Dinda Rahmayani

Pendidik mata pelajaran bahasa inggris yang bertugas di SMP Negeri 11 Prabumulih, Kota Prabumulih Provinsi Sumatera Selatan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Antara Daring, Luring dan Tatap Muka

Antara Daring, Luring dan Tatap Muka

Terdampak pandemi Covid 19 proses pembelajaran pun beralih dari tatap muka di sekolah menjadi Pembelajaram jarak jauh (PJJ). Kegiatan PJJ atau juga biasa dikenal dengan istilah Belajar Dari Rumah (BDR) pun terbagi menjadi dua pola pembelajaran yaitu secara daring dan secara luring.

Beberapa istilah ini pun menjadi akrab dengan kita para pelaku pendidikan maupun masyarakat umum. Istilah pembelajaran secara daring atau dalam jaringan sesuai dengan arti katanya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pembelajaran yang dilakukan dalam jaringan internet, baik dengan adanya interaksi langsung antara pendidik dan peserta didik misalnya dalam sebuah aplikasi seperti Google classroom, zoom, WAG dan lain- lain maupun dengan sistem penugasan misalnya melalui video YouTube, dan lainnya tanpa kegiatan interakif. Tentu saja dalam pola pembelajaran ini memerlukan jaringan internet yang baik, perangkat yang mendukung serta kuota atau data internet.

Sedangkan PJJ bagi daerah yang masih terkendala hal- hal tersebut diatas dilakukan melalui luring atau luar jaringan. Pada pola ini sekolah atau dalam hal ini pendidik membagikan semacam modul atau lembar kerja siswa yan berisi materi dan tugas yang harus dituntaskan oleh para peserta didik. Tentu saja terdapat mekanisme pembagian modul atau LKS tersebut sedemikian rupa sehingga prosesnya tidak menyebabkan pengumpulan sekelompok siswa. Pola luring ini berbeda makna dengan tatap muka, meskipun ada pertemuan antara pendidik dan peserta didik ketika pembagian modul namun pembelajaran tetap diselesaikan secara jarak jauh.

Pembelajaran luring juga dilaksanakan melalui program-program di televisi atau radio. Dalam pola ini peserta didik mengakses materi dan tugas melalui media elektronik yaitu televisi dan radio.

Terlepas dari beberapa pola yang diterapkan dalam pembelajaran selama pendemi Covid -19 ini, kita semua berharap pembelajaran tetap terlaksana secara optimal ditengah pandemi yang belum kita ketahui kapan akan berakhir.

Tetap semangat dan salam Edukasi!

#tantanganmenulis_gurusiana hr ke -12

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

untuk model sekolah seperti di daerah kita pinggiran dan mayoritas siswa dari desa diupuayakan diatur untuk blended learning. untuk mengakomodasi siswa yang tidak bisa belajar online

07 Jun
Balas

Iya, agak tersendat kalo fully daring

08 Jun

Mantap Bu Dinda. Tetap Semangat, semoga Covid-19 segera tuntas. Aamiin

07 Jun
Balas

Mantap Bu Dinda. Tetap Semangat, semoga Covid-19 segera tuntas. Aamiin

07 Jun
Balas

Mantap Bu Dinda. Tetap Semangat, semoga Covid-19 segera tuntas. Aamiin

07 Jun
Balas

Mantap Bu Dinda. Tetap Semangat, semoga Covid-19 segera tuntas. Aamiin

07 Jun
Balas

Terima kasih pak, aamiin

08 Jun



search

New Post