Dra. Diah Listyorini

Mengajar di SMPN 2 Katapang, Kab. Bandung. Alumni MG kelas WJLRC Bandung...

Selengkapnya
Navigasi Web
Orang Tua Kedua

Orang Tua Kedua

Wali kelas berarti guru yang diserahi tugas membina peserta didik dalam satu kelas. Wali kelas juga merupakan guru pengajar yang menjalankan tugas-tugas sesuai mata pelajaran yang diampunya, namun mereka mendapat tugas lain sebagai penanggungjawab dinamika pembelajaran di dalam kelas tertentu. Wali kelas harus mampu menata dan mengelola kelas agar peserta didik di kelas tersebut dapat belajar dengan baik dan pada akhirnya dapat mencapai tingkat kedewasaan sebagai tujuan akhir dari proses belajarnya.

Pada tahun pelajaran 2018-2019, aku mendapat tugas tambahan sebagai wali kelas 7F dengan jumlah 34 peserta didik. Sebagai orang tua kedua di kelas 7F, tentunya aku dituntut untuk lebih mengenal peserta didik di kelas ini. Tahap pertama yang aku lakukan adalah meminta peserta didikku di kelas 7F untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang “Siapa Saya?” yang nantinya digunakan sebagai salah satu referensi catatan.

Pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa kelas 7F adalah :

1. Tulislah namamu secara lengkap dan jelas.

2. Tuliskan tempat dan tanggal lahirmu!

3. Tuliskan nama ayah dan ibumu!

4. Tuliskan 5 harapan, keinginan, atau cita-citamu!

5. Dari 5 harapan atau keinginan itu, pilihlah satu yang paling diinginkan!

6. Tuliskan apa saja yang sudah kamu miliki atau sudah kamu kerjakan untuk mencapai harapanmu! (tuliskan 5 hal)

7. Tuliskan apa saja yang akan kamu lakukan untuk mencapai harapanmu! (tuliskan 5 hal)

8. Tuliskan siapa saja yang diharapkan dapat membantumu bila suatu saat kamu mengalami kesulitan!

9. Tuliskan apa saja yang akan kamu lakukan bila kamu berhasil mencapai harapan atau keinginanmu!

10. Tuliskan hal-hal yang kamu sukai dan yang tidak disukai masing-masing 5!

Untuk melengkapi jawaban 1-10, peserta didik diminta untuk menggambar dirinya sendiri. Kemudian, menjelaskan siapa dirinya dengan menyebutkan hal-hal positif tentang dirinya dalam bentuk tulisan satu paragraf. Pada bagian akhir, peserta didik diminta mengungkapkan perasaannya setelah menuliskan, menggambarkan, dan menjelaskan tentang siapa dirinya dan potensi dirinya. Ungkapan perasaannya ditulis dengan tiga kata dan boleh dilengkapi dengan gambar emoji khas anak-anak. Tugas selanjutnya adalah setiap peserta didik membacakan apa yang telah ditulisnya itu untuk orang tua atau walinya. Tuliskan komentar dari orang tua atau walinya dan sertakan juga tanda tangannya. Mengapa orang tua atau wali dilibatkan?

Awal tahun pelajaran, bagi siswa baru terutama kelas 7, adalah pertama kali mereka belajar di tingkat yang lebih tinggi setelah lulus SD. Melalui kegiatan menulis “Siapa Saya?” seperti ini, orang tua akan mengetahui bagaimana awal motivasi dan kesiapan belajar putra-putrinya. Komentar atau tanggapan yang ditulis orang tua pun dapat menggambarkan bentuk apresiasi, perhatian, dan peran sertanya terhadap kegiatan belajar di sekolah.

Setiap peserta didik kelas 7F sudah menuliskan siapa dirinya. Tulisan mereka itu adalah catatan penting untuk pribadinya, bagaimana mereka belajar di sekolah ini. Catatan ini bisa membantu menciptakan suasana kelas yang nyaman atau bila suatu saat wali kelas mungkin menghadapi peserta didik yang bermasalah dalam belajarnya. Selain dari itu juga, merupakan awal komunikasi antara orang tua dengan orang tua kedua di sekolah.

#sahabatkeluarga

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah, sudah punya catatan khusus ya Bu.. Keren

31 Jul
Balas

Iyaa Bunda. Untuk mengenal pribadi & motivasi belajar anak-anak awal tahun pelajaran. Mksh apresiasinya.

31 Jul



search

New Post