dina hervita

Saya guru di Jakarta Selatan. Ingin berpartisipasi di gerakan literasi. Jargon gemar membaca hanya akan menjadi tulisan tanpa makna jika guru tidak berperan akt...

Selengkapnya
Navigasi Web
Gulai Nasi Padang

Gulai Nasi Padang

Cinta dalam semangkuk sayur gulai nangka

Siapa yang tak kenal nasi Padang. Makanan yang sangat populer di lidah orang Indonesia, bahkan sudah tercipta lagu yang dinyanyikan oleh Audun Kvitland pria asal Norwegia yang berjudul nasi Padang.

Saking terkenalnya masakan ini, membuat cara masaknya pun sudah sangat mudah di temukan di YouTube ataupun di Google.

Hanya dengan mengetik kata jenis masakan apa yang akan kita masak, akan keluarlah berbagai macam resep dengan berbagai varian cara memasaknya.

Kemarin sore, aku mendapat kiriman sebuah nangka muda. Ah Alhamdulillah, bisa aku masak nih. Pikirku dalam hati.

Masak apa ya enaknya?

Demi mengurai kebingunganku, kU buka gawai dan kuketik di masakan nangka, kemudian kulihat gambar-gambar yang terbuka, sungguh lezat.

Tapi mataku terpaku pada satu masakan “gulai nangka Padang” ah inilah yang harus aku masak, pikirku.

Kemudian kU ketik lagi di Google dan keluarlah bumbu dan cara memasaknya.

Bahan: 1/4 nangka muda 200 gr daging tetelan 550 ml santan 1 lembar daun kunyit 2 lembar daun jeruk 2 lembar daun salam 1 batang Sereh di geprek

Bumbu halus: 8 siung bawang merah 5 siung bawang putih 1 ruas jari jahe 1 ruas jari kunyit 2 buah kemiri 1 sdt ketumbar 10 cabai merah keriting Gula secukupnya Garam secukupnya Kaldu bubuk secukupnya

Setelah semua aku siapkan, baru aku eksekusi. Mudah-Mudahan enak pikirku.

“Mah sedang masak apa? Koq bau tumisan nya harum banget sampai depan?” Kata anakku sambil berteriak dari kamarnya jauh didepan.

“Masak cinta nak, hehehe.” Jawabku

“Ah geleuh, enak mah baunya.” Sambungnya kembali.

“Sebentar ya mbak, baru masak gulai nangka Padang nih. Nanti kalau sudah beres kita sarapan bareng.” Sahutku.

Dengan penuh cinta kU lanjutkan memasak.

Sembari mendengar lagu-lagu cinta yang sedang ngetren akhir-akhir ini, aku lanjutkan acara memasakkku.

Sambil memasak nasi dan lauk. Aku loncat sana-loncat sini.

Demi mendapatkan rasa yang pas. Icip sana icip sini.

Tambah sana tambah sini

Akhirnya setelah setengah jam lebih berkutat dengan pisau, kompor dan panci, jadilah masakanku.

Treng...treng...treng....inilah gulai nangka Padang alaku.

Mari makan teman-teman

Selamat menikmati😁

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Fotonya menggoda selera Bu Dina.. Nyam..nyam...

23 Jan
Balas

Amatiran kok bu..hehe

23 Jan



search

New Post