Dra. Diah Listyorini

Mengajar di SMPN 2 Katapang, Kab. Bandung. Alumni MG kelas WJLRC Bandung...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mutiara Hikmah (6)

Mutiara Hikmah (6)

Senin, 21 Mei 2018

Bersama Bapak Ustadz Ade Ahmad di Masjid Al Muhajirin, Gandasoli Indah Katapang

Hukum berpuasa bulan Ramadhan : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah : 183).

Lima hari sudah kita melaksanakan ibadah shaum di bulan suci Ramadhan 1439H. Kita meyakini bahwa kita melaksanakan shaum ini karena kita adalah umat muslim. Muslim artinya beriman. Saat ini umat muslim sedang disentuh hatinya untuk menjadi orang yang lebih bertakwa yang rindu akan surga-Nya. Shaum Ramadhan adalah salah satu kunci pembuka suga-Nya.

Ibadah shaum adalah salah satu ibadah untuk memuliakan Allah SWT yang selalu rindu akan surga-Nya. Jika kita merindukan surga Allah, pertanyaannya apakah surga-Nya pun merindukan kita? Bagaimana caranya agar surga itu merindukan kita?

Ada empat hal yang dirindukan surga Allah SWT :

1. Orang yang suka membaca Al Quran.

Untuk memperindah Al Quran itu, ada tujuan dan makna yang terkandung di dalamnya yang harus diikuti. Membaca Al Quran harus sesuai dengan iqro-nya, makna Al Quran harus sesuai dengan ababul nujul. Baca, baca, baca, dan selalu baca Al Quran, terapkan dalam amalan kita selama hidup.

2. Orang yang selalu memelihara lisannya.

Janganlah kita berbicara yang tidak bermanfaat yang berakibat dosa dan kezaliman. Orang yang sudah tersakiti karena lisan oleh mulut akan sulit terobati karena sakitnya akan membekas di hati. Rasa sakitnya akan lebih terasa sakit dibandingkan dengan luka yang diakibatkan oleh benda-benda lain. Adapepatah yang mengatakan, andaikan tak bisa berkata benar, lebih baik diam karena diam adalah sebaik-baiknya emas.

3. Orang yang menginfaksedekahkan hartanya karena Allah SWT.

Beramal untuk menolong dan membahagiakan orang lain tanpa mengharapkan dengan niat tulus karena Allah tanpa imbalan apapun. Menginfaksedekahkan apapun yang dimiliki haruslah sesuai dan dibutuhkan manfaatnya oleh penerimanya sehingga harus tepat dan sampai pada sasarannya.

4. Orang yang melaksanakan ibadah puasa pada bulan suci Ramadhan.

Janji Allah itu sifatnya pasti. Allah akan mengabulkan doa orang yang berpuasa Ramadhan. Ada syarat yang harus ditaati agar puasa kita diterima Allah yaitu mengandalikan hawa nafsu. Pahami aturan-Nya, laksanakan perintah-Nya, dan jauhi larangan-Nya. Ramadhan adalah bulan istimewa yang selalu dinantikan oleh orang-orang yang beriman. Ibadah shaum merupakan pendidikan jiwa pembentuk ahlak mulia untuk meningkatkan keimanan seseorang.

Jangan lewatkan bulan penuh limpahan keberkahan ini. Semoga kita termasuk orang-orang yang dirindukan surga-Mu. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post