Dian Intan Marsifa fauzia, S.Pd. SD

Guru di SDN 25 Membalong Belitung ...

Selengkapnya
Navigasi Web
ILMU DAN ADAB
ILMU DAN ADAB

ILMU DAN ADAB

Ilmu dan Adab

#TantanganGurusiana

Tantangan Hari Ke-28

Hari senin tanggal Sebelas Pebruari kemaren saya ditugaskan menjadi Pembina upacara di sekolah, saat memberikan amanat Pembina upacara ada satu buah mahfudzot yang sangat saya sukai dan masih selalu saya ingat saat sekolah di Pondok Pesantren dahulu isinya “ Laisal jamaalu bi atswaabin tuzayyinunaa innal jamaala jamaalul 'ilmi wal adab : Bukanlah kecantikan itu dengan pakaian yang menghiasi kita sesungguhnya kecantikan itu ialah ilmu dan adab”.

“Anak-anak siapa yang sebelum berangkat ke sekolah tadi berpamitan terlebih dahulu kepada kedua orang tua dan mencium tangan ayah dan ibu, hayo jawab?”

“Saya buu,,”. Anak-anak mulai dari kelas satu sampai kelas enam serempak menjawab.

Kemudian saya lanjutkan dengan pertanyaan berikutnya

“Siapa yang mengucapkan terimakasih kepada kedua orang saat diberi uang jajan hari ini?”

“Saya bu,,,”. Hampir semua anak-anak mengacungkan jari telunjuknya terlebih siswa kelas rendah yang tak mau kalah.

“Bagus anak-anak, perbuatan kalian itu adalah perbuatan yang baik, perbuatan yang terpuji.

Maksud dari mahfudzot yang ibu sampaikan tadi adalah bahwa begitu pentingnya seseorang memiliki ilmu dan adab dalam hidupnya. Kita sering mendengar sebuah ucapan “anak-anak belajar yang rajin ya supaya pintar!”. Memiliki ilmu pengetahuan itu penting akan tetapi ada hal yang lebih penting dalam hidup yaitu memiliki adab, tata krama, akhlakul karimah. Tidak sedikit orang pintar dan cerdas di dunia ini yang tak segan-segan melakukan perbuatan tidak baik, perbuatan tindak kriminal seperti korupsi, kolusi dan nepotisme atau lainnya.

Jadi untuk terlihat cantik atau ganteng itu kalian tak perlu berpakaian baru atau bagus dan serba mahal setiap hari, tidak perlu memakai semua perhiasan yang kalian miliki atau memakai make up dan kosmetik yang tebal dan mahal, karena sejatinya seseorang akan terlihat cantik dan ganteng atau indah dipandang karena ia memiliki ilmu dan akhlakul karimah atau akhlak yang baik dalam diri yang menghiasinya.

Di rumah kalian harus taat dan patuh kepada kedua orang tua, menghomati dan saying kepada smua anggota keluarga yang ada di rumah baik itu kakek, nenek, ayah, ibu, kakak atau adik kalian. Yang lebih kecil harus bisa menghormati yang lebih besar begitupun sebaliknya yang lebih besar menghargai yang lebih kecil. Di rumah juga jangan lupa kalian harus membantu kedua orang tua kalian.

Di sekolah kalian harus mentaati semua tata tertib yang ada di sekolah dengan datang ke sekolah tepat waktu, menjaga kebersihan sekolah seperti membuang sampah pada tempatnya, memakai seragam lengkap beserta atribut sekolah saat akan mengikuti upacara hari senin.

Menghormati semua warga sekolah baik itu kepala sekolah, semua dewan guru, staf, petugas kebersihan, adik kelas dan juga kakak kelas. Bersalaman dan mencium tangan bapak ibu guru saat dating ke sekolah. Saat jam pelajaran berlangsung di kelas dengarkan semua penjelasan bapak ibu guru, tidak membuat kegaduhan di kelas saat jam pelajaran berlangsung, mengerjakan semua tugas yang diberikan bapak ibu guru, menjaga kerukunan dengan teman-teman di sekolah dan lain sebagainya. Sehingga ilmu yang kalian miliki dan perbuatan baik atau akhlakul karimah yang kalian lakukan dimanapun dan kapanpun akan terpancar dalam diri dan menghiasi diri kalian.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah masih banyak anakanak yang punya adab tata krama terutama terhadap orangtua dan guru. Sering miris mendengar dan melihat beritaberita di TV. Menanamkan aklaq sejak dini terus menerus kepada anak didik sangat diharapkan. Mantap bu Dian...

12 Feb
Balas

iya ibu jaman now miris klo liat berita2 di dunia pendidikan terhadap klakuan anak didik sama guru berani dll. pdhl dlu qt klo ktmu guru dimanapun ada rasa malu, takut, trus nyapa atau cium tangan.

15 Feb

Membiasakan anak memiliki adab kepada guru lebih penting daripada mencetaknya menjadi manusia cerdas tanpa peka dan adab yang menjalar di kedalaman sukma

12 Feb
Balas

iya pak saya jg setuju bgt akan hal itu, orang pintar banyak didunia ini tp orang yang berilmju dan beradab jarang

15 Feb

Bagus tulisannya buk

12 Feb
Balas

maasih pak bsri

15 Feb



search

New Post