DIDIK SISWANTO

Bertugas di SMK Negeri 7 Sarolangun Jambi, Masih sebagai Guru Yang Insya Allah akan terus belajar dan Belajar ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Pelaporan Semester Genap

Tantangan hari ke133

Pelaksanaan pelaporan semester genap tahun 2019/2020 sedang berlangsung. Di tengah kondisi pandemi Covid 19 proses pembelajaran dilaksanakan secara daring. Ada juga secara luring. Pelaporan semester genap tahun ini berbeda dari biasanya.

Saat kondisi seperti sekarang tidak bisa kita memaksakan kondisi normal seperti sebelum ada pandemi. Ujian semester tatap muka harus diganti dengan ujian semester secara online. Itupun harus memperhatikan kondisi geografis sekolah. Ingat, belum semua wilayah di NKRI ini terjangkau jaringan internet. Bahkan listrik pun belum semuanya teraliri.

Sekolah tidak perlu memaksakan pelaksanaan pelaporan semester sesuai kurikulum normal. Pelaporan semester dapat dilakukan dengan penugasan atau dengan menggunakan nilai sebelumnya. Mengingat sebenarnya guru sudah paham betul dengan kondisi peserta didik.

Kita berharap kondisi membaik kembali. Tetapi nasib dan masa depan peserta didik jangan sampai dihinggapi rasa jengkel berlebihan dan berkepanjangan pada diri seorang guru. Kadang kita sebagai guru kalau marah sama siswa sukanya beranak pinak alias keterusan. Padahal harus kita sadari 15 tahun mendatang siswa kita sekarang akan menjadi atasan kita, atau menjadi bagian dari keluarga kita. Jalan hidup tidak ada yang menyangka.

Namun bukan berarti juga seorang guru mempermudah begitu saja urusan peserta didik. Guru tetap harus profesional dan proporsional. Objektif tetapi juga harus solutif.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap pak

09 Jun
Balas

terima kasih

09 Jun

terima kasih

09 Jun



search

New Post