Dian Intan Marsifa fauzia, S.Pd. SD

Guru di SDN 25 Membalong Belitung ...

Selengkapnya
Navigasi Web
MEMBANGUN KREATIFITAS LEWAT MEDIA AUDIO VISUAL
MEMBANGUN KREATIVITAS LEWAT MEDIA AUDIO VISUAL

MEMBANGUN KREATIFITAS LEWAT MEDIA AUDIO VISUAL

MEMBANGUN KREATIFITAS LEWAT MEDIA AUDIO VISUAL

#TantanganGurusiana

TantanganHariKe-9

Pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Atau mudahnya usaha sadar dari guru untuk membuat siswa belajar, yaitu terjadinya perubahan tingkah laku pada diri siswa yang belajar, dimana perubahan itu dengan didapatkannya kemampuan baru yang berlaku dalam waktu tertentu dan karena adanya usaha. Pembelajaran juga menimbulkan interaksi belajar mengajar antara guru dan siswa, dimana sisiwa tersebut merupakan kunci terjadinya perilaku belajar dan ketercapaian sasaran belajar.

.Pembelajaran yang berkualitas sangat tergantung dari motivasi pelajar dan kreatifitas pengajar. Pembelajar yang memiliki motivasi tinggi ditunjang dengan pengajar yang mampu memfasilitasi motivasi tersebut akan membawa pada keberhasilan pencapaian target belajar. Target belajar dapat diukur melalui perubahan sikap dan kemampuan siswa melalui proses belajar. Desain pembelajaran yang baik, ditunjang fasilitas yang memandai, ditambah dengan kreatifitas guru akan membuat peserta didik lebih mudah mencapai target belajar.

Pada kenyataannya dalam proses kegiatan belajar mengajar masih banyak guru yang belum menerapkan model-model dan media pembelajaran, guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan saja, bahkan peserta didik pun hanya diminta mencatat seperti apa yang buku selain itu guru juga kurang menggunakan model dan media yang bervariasi sehingga mengakibatkan siswa kurang termotivasi untuk belajar.

Metode ceramah dan tanya jawab kurang cocok dengan tingkah laku siswa yang masih kecil sehingga siswa bosan dengan pelajaran tersebut. Pada pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energy yang menekankan pemberian pengalaman langsung dan pemahaman untuk mengembangkan kompetensi siswa agar mampu memahami alam sekitar secara ilmiah. Melalui pembelajaran IPA, siswa mendapatkan pengetahuan melalui praktek, meneliti secara langsung terhadap objek-objek yang akan dipelajari, sehingga pembelajaran akan lebih bermanfaat dan efektif. Siswa belajra IPA dengan mencoba dan membuktikan sendiri, sehingga siswa akan merasa tertarik dan dapat memperkuat kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Siswa juga menjadi kreatif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Dalam proses belajar mengajar IPA di sekolah dasar seorang pendidik dapat menggunakan berbagai model dan media mengajar yang menarik untuk mencapai tujuan pengajaran. Agar kegiatan belajar IPA dapat memperoleh hasil yang lebih efektif dan efisien, setiap materi pelajaran memerlukan cara atau model penyampaian yang menarik dan bervariasi. Oleh karena itu, pendidik harus mampu memilih menetapkan meodel juga media pembelajaran untuk materi tertentu dan sesuai dengan situasi dan kondisinya. Kegunaan model dan media dalam pembelajaran adalah mempermudah tercapainya tujuan yang diharapkan.

Oleh karena itu saat kegiatan belajar mengajar penulis menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran serta media pembelajaran yang dapat merangsang motovasi siswa, salah satunya dengan menggunakan Media Audio Visual. Dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek dan media audio visual ini dapat membuat siswa lebih aktif, kreatif dan dapat mendorong siswa untuk meningkatkan keberanian dalam mengungkapkan pendapat serta kemampuan untuk bekerja sama dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari sehingga menghasilkan sebuah produk atau karya yang dibuat oleh siswa sendiri yang pada akhirnya hasil belajar pun meningkat karena siswa memahami materi yang disampaikan oleh guru. Menggunakan Media Audio Visual sangat cocok untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa agar minat belajar siswa meningkat dan siswa tidak akan bosan, juga dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa karena apa yang dilihat, didengar dan dirasakan langsung.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap bu

24 Jan
Balas

Mkasih bunda....salam kenal ya bu n follow balik

04 Feb

Mantul.Salam kenal.

12 Feb
Balas



search

New Post