Djuni Posma Rouli,S.Pd., M.Pd

Djuni Posma Rouli, S.Pd., M.Pd lahir di Medan , pendidikan S-2 Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Medan tahun 2023 menikah dengan bapak Rikkar Simanjunt...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Sepanjang Hayat
Sumber: Djuni Posma Rouli

Belajar Sepanjang Hayat

Usia tidak menghalangi untuk belajar, Menurut pendapat Komar, (2006), pendidikan sepanjang hayat merupakan upaya setiap orang yang dilakukan konsisten dengan tujuan membekali diri melalui pendidikan. Itu berarti seseorang secara terus-menerus mengisi setiap kesempatan dengan belajar dari berbagai sumber yang ada.Ibu Guru yang dua ini aktif mengajar di SMA Negeri 1 Silaen. Djuni Posma Rouli, S.Pd mengajar mata pelajaran Kimia dan Mularia Panjaitan, S.Pd mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris yang sangat aktif dalam kegiatan dan ilmu yang baru.

Perhatikan kedua ibu Guru ini mahkota putih telah menghiasi rambut kedua Guru Sekolah tercinta. Usia telah mencapai 53 tahun. Kurang lebih tujuh tahun lagi akan menyelesaikan purnabakti. Apa yang menjadi inspirasi dari kedua ibu guru ini. SMA Negeri 1 Silaen pada tanggal 28-29 Oktober 2022 telah mengadakan pelatihan “Model Manajemen Pelatihan Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru”. Pelatihan ini diberikan oleh mahasiswi rekognisis pembelajaran lampau (RPL) Prodi Pascasarjana Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Medan. Dosen Pembimbing satu Prof. Dr. Paningkat Siburian, M.Pd dan Dosen Pembimbing kedua Dr. Yuniarto Mudjisusatyo, M.Pd. Materi pelatihan terdiri rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) satu lembar sesuai surat edaran Mendikbud nomor 14 tahun 2019, media pembelajaran video yang dibuat dari canva atau power point, dan evaluasi pembelajaran dengan lima jenis soal yang terdiri 1)pertanyaan deskripsi dan pilihan jawaban gambar, 2)pertanyaan gambar dan pilihan jawaban gambar, 3)pertanyaan menonton youtube dan pilihan jawaban deskripsi, 4)pertanyaan tabel dan pilihan jawaban deskripsi, serta 5)pertanyaan deskripsi dan jawaban deskripsi.

Usia yang lebih setengah abad tidak menghalangi kedua ibu guru ini untuk belajar. Waktu istirahat dipergunakan untuk mengerjakan produk pelatihan, memberikan masukan dan menyelesaikan produk pelatihan yang dapat diterapkan pada pembelajaran yang diberikan pada peserta didik. Terutama produk dari pelatihan membuat evaluasi pembelajaran dengan lima jenis soal yang akan diujikan pada peserta didik di penilaian akhir sumatif (PAS) semester ganjil tahun pembelajaran 2022-2023 melalui Quizroom yang diterapkan di SMA Negeri 1 Silaen yang di pimpin Pasno Lingga, S.Pd, M.Si.

Penulis mengajak Bapak/Ibu Guru untuk selalu bangkit dan semangat untuk mengetahui dan mempelajari hal yang baru, terutama media pembelajaran video melalui canva yang dapat dilinkkan dengan youtube dan membuat lima jenis soal. Apakah harus guru yang yunior, Guru senior tidak usah ?.Usia bukan halangan untuk belajar tetapi kemauan yang ada pada Guru tersebut. Belajarlah sepanjang hayat.Tingkatkan kualitas peserta didik melalui Pelatihan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik Guru.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantap ulasannya keren

08 Nov
Balas



search

New Post