Dra. Sitti Aisyah, M.Pd.

Aku adalah seorang guru yang mengajar di SMP Negeri 2 Telukjambe Barat, keseharianku selain menjadi guru IPS juga pembantu kepala sekolah bidang kurikulum. Pada...

Selengkapnya
Navigasi Web
CARA MUDAH MEMBUAT SERTIFIKAT

CARA MUDAH MEMBUAT SERTIFIKAT

CARA MUDAH MEMBUAT SERTIFIKAT

#Tantangan Gurusiana

#Hari ke 63

Selama ini penulis aktif pada kegiatan MGMP sebagai pengurus dan berbagai kegiatan lainnya. Oleh sebab itu penulis sering membuat sertifikat pelatihan bagi peserta, mau tidak mau harus memiliki kemampuan membuat sertifikat hasil pelatihan.

Sertifikat bertujuan memberikan penghargaan kepada seseorang dari hasil kerja kerasnya dalam mengikuti pelatihan dan menjalankan semua proses pelatihan, selain itu juga sebagai bentuk pengakuan resmi dari lembaga yang memberikan sertifikat tersebut.

Membuat setifikat sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan, tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat sertifikat yang cantik dan elegan. Ada beberapa hal yang harus di siapkan antara lain adalah :

1. Menyiapkan kertas sertifikat yang sesuai. 2. Menyiapkan data penerima sertifikat pada microsoft excel 3. Menyiapkan disain sertifikat dalam bentuk gambar (JPG) 4. Membuat disain dokumen pada Microsoft word

Langkah pertama adalah memilih kertas sertifikat yang sesuai. Kata sesuai disini mengandung maksud bahwa memilih kertas harus memperhatikan:

ukuran kertas, biasanya untuk sertifikat yang resmi sering menggunakan ukuran A4 atau F4 ketebalan kertas, jangan memilih terlalu tipis agar tidak mudah rusak, kita bisa pilih dengan ketebalan antara 160 - 250 gr.

Jenis kertas, bisa kita pilih: concorde, kertas jasmine, kertas akasia, atau kertas hawai. Kertas-kertas tersebut cocok dipakai untuk keperluan formal, karena bersifat lebih mewah dan elegan. Bahkan kalau mau, boleh menggunakan kertas art carton, tentunya dengan format desain yang pantas.

Warna kertas. Tingkat keterbacaan tulisan dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni bentuk tulisan dan warnanya. Soal warna, sebaiknya warna tulisan cukup kontras dengan warna medianya. Usahakan memilih kertas untuk sertifikat dan piagam yang berwarna terang. Jika putih terkesan biasa, Anda bisa mencari warna cerah lainnya, krem atau abu-abu terang, misalnya. Pastikan juga Anda mencetak desain dengan warna kontras, yang memungkinkan tulisan dapat terbaca dengan jelas.

Langkah kedua adalah menyiapkan data pada mikrosoft excel sesuai yang kita butuhkan untuk di masukkan pada lembar sertifikat misalnya nama, pangkat / golongan, instansi, dan lain-lain. nama dan lokasi filenya harus diingat, untuk memudahkan saat mailing dan memilih use exiting list nanti.

Langkah ketiga adalah disain sertifikat dalam bentuk gambar (PNG atau JPG). Untuk mendisain gambar agar sertifikat menjadi mudah. Ada 3 cara membuat disain untuk sertifikat. Antara lain :

Menggunakan berbagai cara, seperti dengan menggunakan aplikasi menggambar ofline (tanpa internet) adobe photo shop, Coreldraw, Microsoft word, Microsoft Powerpoint, Paint, atau download disaint di internet. Pastikan tanpa watermark (bentuk PNG) jika belum, buang watermak yang tidak dibutuhkan

Menggunakan aplikasi online, seperti poster mywall, sketcpad, pencil app, sumopaint, dll,

Nah yang lebih simple lagi bisa membeli langsung di toko buku terdekat. Hanya saja, disain sertifikat yang di beli di toko variasinya terbatas.

Pada kesempatan ini saya akan memberikan 1 contoh mendisain sertifikat yang paling mudah yaitu menggunakan microsof word, seperti berikut ini :

Membuka dokumen kosong

Setting kertas pada Page set up dengan ukuran page size A4, atau F4, margin 2,2,2,2, orientation lansdscape.

Pilih menu page borders dan untuk garis pinggir pilih Art yang diinginkan.

Atau jika gambar sudah disiapkan bisa langsung pilih watermark, selanjutnya klik custum watermark, kemudian pilih picture watermark dan lokasi gambar yang disiapkan, dan insert logo dan letakkan dikiri atas

Langkah ke empat adalah memasukkan data pada mikrosoft word. Sesuai dengan data penerima sertifikat yang akan dibuat, seperti Nama penerima, Mata pelajaran, dan instansi, sesuaikan kebutuhan sertifikatnya. Dengan urutan perintah menu: Mailings, klik use existing list cari data excel yang telah dibuat untuk sertifikat , klik insert merge field. Dan masukkan data yang di pilih. Untuk melihat apakah data yang dipilih sesuai dengan permintaan, maka klik preview results.

Akhirnya setelah setting sertifikat selesai, maka sertifikat bisa langsung di print secara multi .

Demikian serangkaian kegiatan cara mudah membuat sertifikat yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Daftar Pustaka

https://youtu.be/F9XQDqxcpaw

https://importer.co.id/kertas-untuk-sertifikat

https://www.google.com/search?safe=strict&q=membuat+desain+sertifikat&tbm=isch&source=univ&sa=X&ved=2ahUKEwiswYHlmITiAhUFaq0KHdEJDPcQsAR6BAgIEAE&biw=1366&bih=663#imgrc=_

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post