Dini Wahyuni

Guru Geografi di SMA Negeri 1 Rangkasbitung kabupaten Lebak -Banten, yang juga lulusan UPI Bandung. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
WASPADA LA NINA SIAGA BENCANA HIDROMETEOROLOGI

WASPADA LA NINA SIAGA BENCANA HIDROMETEOROLOGI

WASPADA LA NINA SIAGA BENCANA HIDROMETEOROLOGI 

 

Dini Wahyuni

 

#tantanganharike4

#MediaGuruIndonesia

#gurusiana 

 

 

*** 

 

Beberapa hari ini sebagian besar wilayah di Indonesia mengalami hujan deras disertai dengan petir dan angin kencang, bahkan disejumlah daerah menyebabkan banjir, longsor, dan angin kencang. terkait, masalah ini, pihak BMKG telah menyampaikan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan terdampak la nina pada akhir tahun 2020 hingga awal tahun 2021. 

 

*** 

 

La nina merupakan peristiwa anomali/kelainan gejala cuaca dimana suhu permukaan air laut wilayah tropis di Samudera Pasifik lebih dingin daripada kondisi normal sehingga membentuk awan dan menyebabkan tingginya curah hujan untuk wilayah bagian barat. 

 

*** 

 

Peristiwa ini dapat menimbulkan berbagai bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, angin kencang, bahkan menurunnya hasil tangkapan laut. Tidak hanya kerugaian material, tapi kesehatan dan keselamatan jiwa menjadi terancam. 

 

*** 

 

Berbagai upaya mitigasi dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi dampak  bencana hidrometeorologi ini yang harus disesuaikan dengan masa pandemi saat ini. Misalnya optimalisasi sungai, saluran air, daerah tangkapan hujan, dsb. berbagai kebijakan upaya mitigasi yang lain yang telah disesuaikan dengan kondisi saat ini. dan yang paling penting adalah kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi bencana alam yang berpotensi terdampak la nina. 

 

*** 

Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca artikel saya. 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren informatif

25 Oct
Balas

Sangat rinci... mantap

26 Oct
Balas



search

New Post