Dini Anindya Agustin

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Penguasaan Iptek dalam Kegiatan Ekonomi di Era Globalisasi

Penguasaan Iptek dalam Kegiatan Ekonomi di Era Globalisasi

Dini Anindya AgustinMahasiswa Akuntansi FE UNISSULASri Dewi Wahyundaru(email : [email protected]) Teknologi informasi kini berperan sangat penting di era globalisasi. Dengan menguasai teknologi dan informasi, kita sudah mempunyai modal yang cukup dalam persaingan global. Di negara maju teknologi dan ilmu pengetahuan berkembang sangat pesat karena didukung oleh sistem informasi yang mapan. Sebaliknya di negara-negara berkembang penguasaan ilmu pengetahuan dan tekonologi masih dalam keterbelakangan, karena pendukung sistem informasi yang lemah.

Di Indonesia sendiri teknologi dan informasi berkembang di berbagai bidang, salah satunnya di bidang perekonomian. Saat ini sudah banyak berbagai aplikasi dan peralatan canggih yang tercipta untuk memfasilitasi pertumbuhan ekonomi. Iptek yang terus berkembang dalam kegiatan ekonomi ini, menjadikan banyak manfaat yang diperoleh, antara lain :

• Peningkatan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek tenologi industri maupun aspek jenis produksi. • Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. • Persaingan dalam dunia kerja yang semakin ketat, akan menuntut pekerja menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki. • Perusahaan dapat menjangkau pasar yang lebih luas, karena konsumen mengakses internet tidak terbatas ruang dan waktu. • Bisnis berbasis ICT atau yang biasa dikenal sebagai e-commerce dapat mempermudah transaksi bisnis. Selain manfaat yang ada diatas masih banyak lagi hal-hal positif yang didapat dari berkembangnya Iptek di bidang ekonomi. Di sisi lain kemampuan penguasaan iptek terutama dibidang ekonomi yang ada di Indonesia, terhitung masih kurang dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Hal ini disebabkan oleh dana anggaran penelitian dan pengembangan yang sangat minim. Hal tersebut dapat diindikasikan dari jumlah paten yang masih sangat kurang. Oleh karena itu, perlu pembangunan pendidikan yang lebih maju guna memaksimumkan sumber daya manusia disetiap sektor. Kita juga harus fokus dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan tekonlogi agar dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Indonesia sudah memiliki sumber daya alam yang melimpah dan penduduk yang banyak untuk dapat mengolah dan memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya. Referensi :https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.kompasiana.com/yanuartechno/54ffffef813311d019fa6f6d/teknologi-informasi-di-era-globalisasi&ved=2ahUKEwi1z4Py2priAhUJSo8KHfohAFwQFjABegQIDhAJ&usg=AOvVaw24Oyll534Vmsfu-ZX3cNpvhttps://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.dosenpendidikan.com/20-dampak-positif-dan-negatif-teknologi-informasi-di-bidang-ekonomi/&ved=2ahUKEwjPhcmt25riAhVLQY8KHeC5CcEQFjAFegQIBxAB&usg=AOvVaw2Ng9evcgtcGLi0BYf8ob4ahttps://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://m.mediaindonesia.com/amp/amp_detail/125967-penguasaan-iptek-kunci-kemajuan&ved=2ahUKEwiypZXG25riAhWIinAKHWZcC2AQFjAAegQIBhAB&usg=AOvVaw1m9uJtg93Z3Z_xlKjaa4le&ampcf=1
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagus sekali. Barakallah. Jgn lupa untuk berkunjung ke tulisan saya

15 May
Balas



search

New Post