengelola sumber daya di sekolah secara maksimal sehingga mampu meningkatkan mutu sekolah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post