Deni Kurnia

Seorang guru sekaligus blogger, yang berniat berkhidmat untuk umat dengan apapun yang bisa dilakukan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pendidikan yang Mengubah Ulat Menjadi Kupu-kupu
SSG Daarut Tauhiid angkatan 29 berfose bersama KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym)

Pendidikan yang Mengubah Ulat Menjadi Kupu-kupu

Tantangan Hari ke(4)

Pendidikan yang mengubah ulat menjadi kupu-kupu, sebuah kalimat yang terus terngiang dalam ingatan. Sebuah frasa tulisan Robert T Kiyosaki, dalam seri bukunya " Rich Dad Poor Dad". Dalam buku tersebut ia gambarkan pendidikan yang dimaksud ketika ia berlatih dalam pendidikan pilot, dan dalam karir militernya.

Ya, sejatinya pendidikan itu adalah upaya perubahan. Perubahan ke arah yang lebih baik. Inilah domain utama pendidikan sebenarnya. Dalam prosesnya, ia tak sekedar kegiatan transfer keilmuan, namun lebih jauh lagi dapat merubah menjadi pribadi-pribadi unggul.

Dalam konteks demikian, bisa saya sebut Santri Siap Guna (SSG) Daarut Tauhiid Bandung termasuk pola pendidikan dan latihan, yang atas izin Allah, mampu menjadikan para santrinya berubah "dari ulat menjadi kupu-kupu". Sebuah pola yang dibangun menjadi rangkaian kegiatan terstruktur, mulai tahap dobrak diri, bangun diri, dan bangun tim dan organisasi.

Rangkaian kegiatan berjangka 4 bulan, setiap Sabtu dan Ahad ini, menjadi semacam fasilitas perubahan kepribadian para santri, dari yang biasa menjadi luar biasa. Bukan hanya fisik yang diuji, namun lebih utamanya pengolahan hati dan nurani, yang ditempa untuk selalu dzikir kepada Allah SWT.

Outputnya, diharapkan santri menjadi "ragi" di wilayahnya, menjadi pelopor kebaikan dan perubahan bagi masyarakat, selain tentu diri dan keluarganya.

Mudah-mudahan ini menjadi realita, pendidikan yang mengubah ulat menjadi kupu-kupu, pendidikan yang tidak hanya kognitif yang diasah, namun pembentukan karakter baik dan kuat dalam kehidupan sehari-hari.

#TantanganGuruSiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post