Dra. Diah Listyorini

Mengajar di SMPN 2 Katapang, Kab. Bandung. Alumni MG kelas WJLRC Bandung...

Selengkapnya
Navigasi Web
Manis-manis  Segar

Manis-manis Segar

Setelah pulang dari sekolah, kulihat beberapa buah mangga ada di meja dapur. Terlihat masih terlalu muda dan ada juga yang sedikit terbelah dengan warna daging buah yang kekuningan. Kata anakku mangga-mangga itu dari Mbah Uti. Yaah ... di rumah orang tuaku, anakku menyebutnya Mbah Uti dan Mbah O, memang ada pohon mangga yang sedang berbuah cukup lebat, tetapi masih belum cukup tua untuk dipanen. Kata anakku, mangga yang ada di meja itu adalah buah yang jatuh sebelum tua untuk dipetik. Mau dimakan langsung untuk rujak, tentu rasanya sangat asam. Jadi, harus diolah menjadi sajian yang berbeda dan rasanya tidak terlalu asam.

Rekanku di sekolah, seorang guru IPA, pernah memberiku resep cara mengurangi rasa asam pada buah mangga sebelum diolah. Dengan mengurangi rasa asam buah mangga yang masih muda, nantinya bisa dimanfaatkan untuk menjadi manisan sehingga mangga-mangga itu tidak terbuang percuma. Kali ini aku akan mempraktikkan resep manisan itu.

Pertama, mangga muda dikupas dan dicuci. Mangga yang telah bersih itu kemudian diparut kasar. Setelah selesai diparut, tambahkan garam dengan jumlah yang agak banyak lalu aduk dengan tangan sambil diremas-remas. Diamkan selama kurang lebih dua jam. Setelah kurang lebih dua jam, campuran parutan mangga dan garam itu akan mengeluarkan cairan yang banyak. Cucilah parutan mangga ini berulang-ulang sampai air bilasan terakhir terlihat cukup bening. Cara ini bisa mengurangi rasa asam pada mangga.

Untuk mangga yang daging buahnya sudah terlihat kekuningan dan agak lunak, tidak perlu diparut. Tetapi, cukup diraut tipis-tipis seperti memotong buah untuk rujak. Setelah diberi garam, cukup diaduk-aduk tanpa diremas. Diamkan juga selama dua jam, kemudian bilas kembali dengan air beberapa kali untuk mengurangi rasa asin dan asam.

Setelah itu, buah mangga siap untuk diolah menjadi manisan. Kita akan membuat kuah manisannya. Berikut ini bahan dan cara membuatnya :

1. Siapkan 250 gram gula pasir.

2. Haluskan 2 biji cabai merah keriting. Rasa pedasnya boleh sesuai selera.

3. Tuang 3 gelas air ke dalam panci.

Masaklah semua bahan-bahan itu sampai airnya mendidih. Setelah mendidih, matikan api kompornya dan masukkan mangga tadi. Tunggu sampai dingin lalu pindahkan ke wadah-wadah cantik. Manisan akan lebih nikmat bila disantap setelah didinginkan di lemari pendingin.

Mangga yang asam pun kini menjadi lebih manis dan segar. Selamat mencoba dan berkreasi dengan buah mangga.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Waduuuh....seger bangeeet.

12 Aug
Balas

Iyaaa ... lg liburan. Eksplor kreativitas. Boleh dicoba. Seegeeer deh.. Mksh Bu Iis apresiasinya.

12 Aug

Waduuuh....seger bangeeet.

12 Aug
Balas

Hmmm ... iyaaa.

13 Aug

Segarnyaa...

13 Aug
Balas

Iyaaa Bunda. Boleh dicoba. Selamat berkreasi dgn mangga.

13 Aug



search

New Post