Dian Intan Marsifa fauzia, S.Pd. SD

Guru di SDN 25 Membalong Belitung ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mens Sana in Corpore Sano

Mens Sana in Corpore Sano

#TantanganGurusiana

Tantangan Hari Ke-21

Didalam mahfudzot dikatakan “Kebersihan itu sebagian dari Iman “ tentu kita ketahui di dalam ajaran agama islam diuraikan dengan kebersihanya, bersih tubuh, pakaian, dan lingkungan sangatlah penting untuk kita jaga karena sangat mempengaruhi kesehatan kita. Sebagai seorang muslim yang baik kita harus memiliki jiwa dan perasaan tidak betah dengan kotor dan berantakan, sebaliknya kita harus cinta akan kebersihan dan keindahan. Karena Allah itu indah dan mencintai keindahan, bagaimana cara kita untuk menjaga kebersihan? Contoh kecil dengan rajin ganti baju, mandi dua kali sehari, sikat gigi dua kali sehari dan memperhatikan kebersihan tubuh lainnya. Kemudian kebersihan lingkungan sekitar kita pun perlu kita jaga dan perhatikan, seperti jangan membuang sampah sembarangan dan lain-lain. Jangan menjadi orang yang tidak peka dengan keadaan lingkungan, lingkungan yang ada disekitar kita tentu menjadi tanggung jawab bersama yang harus kita perhatikan dan lestarikan.

Nah, untuk mendudukung hal tersebut seperti dalam mahfudzot bahwa “Kebersihan adalah sebagian dari iman” dan kebersihan sudah tentu akan mempengaruhi kesehatan. Sekolah kami selalu berupaya dengan cara mengingatkan dan menggiatkan anak didik untuk menjaga lingkungan kelas juga lingkungan sekolah mulai dari menjalankan piket kelas setiap hari, kerja bakti lingkungan sekolah setiap hari jumat sehabis senam bersama dengan harapan agar lingkungan sekolah bersih, asri, indah dan anak didik menjadi sehat jauh dari segala macam penyakit. Sekolah kami juga menyediakan ruang UKS yang letaknya berada di sudut bersebelahan dengan ruang kelas enam. UKS adalah upaya pelayanan kesehatan yang ada di sekolah atau upaya pertolongan pertama pada kecelakaan dengan tujuan menangani anak didik yang mengalami kecelakaan ringan, melayani kesehatan dasar bagi anak didik selama sekolah, memantau pertumbuhan dan status gizi anak didik dan lainnya.

UKS bukanlah suatu tindakan untuk menyembuhkan orang sakit, karena untuk menyembuhkan orang yang sakit tentu harus datang ke Puskesmas atau klinik juga Rumah sakit. Namun aspek yang sangat penting dalam kegiatan UKS justru aspek pendidikannya yaitu memberikan pendidikan kesehatan kepada anak didik, membiasakan diri dalam suasana yang sehat dan bersih serta mengendalikan watak dan perilaku atau sikap anak didik dalam melaksanakan cara-cara hidup sehat, sehingga dapat memberikan kesempatan kepada anak didik agar tumbuh dan berkembang secara optimal.

Sekolah kami juga merekrut Dokter kecil yaitu peserta didik yang dipilih oleh guru atau peserta didik yang berkeinginan mengikuti kegiatan tersebut. Setelah terpilih sebagai anggota tim kesehatan sekolah, mereka memiliki tugas dan tanggung jawab yang harus dijalani mulai dari selalu bersikap dan berperilaku sehat, mengajak murid lain untuk kerja sama dalam menjalankan program kesehatan sekolah, membantu guru dan petugas kesehatan yang datang dari puskesmas pada waktu penyelenggaraan pelayan kesehatan di sekolah dan lain sebagainya.

Manfaat Dokter Kecil di Sekolah yaitu untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku hidup bersih dan sehat, bertindak sebagai teladan, penggerak dan pendorong hidup sehat bagi kawan-kawannya, juga agar memiliki rasa kepedulian sosial untuk siswa lainnya sehingga ikut tergerak dan terbiasa berperilaku hidup bersih dan sehat. Manfaat bagi kami selaku guru di sekolah dengan adanya dokter kecil untuk meningkatkan kerjasama antara guru dengan orang tua murid dan petugas kesehatan dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah, sedangkan bagi orang tua didik dapat meningkatkan kesadaran orang tua dalam berperilaku hidup bersih dan sehat bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungannya serta mendukung dan berperan aktif dalam kegiatan peningkatan kesehatan anak sekolah. Manfaatnya bagi masyarakat agar masyarakat tergerak untuk hidup bersih dan sehat dan akhirnya akan berdampak pada meningkatnya kualitas hidup sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian di lingkungan sekolah juga tempat tinggal kami, karena kesehatan itu mahal harganya tentu kita berkewajiban untuk menjaganya.

Namun untuk mencapai itu semua tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kami selaku guru juga kepala sekolah untuk dapat membiasakan pola hidup bersih dan sehat kepada anak didik karena semua itu tak lepas dari faktor pendukung dan kerjasama antara siswa, orang tua murid dan semua dewan guru juga kepala sekolah.

Mens sana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Betul skali pak gufron pembiasaan sjak dini

05 Feb
Balas

Membiasakan hal positif baik untuk pertumbuhan

05 Feb
Balas



search

New Post