Didi Suradi

Didi Suradi. Lahir di Majalengka, 06 April 1974. Anak pertama pasangan Sukri dan Julaeha ini menamatkan pendidikan SD Sampai SMA pada tahun 1993. Kemudian melan...

Selengkapnya
Navigasi Web

Guru Harus Sudah Selesai Dengan Masalahnya Sendiri

Maksud ungkapan ini adalah berkaitan dengan tugas pokok guru dalam mendidik, mengajar dan melatih. Tugas seperti ini membutuhkan kesungguhan dan konsentrasi yang tinggi. Karena itu, jika guru masih sibuk dengan urusannya sendiri, sangat sulit dapat menjalankan tugas pokoknya dengan baik. Ketika bersama dengan murid, guru harus melupakan semua permasalah pribadinya. Mungkin saja di rumah ada permasalahan yang butuh pemikiran ekstra. Namun, sebelum masuk ruang kelas, masalah itu harus disimpan sejenak agar tidak mengganggu proses belajar mengajar. Guru tidak perlu menampakkan semua permasalahan yang sedang dihadapinya. Apalagi sampai murid-muridnya tahu. Kemampuan mengendalikan masalah ini merupakan kompetensi yang harus dikuasai guru.

Dalam kasus lain, ada sebagian guru yang merasa kurang percaya diri dengan penguasaan materi ajarnya. Dia merasa tidak banyak paham dengan mata pelajaran yang baru saja ditugaskan padanya. Ada juga guru yang masih risau dengan status kepegawaiannya. Yang lain masih sibuk menyiapkan adminsitrasi kepegawaian untuk mengajukan NUPTK, dan masih banyak masalah lainnya.

Guru juga manusia, tapi guru adalah sosok manusia luar biasa. Dia adalah teko yang penuh berisi air, yang akan dituangkan pada gelas-gelas kosong. Maka pastikan teko ini berisi air yang bersih dan menyehatkan. Jadi, sebelum masuk kelas, pastikan guru harus sudah selesai dengan masalahnya sendiri.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Setuju Pak. Sebab di sekolah dan tidak sedikit siswa yang membawa bungkusan persoalan. Karenanya bijaknta seorang guru dalam hal ini merupakan keniscayaan, agar mampu membuka bungkus persoalan siswa terlebih dalam menyampaikan bahan ajar yang merupakan kewajiban pokoknya. Sukses selalu dan barakallahu fiik

30 Sep
Balas

aamiin, terima kasih komenta manisnya.

30 Sep



search

New Post