Dra.Nurul Sobah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

MATUL

MATUL

Beberapa hari ini aku tidak berkunjung ke Blog Gurusiana. Tidak buka FB media Guru Baru dan juga FB personalku. Semuanya blong. Seperti sepasang kekasih yang lagi bermusuhan. Bukan karena tidak ada bahan untuk ditulis. Ada sih. Seperti acara Senam bersama Darma Wanita .Acara perpisahan teman yang purna tugas . kenangan berkunjung ke rumah teman lahiran. Dan hal-hal yang lain. Semua itu tidak aku tulis karena aku lagi MATUL .

Tahukah anda apakah itu MATUL?. Matul itu istilah yang aku buat untuk kondisiku saat ini. Jika pak Moh.Ikhsan CEO media guru pernah menyampaikan “sempatkanlah 15 menit saja waktu untuk menulis setiap hari, kemudian posting di gurusiana dan FB Media Guru ( pasti anda tidak akan terjungkal }” itu nasihat beliau pada gurusianer yang ikut TAGUR. Wadhuh aku bisa terjungkal berapa kali ya kalau ikut . MATUL itu yang kumaksud Malas Tulis Menulis.Rasa malas ini bukan hanya enggan untuk menulis,menuangkan ide dalam tulisan berupa puisi,cerpen atau artikel yang lain. Tetapi MATUL ini malas untuk membaca,mencari literasi,dan menuangkan ide dalam tulisan.

Aku tahu kemalasan adalah sifat buruk yang sangat mengganggu aktifitas untuk mencapai keinginan. Dalam psichologi, kemalasan itu disamakan dengan kelambanan dan diartikan sebagai kegagalan untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan,meskipun memiliki kemampuan.Karena itu aku coba mencari dari berbagai sumber,apa penyebab kemalasan dan kutemukan ada hal- hal yang megakibatkan timbulnya kemalasan itu , yaitu :

1. Penundaan

Kemalasan biasanya terjadi ketika kita menunda sesuatu yang perlu dilakukan. Ketika kita malas dihadapkan dengan tugas,kita menundanya, tanpa kita sadari tugas makin menumpuk, kitapun menjadi enggan .

2.Adanya Gangguan Yang dimaksud gangguan disini adalah hal-hal lain yang datang ketika kegiatan menulis akan kita kerjakan .Misalnya listrik tiba-tiba padam sehingga perhatian kita terfokus pada penyelesaian masalah listrik. Kunjungan tamu yang tiba-tiba,sehingga kita menghentikan acara menulis kita hingga tamu tersebut selesai dengan keperluannya.

3. Kelelahan

Terkadang kita bekerja terlalu keras di tempat kerja. Pada saat kita sampai di rumah, kita merasa lelah, kita bahkan lupa melepas kaos kaki, apalagi menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman kita.

4. Keragu-raguan

Hidup adalah tentang semua keputusan atau pilihan yang kita buat.Jika kita tidak dapat memutuskan apa yang seharusnya kita lakukan maka kita menjadi ragu-ragu dan menimbulkan kemalasan untuk melakukan sesuatu begitu juga dalam menulis

5. Gaya hidup yang buruk

Yang dimaksud gaya hidup yang buruk disini adalah kebiasaan –kebiasaan buruk yang sering kita lakukan dan biasanya diluar rencana kita, seperti mengobrol di sosial media hingga berlama-lama,menonton acara televisi hingga larut,menonton drama di youtube dan hal-hal lainnya yang menyebabkan kita lupa pada hal-hal yang lebih penting yang harus kita lakukan.

6. Gizi buruk

Apa yang kita makan menentukan tingkat energi dan aktivitas otak kita

Jika kita tidak makan makanan yang seimbang, kata akan kehilangan bahan bakar yang memungkinkan tubuh kita bekerja.

Ketika kia merasa terlalu lemah atau kehabisan tenaga untuk menyelesaikan sesuatu, kemalasan mulai merasuk. Dan pada akhirnya, kita hanya akan melakukan sedikit hal.

Dari sini akhirnya aku mulai bisa meraba-raba apa penyebab kemalasan selama ini, mungkin salah satu atau salah dua dari hal ini telah aku lakukan sehingga timbullah kemalasan. Yah mudah-mudahan saja bukan karena kurang gizi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tetap semangat bund. Salam literasi

11 Apr
Balas



search

New Post