Dra. Sitti Aisyah, M.Pd.

Aku adalah seorang guru yang mengajar di SMP Negeri 2 Telukjambe Barat, keseharianku selain menjadi guru IPS juga pembantu kepala sekolah bidang kurikulum. Pada...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mari Beralih Pada Signal

Mari Beralih Pada Signal

Mari Bergabung Pada Signal

#Tantangan gurusiana

@Hari ke 71

Mengenal Aplikasi Signal Lebih Dekat

Selama ini kita sudah banyak mengenal sosial media yang digunakan oleh masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia, seperti, WhasApp, Messenger, Instagram, Line, Telegram, skype dan ada satu lagi, yaitu Signal. Untuk yang terakhir ini, belum banyak digunakan masyarakat Indonesia, padahal pembuat WhastApp sendiri Acton, juga pengguna Signal, mengucurkan dananya untuk investasi.

Signal di luncurkan pertama kali 29 Juli 2014, adalah aplikasi komunikasi terenkripsi atau penyendiaan untuk Android dan IOS, di kembangkan oleh Whisper System. Sejenis dengan aplikasi sosial media yang disebut diatas.

Saya memilih menggunakan Signal terispirasi dari sahabat saya di Pusat Belajar Guru Karawang (PBG) Bapak Sarif Hidayatullah guru SMKN 1 Karawang. Pada saat penugasan VCT Bath 6, beliau menyampaikan materi ini. Dan mengundang saya hadir dan menggunakan Signal, jadilah sejak hari itu saya bergabung pada aplikasi signal. Penggunaan Signal sebenarnya hampir sama dengan aplikasi sosial Media seperti WhasApp, Messenger, Instagram, Line, Telegram, skype. Hanya saja setelah menggunakannya, saya mencatat beberapa keunggulan Signal dibandingkan sosial media tersebut.

Keunggulan Signal dibanding dengan aplikasi sosial media lain adalah :

Terenkripsi dan di klaim anti sadap, karena enkripsi dari ujung ke ujung yang disebut The Signal Protocol. Tidak disusupi iklan atau pariwara. Sederhana dan aman. Tekhnologinya bernama The Signal Protokcol, juga digunakan oleh aplikasi lainnya. Adanya pengaturan waktu tayang setiap pesan yang dikirim, sehingga menghindari penumpunkan pesan dan penggunaan memori internal, terutama bagi yang pelupa menghapus pesan lama. Setelah aplikasi destop di tautkan ke akun pengguna, itu akan berfungsi sebagai klien independent, artinya aplikasi seluler tidak perlu hadir atau online. Pengguna dapat menautkan hingga 5 aplikasi destop ke akunnya. Tersedia untuk platform windows, MacOS, Linux, iOS, dan Android. Dapat digunakan pada destop setelah mendownload dan terinsnstall Memiliki beberapa fitur laman pesan . seperti SMS, MMS, walaupun pesan teks tidak dapat di enkripsikan. Kunci enkripsi disimpan di ponsel dan di server pengguna, bukan di server pengembang. Obrolan group menyediakan pengguna hampir tidak terbatas.

Seperti kata pepatah “tak ada gading yang tak retak”, Signalpun demikian, ada beberapa kelemahan signal, antara lain:

1. Untuk panggilan video, hanya bisa dilakukan pada ponsel, sementara pada destop belum tersedia, dibandingkan dengan : Skype, IMO Free Chat and Video Call, JusTalk, Google Hangouts, Tango Messenger, Google Duo, Viber, Facebook Messenger, WhatsApp, dan Line.

2. Masyarakat Indonesia masih sedikit menggunakan Signal, sehingga belum banyak teman untuk berkomunikasi aktif.

Selanjutnya Langkah-langkah menggunakan Signal pada Ponsel

Download signal pada Playstore Mendaftarkan sebuah nomor Pasang dan buka pembaruan terakhir dari Signal di perangkat Android atau iOS Anda. Masukkan dan konfirmasi nomor telepon Anda. Kelik Daftar. Tunggu sampai SMS kode verifikasi masuk. Atau Anda dapat meminta panggilan verifikasi jika Anda tidak dapat menerima SMS. Setelah penghitung waktunya selesai, ketuk Telepon atau Saya tidak mendapatkan kodenya > Telepon saya. Jika kode verifikasi tidak terdeteksi secara otomatis, ia dapat dimasukkan secara manual dan dikirimkan. Anda dapat memulai berbagi pesan dan melakukan panggilan segera setelah proses pendaftaran selesai.

Kirim Pesan

Setelah Anda mendaftarkan nomor Anda dengan Signal, Anda dapat mulai berkomunikasi secara privat dengan pengguna Signal lainnya.

Begini caranya untuk mengirim sebuah pesan:

· Android

· iOS

· Desktop

Menggunakan Android

1. Di Signal, ketuk ikon untuk melihat daftar kontak Signal Anda.

2. Pilih kontak atau masukkan nomor untuk membuka percakapan baru.

3. Ketuk kolom input teks.

· Anda akan melihat pesan Signal saat Anda berkomunikasi dengan pengguna Signal lain secara aman.

· Anda akan melihat SMS tidak aman saat mengirimkan pesan tidak aman menggunakan pulsa Anda.

· Ketik pesan Anda atau lampirkan sebuah berkas.

· Ikon kirim juga mengindikasikan tipe pesannya.

· Untuk mengirimkan pesan Signal, ketuk pada ikon kirim berwarna biru dengan gembok tertutup.

· Untuk mengirim SMS/MMS yang tidak aman menggunakan pulsa Anda, ketuk dan tahan atau tekan lama ikon kirim untuk mengalihkannya ke ikon berwarna abu-abu.

· Untuk mentautkan ponsel dengan cara klik profil signal, pilih “perangkat terhubung” dan scan QR Qode yang tampak pada destop

Menggunakan iOS

1. Di Signal, ketuk ikon Pindul untuk melihat daftar kontak Signal Anda.

2. Pilih kontak atau masukkan nomor untuk membuka percakapan tersebut.

3. Ketuk Pesan Baru untuk mengetik sebuah pesan atau untuk melampirkan berkas.

4. Ketik pesan Anda atau lampirkan sebuah berkas.

5. Ketuk untuk mengirim.

Pada Desktop

1. Pada Signal gulir daftar kontak Signal Anda atau pilih Cari:

2. Masukkan nama grup Anda, nama kontak, atau nomor teleponnya.

3. Pilih percakapan atau pilih “Mulai percakapan baru” setelah memasukkan nomor telepon secara manual.

4. Percakapan Anda akan muncul pada bagian kanan dari daftar kontak Anda.

5. Pilih "kirim pesan" untuk mengetik sebuah pesan.

6. Untuk mengirim, tekan Enter.

7. Untuk mentautkan ponsel dengan destop, buka aplikasi signal secara bersamaan dengan ponsel dan destop, pada destop akan muncul QR Qode, yang nantinya akan di scan lewat ponsel, dan secara otomatis terhubung dengan

Panggilan suara atau Video pada Android

Di Signal, ketuk ikon Pinsil untuk melihat daftar kontak Signal Anda. Pilih kontak atau masukkan nomor untuk membuka percakapan tersebut. Ketuk ikon telepon “phone” untuk memulai panggilan suara dan ikon kamera video untuk memulai panggilan video Saat dalam panggilan, ketuk ikon kamera video untuk menampilkan atau mematikan video dari sisi Anda. Layar panggilan Anda akan menunjukkan Memanggil - saat menunggu panggilan tersambung dengan kontak Anda. Berdering - saat ponsel kontak Anda tersambung dalam jaringan dan berdering. Tersambung - setelah panggilan Anda telah dijawab.

Sumber :

https://support.signal.org/hc/id/articles/360007060212-Kirim-sebuah-pesan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih Bu. Informatif...

27 Apr
Balas

Terima kasih Pak atas apresiasinya

28 Apr

wajib coba nih

26 Apr
Balas

Selamat mencoba Bu haji cucu

28 Apr

Kerennn

27 Apr
Balas

Terima kasih Miss Min atas apresiasinya

28 Apr



search

New Post